Tutorial Cara Freeze Excel Dengan Mudah & Cepat

Tutorial Cara Freeze Excel Dengan Mudah & Cepat

Tutorial Cara Freeze Excel Dengan Mudah & Cepat

3 Cara Menggunakan Freeze Panes di Excel (Lengkap+Gambar)Jogja One Solution – Apakah anda pernah menemukan sebuah file excel yang sebagian baris atau kolomnya tetap terlihat dan tidak bergerak saat di scroll ke bawah atau ke samping?. Jika pernah menemukannya maka anda sudah tahu gambaran besar tentang fitur freeze panes pada excel. Fitur atau fungsi Freeze Panes tersedia hampir disemua versi excel termasuk Office Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, excel 365 dan versi Excel Online. Berikut ini tutorial cara freeze excel dengan mudah  & cepat.

Apa itu Freeze Excel

Sebelum dilanjutkan pada pembahasan rumus-rumus Excel, kami akan membahas terlebih dahulu apa itu Freeze Excel. Freeze adalah fitur yang ada pada Excel yang letaknya pada menu View, gunanya untuk membekukan baris dan kolom tidak bergerak saat di scroll. Fitur ini memang sepele, tetapi kalau datanya sudah banyak maka akan berguna sekali.

Freeze sendiri ada berbagai macamnya, Anda bisa membekukan bagian baris, kolom atau worksheet tertentu. Sebelum mempraktekannya, Anda bisa mencoba dengan membuat data di excel terlebih dahulu, berikut kami menggunakan contoh seperti berikut ini.

Tampilan Excel Awal

Agar lebih jelasnya kami berikan contoh tutorial cara freeze Excel dengan mudah dan cepat untuk baris, kolom dan gabungan keduanya.

Cara Freeze Panes di Excel

Freeze Excel Baris

Freeze Top Row berfungsi untuk membekukan top row (baris) agar posisinya tetap saat melakukan scrolling. Normalnya saat melakukan scrolling kolom excel akan bergeser semuanya, termasuk bagian atas.

Nah dengan fitur Freeze panes top row pada Microsoft Excel ini Anda bisa membekukan bagian atas kolom. Untuk caranya cukup mudah sekali, hanya ada beberapa langkah untuk freeze kolom. Berikut pembahasannya :

  • Silahkan Anda pilih terlebih dahulu row/kolom yang akan Anda bekukan, kami mencontohkan kolom nomor satu seperti gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya silahkan Anda pergi ke menu “View” pada bagian atas, kemudian pilih “Freeze Panes”.
  • Setelah itu akan ada tiga pilihan yaitu “Unfreeze Panes, Freeze Top Row dan Freeze First Column”. Silahkan Anda pilih “Freeze Top Row”.
  • Jika sudah coba scroll mouse Anda apakah sudah berhasil atau belum.

Freeze Excel Kolom

Fitur selanjutnya yang ada pada Microsoft Excel adalah Freeze First Column, fitur ini berguna untuk membekukan kolom pertama pada worksheet excel meskipun Anda sedang menggeser ke kolom ke samping. Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan Freeze Top Row sebelumnya, berikut penjelasannya:

  • Silahkan Anda pilih baris mana yang akan Anda bekukan, kami mencontohkan pada bagian nomor urut.
  • Setelah itu silahkan Anda pergi ke menu “View” kemudian pilih “Freeze Panes
    Freeze panes top row
  • Akan ada 3 pilihan menu “Unfreeze Panes, Freeze Top Row dan Freeze First Column”, kali ini silahkan Anda pilih “Freeze First Column”.
  • Setelah itu coba lakukan geser worksheet excel ke samping bagaimana hasilnya, jika benar maka tampilannya  akan seperti dibawah ini.
    Berhasil freeze top row

Freeze Panes Lebih dari Satu

Kadang kala kita membutuhkan Freeze baris dan kolom lebih dari satu, tidak hanya pada bagian baris dan kolom pertama saja. Nah untuk caranya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Silahkan ikuti caranya berikut ini:

  • Pertama siapkan baris dan kolom yang akan Anda buat freeze, kami mencontohkan seperti gambar dibawah ini.
  • Kami mencontohkan gambar untuk freeze baris dan kolom excel lebih dari satu. Silahkan Anda pilih baris di bawah freeze yang akan Anda bekukan atau di samping kanan dari kolom yang akan Anda bekukan. Contoh jelasnya bisa Anda lihat pada gambar diatas.
  • Jika sudah silahkan Anda pergi ke menu “View” kemudian pilih “Freeze Panes” kemudian pilih menu “Freeze Panes” lagi.
    Freeze Panes Lebih dari satu

     

  • Silahkan Anda coba apakah sudah berhasil atau belum.
    Freeze Panes Double Row

 

Cara UnFreeze Excel

Microsoft Excel juga menyediakan fitur untuk Un Freeze Excel, jadi saat ada kesalahan atau Anda tidak butuh lagi untuk membekukan baris dan kolom, Anda bisa mengembalikannya dengan normal kembali.

Caranya lebih mudah lagi, Anda tinggal pergi ke menu “View” kemudian pilih “Freeze Panes”. Silahkan pilih paling atas sendiri. Kira-kira tampilannya seperti berikut ini.

UnFreeze Panes
UnFreeze Panes

Nah jika sudah Anda bisa mencobanya apakah freeze sudah berhasil kembali normal ataukah belum.

Demikian pembahasan mengenai tutorial cara freeze excel dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media Anda agar lebih banyak orang yang mahir dalam bidang excel.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat