Tips Sukses Memulai Usaha Franchise

Tips Sukses Memulai Usaha Franchise

Tips Sukses Memulai Usaha Franchise

Pelatih Indonesia - Tips Sukses Memulai Usaha Waralaba Bagi Pemula |  Pelatih IndonesiaJogja One Solution – Bagi seseorang yang baru memulai sebuah bisnis, franchise merupakan pilihan bisnis yang tepat. Bisnis franchise dianggap sebagai cara yang paling aman karena Anda tidak memulai semuanya dari nol. Produk dan strategi penjualan sudah disiapkan oleh sang pemilik bisnis, yang Anda butuhkan adalah menyiapkan modal dan melanjutkannya. Namun, jika membayangkan membuka bisnis franchise akan sangat meringankan kerja Anda, maka hal itu hanyalah bayangan semata. Layaknya bisnis-bisnis lainnya, membuka bisnis franchise juga memerlukan upaya agar terus berkembang. Diperlukan ketekunan dan fokus agar bisnis franchise mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. Berikut ini tips sukses memulai usaha franchise.

 

 

 

 

Tips Usaha Franchise

Jika Anda masih pemula tidak ada salahnya mengikuti tips usaha franchise yang ada di bawah ini. Tips ini akan mempermudah Anda untuk memulai usaha agar tidak salah langkah. Beberapa tips tersebut diantaranya.

1.  Check Background Franchise

Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui reputasi franchise yang akan Anda beli. Pastikan franchise yang Anda pilih selama ini berjalan baik dan tidak mengalami masalah dengan konsumen.

Jika memilih usaha makanan atau minuman Anda juga harus memastikan kualitas rasa makanan yang akan dijual. Anda bisa membandingkan rasa makanan atau minuman yang mirip seperti franchise Anda agar tahu bagaimana rasa yang ingin dicapai.

2.  Sesuaikan dengan Minat

Salah satu ujian ketika memulai usaha adalah rasa kurang puas terhadap penjualan produk. Hal ini bisa diatasi jika Anda memilih usaha yang sesuai dengan minat Anda. Selalu ada alasan kenapa memulai usaha sehingga bisa dijadikan motivasi ketika Anda mulai lelah dengan keadaan.

Berbisnis sama seperti menggeluti hobi bedanya hobi tidak memerlukan modal namun berbisnis membutuhkan modal. Anda tidak bisa main-main dengan keputusan yang sudah diambil. Jadi pastikan Anda tidak salah memilih jenis usaha agar tidak menyesal.

3.  Siapkan Modal

Tips usaha franchise satu ini harus Anda cermati karena ini bagian terpenting dalam memulai usaha. Siapkan modal yang sesuai dengan nominal yang ditawarkan oleh franchisor agar modal Anda segera kembali. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan franchise sejenis agar mengetahui harga pasarannya serta memilih harga yang cukup terjangkau.

4.  Tentukan Lokasi Penjualan

Menentukan lokasi toko

Jika sudah menentukan franchise apa yang akan diambil tips selanjutnya adalah tentukan lokasi penjualan Anda. Lokasi sangat berpengaruh pada penjualan produk yang juga berimbas pada pendapatan Anda. Semakin sedikit pendapatan Anda, maka semakin lama juga modal kembali.

Pastikan Anda memilih lokasi yang sering dilewati oleh orang dan mudah dijangkau. Hal ini berguna jika franchise yang Anda pilih berjenis usaha makanan dan minuman karena memudahkan ojek online untuk mencari lokasinya.

5.  Perluas Jaringan

Perluas jaringan Anda menggunakan sosial media atau manfaatkan akun-akun besar untuk membantu promosi usaha franchise Anda. Sosial media memberikan efek yang sangat signifikan sehingga Anda harus mencobanya.

Ambil foto yang paling menarik agar orang-orang melirik usaha yang sedang dijalankan. Lalu minta tolong teman Anda untuk mempromosikan usaha tersebut. Bantuan teman juga berpengaruh karena bisa menghemat modal untuk promosi.

6.  Lakukan Analisis Pasar

Untuk melihat bagaimana berjalannya produk jualan Anda selama beroperasi lakukan analisis pasar. Apakah strategi yang sudah dijalankan sudah sesuai dengan keinginan pasar atau harus ada yang diganti. Lakukan analisis secara tepat setiap bulannya agar memperoleh komposisi yang tepat dalam pengelolaan franchise Anda.

Biasanya pemilik bisnis utama akan memberikan panduan dalam pengelolaan bisnis. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan analisis pasar sendiri karena tidak semua sistem bisnis yang ditempatkan cocok untuk semua jenis pembeli.

7.  Pilih Aplikasi Kasir yang Sesuai

Usaha yang baik tentu ditunjang dengan sistem pembayaran yang baik juga. Pilih sistem kasir yang memudahkan Anda untuk menghitung berapa penjualan dan pendapatan selama satu bulan. Aplikasi kasir yang baik juga mempercepat pegawai ketika melayani pembeli.

8.   Tingkatkan Layanan Konsumen

Menarik Pelanggan Baru

Salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan adalah pelayanan yang baik ketika ada pembeli. Senyum yang ramah serta komunikasi yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen.

Jika memungkinkan Anda bisa sesekali memberikan promosi jualan Anda. pemberian promo tentu sangat menarik dan bisa mendatangkan pelanggan. Jika Anda memilih usaha makanan atau minuman pastikan tidak mengurangi kualitas meskipun promo agar pengunjung tidak kecewa.

9.  Ambil Tanggung Jawab

Tips usaha franchise yang bisa Anda ikuti adalah ambil tanggung jawab terhadap outlet Anda. Meskipun outlet franchise bisa dijalankan oleh pegawai Anda, namun tidak ada salahnya jika pemilik franchise ikut ambil bagian.

Anda tidak perlu datang setiap hari ke outlet namun beberapa kali kunjungan dalam satu minggu mungkin bisa efektif. Hal ini juga bisa dinilai sebagai fungsi pengawasan terhadap pegawai agar tidak teledor ketika ditinggal.

10.  Gunakan website

Terkahir, tips usaha menjalankan franchise adalah dengan menggunakan website. Website memiliki keunggulan untuk memudahkan bisnis Anda ditemukan di halaman pencarian Google sehingga bisnis franchise yang Anda bangun bisa diketahui banyak orang.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat