Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia

Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia

Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia

Ecommerce Lokal Masih Mendominasi Pasar Ecommerce Indonesia

Jogja One Solution – Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab transaksi belanja online di aneka platform e-commerce meningkat drastis. Baru-baru ini, Web Retailer mempublikasi daftar 10 marketplace online yang paling banyak dikunjungi di Asia Tenggara, dari segi jumlah pengunjung per bulan. Tiga di antara lokapasar paling ramai ini berasal dari Indonesia. Berikut daftar selengkapnya Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia yang Paling Banyak Pengunjungnya.

Apa saja marketplace tersebut? Berikut 10 marketplace online yang paling laris di Indonesia berdasarkan data iPrice

Marketplace E-Commerce Indonesia – Tokopedia

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya pada kuartal pertama 2021, Tokopedia saat ini menjadi marketplace nomor satu di Indonesia yakni sebesar 135 juta. Menurut survei ecommerceIQ, salah satu alasan banyak konsumen memilih Tokopedia adalah karena beragamnya pilihan produk yang tersedia. Di Tokopedia sendiri, kategori produk yang paling banyak dicari adalah produk elektronik, diikuti dengan fashion dan bahan makanan.  Dari sisi penjual, jumlah merchant di Tokopedia sendiri didominasi oleh UMKM. Untuk mendukung merchant yang berjualan di marketplace, Tokopedia memiliki beberapa fitur yakni fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Shopee

Pertama kali berdiri di Singapura, Shopee menjadi marketplace kedua dengan pengunjung terbanyak yaitu sebanyak 127 juta. Survei menunjukkan, alasan utama banyak konsumen memilih Shopee adalah karena harga produknya yang terjangkau.  Kategori produk yang paling populer di Shopee di antaranyakecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion khususnya fashion muslim. Beberapa fitur yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di marketplace Shopee di antaranya ShopeeLIVE, asisten penjual, chat bot, dan banyak lagi.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Bukalapak

Marketplace online ketiga yang paling banyak dikunjungi adalah Bukalapak dengan jumlah 34 juta. Berdiri pada 2010, awalnya Bukalapak ditujukan sebagai lapak online bagi pelaku UMKM. Kini Bukalapak memiliki sekitar 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk.  Serupa dengan Tokopedia dan Shopee, alasan konsumen berbelanja di Bukalapak adalah harganya yang murah dan pilihan produk yang beragam. Kategori produk yang paling banyak dicari di Bukalapak di antaranya produk elektronik, fashion, dan hobi & gaya hidup. Beberapa fitur Bukalapak yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di e-commerce di antaranya inventaris barang, pantau saingan, dan sebagainya.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Lazada

Selanjutnya di posisi keempat adalah Lazada, marketplace online yang dimiliki oleh Alibaba Group memiliki jumlah pengunjung sebanyak 30 juta per bulannya. Berdasarkan survei konsumen, alasan utama mereka memilih Lazada sebagai platform untuk berbelanja online adalah reputasi yang baik dan harga yang terjangkau. Kategori produk yang paling banyak dicari di Lazada di antaranya produk elektronik dan fashion. Walaupun dari jumlah pengunjung Lazada berada di posisi keempat, uniknya Lazada memiliki jumlah pengikut Facebook yang paling banyak dibandingkan marketplace lainnya yakni sebanyak 31 juta.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Blibli

Pada posisi kelima adalah marketplace milik Djarum Group, Blibli. Per bulannya, Blibli memiliki 19 juta pengunjung. Banyak konsumen Blibli mengatakan alasan mereka memilih Blibli adalah karena reputasinya yang baik dan produknya yang otentik.  Kategori produk yang paling banyak dicari di Blibli serupa dengan marketplace lainnya, yakni produk elektronik, fashion, dan bahan makanan. Berdasarkan data Blibli, jumlah mitranya kini mencapai 16 ribu toko yang tersebar di lebih dari 300 kota.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Bhinneka

Bhinneka menjadi marketplace keenam dengan pengunjung terbanyak yaitu 6 juta pengguna. Hadir sebagai toko online pada tahun 1999, awalnya Bhinneka hanya menjual produk elektronik. Namun sekarang Bhinneka memiliki banyak merchant yang menjual berbagai macam produk mulai dari otomotif, keperluan industri, dan lain-lain. Selain itu, Bhinneka juga kini memperkuat posisinya sebagai marketplace yang dapat membantu memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) dan kerjasama dengan pemerintah (B2G).

Marketplace E-Commerce Indonesia – Orami

Selanjutnya ada marketplace parenting, Orami dengan total pengunjung 5,3 juta per bulan. Sedikit berbeda dengan marketplace lainnya, Orami memiliki target segmentasi orang tua dan ibu hamil. Selain itu, Orami juga menerapkan model bisnis inventori.  Berbeda dengan marketplace pada umumnya, model bisnis inventori mengambil barang dari brand dan penjual kemudian menjualnya. Artinya, penjualan dilakukan secara langsung oleh marketplace. Beberapa kategori produk yang dijual Orami adalah produk untuk ibu hamil dan menyusui, perabotan kamar bayi, perawatan bayi & anak, mainan, dan lainnya.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Ralali

Marketplace B2B lainnya yang juga masuk dalam top 10 marketplace adalah Ralali dengan total pengunjung per bulan sebanyak 4,4 juta. Beberapa kategori produk yang tersedia di Ralali di antaranya adalah keperluan Horeca, bahan bangunan, peralatan kantor, dan banyak lagi. Beberapa layanan yang tersedia bagi pebisnis yang berjualan di e-commerce Ralali di antaranya fitur permintaan harga, bantuan permodalan, layanan logistik, penghubung brand & distributor, dan sebagainya.

Marketplace E-Commerce Indonesia – JD.ID

Pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015, JD.ID memiliki jumlah pengunjung 4 juta per bulannya, menempati posisi ke-9. Berdasarkan survei, alasan utama konsumen memilih JD.ID sebagai platform untuk berbelanja adalah karena barangnya yang otentik dan adanya gratis pengiriman. Dari kategori produknya, bahan makanan dan produk elektronik menjadi produk yang paling banyak dibeli di JD.ID.

Marketplace E-Commerce Indonesia – Zalora

Pada posisi ke-10 adalah marketplace fashion dan kecantikan Zalora dengan jumlah pengunjung 2 juta per bulan. Serupa dengan Orami, Zalora memiliki model bisnis inventori. Pertama kali berdiri di Indonesia pada tahun 2012, Zalora menyediakan beragam produk dari lebih dari 500 brand baik lokal maupun internasional. Selain produk fashion dan kecantikan, Zalora kini juga menjual produk-produk peralatan rumah tangga dan gaya hidup.

Penjelasan di atas merupakan Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia yang Paling Banyak Pengunjungnya. Semoga membantu yaa!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat