Waspada Pembajakan WhatsApp

Waspada Pembajakan WhatsApp

Waspada Pembajakan WhatsAppWASPADA PEMBAJAKAN WHATSAPP

Apakah Anda termasuk pengguna WhatsApp? Jika iya, mungkin akan ada kabar kurang baik bagi pengguna setia WhatsApp. Aplikasi chat ini sekarang sedang populer di semua kalangan, dari anak, remaja, dewasa sampai tua menggunakan whatsApp untuk keperluan komunikasi. Nah kabar kurang baiknya adalah ada seorang pengguna yang melaporkan akun WhatsAppnya telah dibajak.

WhatsApp Dibajak Seorang Hacker Tak Dikenal

Kejadian ini menimpa seorang pengguna WhatsApp di Bekasi. Menurut penjelasan yang disampaikan kepada Telset.id, akun WhatsApp milik seorang pria yang berprofesi sebagai pengacara itu dibajak orang tidak dikenal pada sore ini, Rabu (10/10/2018).

Dia mengaku belum menyadari ada yang melakukan peretasan ketika tidak bisa membuka akun WhatsApp miliknya sampai diberitahu oleh salah seorang rekan satu grup chat alumni SMA.

Pasalnya peretas ini mengirim pesan yang berisi penipuan berkedok meminjam dana kepada hampir seluruh kontak dalam grup chat yang diikutinya

Rekan korban yang merasa janggal dengan pesan WA yang diterimanya kemudian mengirim SMS ke nomor pria tersebut. Ini dilakukan untuk memastikan apakah nomor telpon korban masih aktif dan bisa berkomunikasi dengan SMS atau telpon.

Ternyata apa yang dikhawatirkan terjadi, karena korban membalas SMS dengan menyatakan bahwa dia sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut akibat tak bisa diakses dari ponsel miliknya.

Dalam SMS tersebut dia juga memastikan nomor teleponnya masih bisa dipergunakan untuk berkomunikasi seperti biasa via SMS dan telepon.

Anehnya, si hacker bahkan bisa me-remove pelapor dari grup WA, karena nomor yang dibajak berstatus admin di dalam grup Wa tersebut.

Baca juga : Untung dan Rugi WhatsApp Bisnis

Dari kasus tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi WA masih bisa ditembus atau dibajak. Penjahat digital ini bisa melihat dan berkomunikasi dengan semua kontak WA, terutama yang ada di grup untuk tujuan negatif, seperti penipuan.

Baca juga : Cara Mengaplikasikan WhatsApp Web

Untuk mencegah adanya korban penipuan dari hacker ini, pengguna WA disarankan tidak langsung terbujuk untuk mengirim atau mentrasfer dana kepada anggota grup chat, apalagi yang tidak dikenal baik.

Baca juga :  Pentingnya Verifikasi Dua Langkah Pada WhatsApp

Ada baiknya Anda mengkonfirmasi kembali melalui SMS jika ada menerima pesan WA yang janggal. Anda juga bisa bertanya kepada anggota grup chat lain untuk memastikan apakah mereka mendapat pesan serupa, karena dalam kasus ini peretas mengirim pesan yang sama ke sejumlah anggota grup chat untuk meminta transfer dana.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat