Transfer File Dari Laptop ke Hp Praktis

Transfer File Dari Laptop ke Hp Praktis

Transfer File Dari Laptop ke Hp Praktis

Pakar Seo Jogja – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mentransfer file antara laptop dan hp. Cara yang dapat kita lakukan juga bisa terbilang tak terlalu rumit dan tidak membutuhkan benda lain yang sulit ditemukan.

Kadang ada beberapa data dari laptop yang harus kita pindahkan ke hp. Kita bisa mengirim file dari hp ke laptop atau dari laptop ke hp dengan sangat praktis. Nah kali ini kita akan membahas apa saja cara yang dapat kita lakukan untuk memindahkan file, gambar, atau vidio dari laptop ke hp.

Menggunakan Card Reader

cara mengetahui class sd card

Cara mengirim file dari laptop ke hp tanpa bluetooth berikutnya yaitu menggunakan card reader. Metode ini memang terhitung “jadul”, tapi tidak ada salahnya kamu coba. Terutama jika kamu masih menyimpan card reader. Cukup masukan SD Card kamu ke dalam card reader, lalu masukan card reader ke laptop. Di situ kamu bisa langsung memindahkan file ke dalam SD Card, dan hubungkan ke ponsel kembali. Dan selamat, file kamu kini sudah berpindah tempat dari laptop ke ponsel.

Menggunakan Kabel Data

  1. Hubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel data yang sesuai
  2. Pilih opsi Transfer files atau MTP pada menu yang muncul di HP saat berhasil menghubungkannya (menu ini bisa dilihat juga pada USB Options di panel notifikasi)
  3. Buka File Explorer di laptop dan cari file yang akan dipindahkan
  4. Jika sudah ketemu, copy file tersebut dengan memilihnya lalu menekan CTRL + C
  5. Masuk ke salah satu folder yang ada di partisi perangkat Android (namanya berbeda-beda untuk setiap perangkat)
  6. Lalu paste file-nya dengan menekan CTRL + V

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Kabel

Menggunakan USB Flashdrive

Khususnya untuk metode ini, pengguna memerlukan perangkat tambahan yang disebut dengan USB OTG. Perangkat ini merupakan konverter dari USB Type-A (konektor flash disk pada umumnya) ke micro-USB atau USB Type-C (konektor pada smartphone).

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menyalin file dari laptop ke flash disk seperti biasanya, lalu menghubungkan flashdrive tersebut dengan OTG ke smartphone. Jika muncul notifikasi General USB Drive, tekan tombol OPEN untuk membukanya.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP OTG

Jika tidak muncul atau tidak ada pemberitahuan, pengguna bisa membuka partisinya melalui file manager yang ada di perangkat yang digunakan. Selanjutnya, pengguna bisa memindahkan file seperti biasa.

Sebagai catatan, selain harus memiliki perangkat USB OTG, pengguna juga harus memastikan bahwa perangkatnya mendukung opsi OTG di dalamnya. Terutama dalam hal ini, pengguna yang menggunakan perangkat-perangkat lama.

Menggunakan Koneksi Wireless

Selain menggunakan perangkat atau kabel tambahan, pengguna juga bisa menggunakan koneksi wireless, baik bluetooth, WiFi, maupun keduanya, untuk memindahkan file dari laptop ke HP.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Bluetooth

Sebagai contohnya, misalnya di perangkat dengan Windows 10. Pengguna perlu melakukan pairing terlebih dahulu melalui Settings > Devices > Add Bluetooth or other device, lalu mengirimkan file-nya dengan menekan Show hidden icons (ikon anak panah ke atas) > Bluetooth > Send To dan mencari file yang akan dikirim.

Sementara di perangkat-perangkat buatan Apple, pengguna bisa memanfaatkan fitur Airdrop, yakni sebuah fitur berbagi file yang memanfaatkan protokol koneksi wireless baik itu bluetooth maupun Wi-Fi.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Menggunakan Aplikasi

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Aplikasi

Saat ini pun, sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim file dari laptop ke HP, baik yang menggunakan jaringan lokal maupun menggunakan jaringan internet. Bagi yang belum tahu, beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini, di antaranya termasuk WhatsApp, e-mail, atau aplikasi khusus seperti ShareIt.

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Menggunakan Layanan Cloud

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Cloud

Atau jika ingin lebih mudah, pengguna bisa menggunakan layanan cloud untuk melakukannya. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna bisa memindahkan file dengan mudah dari laptop ke HP meskipun perangkat tidak berada di lokasi yang sama.

Dalam hal ini, pengguna bisa memilih salah satu di antara berbagai macam layanan cloud yang ada, lalu login ke dalamnya. Selanjutnya, pengguna bisa mengunggah file ke layanan tersebut lalu mengunduhnya melalui aplikasi yang ada di smartphone.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memindahkan file dari laptop ke hp kalian. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat