Upload 4 Tipe Konten Ini Supaya Punya Engagement Rate Tinggi

 Upload 4 Tipe Konten Ini Supaya Punya Engagement Rate Tinggi

Tipe Konten Media Sosial dengan Engagement Rate TinggiJogja One Solution – Coba pikirkan Anda sebagai Content Marketer ibarat seorang penyanyi rock, maka jagad raya internet ibarat panggung konser musik rock Anda, konten – konten yang Anda buat dan publikasikan di internet ibarat lagu – lagu rock yang Anda nyanyikan di panggung, dan audiens Anda ibarat para fans musik rock yang Anda bawakan. Dengan memahami metafora tersebut, sebuah konten haruslah memiliki daya tarik tersendiri agar para followers di media sosial terus mengikuti konten – konten berikutnya yang dipublikasikan lewat media sosial oleh brand yang melakukan content marketing. Bisa dikatakan, sebuah konten haruslah menimbulkan efek “adiktif” bagi audiens yang menikmatinya, dan itulah ukuran keberhasilan dari content marketing. Upload 4 tipe konten ini supaya punya engagement rate tinggi.

 

1. Konten dengan Tema Inspiratif

Sangat penting melibatkan emosi audiens ketika ingin mengoptimalkan jangkauan sebuah konten. Setiap pribadi manusia tentu memiliki masa-masa sulit yang pernah atau sedang terjadi sehingga membutuhkan motivasi dan dukungan melalui konten inspirasi yang Anda tampilkan.

Berdasarkan pengalaman kami, konten inspirasi sendiri mampu menjadi pemantik yang sangat efektif untuk mendorong seseorang bangkit kembali dari keterpurukan. Alhasil, sampai saat ini konten motifasi masih banyak dicari.

2. Konten Menghibur

Rasa jenuh yang ditimbulkan dari padatnya aktivitas sehari-hari tentu perlu dinetralisir secepat mungkin. Berkat kemajuan teknologi, orang-orang biasanya langsung membuka sosial media untuk menghilakan rasa bosan atau kejenuhan. Nah, Anda bisa mengambil celah ini dengan cara memproduksi berbagai konten hiburan yang lucu dan ringan.

3. Konten Edukatif

Tak hanya konten inspiratif dan menghibur saja yang bisa meningkatkan engagement di media sosial, konten edukatif pun masih mendapat porsi lumayan besar ketika disajikan kepada targer audiens yang benar. Sebagaimana kita ketahui, internet saat ini sudah menjadi sarana belajar bagi mayoritas orang. Sangat banyak sekali kanal YouTube maupun situs web yang menawarkan konten edukatif sehingga masyarakat umum bisa ikut belajar.

4. Konten Informatif

Karakteristik dari konten informatif bisa berupa ulasan fakta terkini sampai dengan infografis. Tipe konten yang inspiratif juga memiliki angka engagement tinggi karena biasanya dicari banyak orang yang merasa penasaran terkait suatu topik atau kejadian.

Tips dalam membuat konten jenis ini yakni dengan memanfaatkan kecepatan serta akurasi data. Pasalnya, sekali melakukan kesalahan maka media Anda bisa dicap sebagai penyebar berita palsu (Hoax).

Tips Menaikkan Engagement di Media Sosial

a.  Mengadakan Kontes / Giveaway

Pernahkah Anda mendapat tag dari teman atau mutual di media sosial yang berisi ajakan untuk mengikuti lomba? Cara ini memang sangat efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Kontes sendiri bisa berupa giveaway barang, voucher, atau bahkan uang tunai yang disiapkan untuk pemenang. Terlepas dari itu, kontes juga menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan brand awareness karena ada interaksi dua arah yang bakal membuat audiens merasa dihargai.

Jadi, jika saat ini Anda sedang membangun brand baru maka cobalah mengadakan kontes kecil-kecilan untuk melihat pengaruh positif yang ditimbulkan.

b.  Optimalkan Media Visual

Riset membuktikan jika orang-orang lebih terlibat (engage) dengan konten visual dibandingkan dengan konten tulisan. Jadi, Anda sebaiknya lebih memprioitaskan gambar atau video singkat jika ingin mendapatkan like, share, dan komentar.

Penggunaan konten visual juga dipercaya bisa membantu menjangkau lebih banyak  pembaca dibandingkan dengan konten yang hanya berupa teks tanpa gambar. Terlepas dari itu, Anda juga harus memastikan bahwa media visual yang digunakan cocok dan relevan dengan tema postingan.

c.  Tampilkan konten Pelanggan

Ada beberapa bentuk konten pelanggan yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti testimonial, ulasan, atau kritik dan saran. Selain bakal meingkatkan engagement, konten pelanggan semacam ini juga bakal membantu menambah kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Bagikan berbagai kesan positif yang selama ini perusahaan Anda dapatkan, selain itu libatkan juga komunitas atau pengirim konten dengan cara menandai dan berterima kasih ketika kiriman diterbitkan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat