Wujudkan Email Marketing Bebas dari Email Spam

Wujudkan Email Marketing Bebas dari Email Spam

Wujudkan Email Marketing Bebas dari Email Spam

Jogja One Solution – Dalam digital marketing, strategi email marketing adalah salah satu strategi yang cukup ampuh dalam berinteraksi atau mengedukasi para audience atau mempromosikan produk bisnis online Anda. Persoalannya, pernahkah anda merasa bahwa email yang anda kirimkan tersebut tidak terbaca atau tidak masuk ke alamat email pelanggan anda atau bahkan anda mendapat balasan email penolakan otomatis? Ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi. Paling sering adalah email anda dianggap sebagai Spam, sehingga langsung masuk ke folder Spam milik alamat tujuan. Berikut ini merupakan cara untuk  wujudkan email marketing bebas dari email spam:

Alasan Email Masuk ke Spam

Ketika mendengar tentang email spam, Anda mungkin akan langsung mengaitkannya dengan email yang mengandung konten palsu atau virus.  Ada beberapa alasan pesan Anda dianggap email spam, yaitu:

1. Email Dilaporkan Sebagai Spam oleh Penerima

Penerima yang tidak mengharapkan email Anda bisa saja menandainya sebagai spam. Hal ini dapat terjadi lebih dari satu atau dua kali. penyedia layanan email akan mengingat jumlah laporan spam yang diberikan penerima. Setelah melewati batas laporan spam yang ditentukan, semua email yang dikirim dari alamat Anda akan langsung masuk ke folder spam.

2. Email Terjaring oleh Filter Spam

Bisa jadi email Anda bukan dilaporkan sebagai spam, tapi terhalang filter spam. Fitur ini diprogram untuk menyaring email berdasarkan kategori tertentu. Mulai dari kata-kata di dalamnya, pengirimnya, hingga pengaturan khusus yang digunakan.

Jadi, tidak mengejutkan jika bukan hanya kata-kata berkonotasi negatif yang terkena filter ini. Kosakata seperti “selamat”, “klik di sini”, dan “pemenang” masuk dalam kategori abu-abu. Artinya, email Anda juga dapat terkena filter jika menggunakan kata-kata tersebut.

3. IP Address Server Anda Memiliki Reputasi Buruk

IP address juga dapat menjadi penyebab lain dari email masuk spam. Tidak selalu karena Anda atau penerima. Begini penjelasannya. Apabila Anda menggunakan layanan web hosting atau email hosting yang servernya bersifat shared, Anda menggunakan IP address yang sama dengan beberapa pengguna lain. Artinya, bisa saja IP address tersebut terkena filter jika pengguna lain melakukan hal yang tidak baik.

Solusi Agar Email tidak Dianggap Spam

Untuk menanggulangi masalah yang tadi dibahas, Anda perlu mengaktifkan SPF SpamExperts. Anda dapat melakukan ini di cPanel

1. Akses Email Deliverability di cPanel

Pertama, masuk ke akun cPanel dan temukan menu Email Deliverability. Anda juga dapat mengetikkannya di search bar cPanel yang ada di bagian paling atas halaman agar lebih mudah.Menu email deliverability di Dashboard cPanel

2. Temukan dan Salin Kode Record DKIM dan SPF

Setelah mengklik menu tersebut, klik tombol manage seperti yang ditunjuk anak panah pada gambar berikut ini.Tombol manage di menu email deliverability cPanel Di dalamnya Anda akan menemukan tiga jenis record, yaitu DKIM, SPF, dan PTR. Yang perlu Anda perhatikan hanya DKIM dan SPF.

Kedua jenis record memiliki dua kolom, yaitu Name dan Value. Anda perlu menyalin isi dari kedua kolom tersebut. Namun, salin milik DKIM terlebih dahulu. Untuk melakukannya, tinggal klik tombol Copy yang ada di bawah masing-masing kolom.Tombol copy untuk Name dan Value DKIM record

3. Akses Zone Editor cPanel

Setelah itu, kembalilah ke halaman utama cPanel. Kali ini klik Zone Editor.Menu zone editor di cPanel

4. Buat TXT Record di Zone Editor

Di Zone Editor, klik tombol Add Record seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Tombol add record di menu zone editor cPanelKolom baru akan muncul di bagian paling atas daftar record. Untuk memasukkan kode yang tadi disalin, klik kolom Type terlebih dahulu dan pilih TXT.Kolom untuk memasukkan DNS record baru

Jika Anda ingat, record DKIM dan SPF tadi memiliki dua kolom, yaitu Name dan Value. Masukkan kode di kolom Name ke kolom Name, lalu masukkan kode di kolom Value ke kolom Record. Apabila sudah, klik tombol Add Record di sebelah kanan kolom-kolom tersebut. Ulangi langkah ini untuk record SPF.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat