Tips Pemakaian Memory Card Kamera

Tips Pemakaian Memory Card Kamera

TIPS PEMAKAIAN MEMORY CARD KAMERA

Kamera – Memory card pada kamera memegang peranan terpenting karena sebagai wadah untuk menyimpan hasil jepretan kita, tips untuk merawatnya juga mudah.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan pada memory card kamera, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu dalam penggunaannya. Apa saja? Simak tips pemakaian memory card kamera di bawah ini

Back Up Data ke Komputer

Back up data kamera ke komuter (Sumber: Pxhere.com) 

Cara pemakaian memory card yang satu ini mungkin masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Ya, dalam proses memindahkan data yang dihasilkan dari kamera ke komputer, dianjurkan untuk melakukannya dengan proses mengopi.

Karena bila pemindahan data dilakukan dengan cara cut & paste, sistem File Allocation Table (FAT) pada memory card yang digunakan akan berantakan dan hal ini bisa berujung pada munculnya bad sector. Oleh karena itu, penghapusan file langsung di kamera pun kerap disarankan untuk tidak dilakukan karena bisa menyebabkan hal yang sama.

Pakai card reader yang bagus untuk memindahkan foto

Gunakan card reader yang bermutu (Sumber: Publicdomainpictures.net)

Bila kamu ingin memindahkan hasil foto-foto kamu dari kamera andalan, sebaiknya gunakan card reader untuk proses transfernya. Jangan hanya mengandalkan koneksi kabel data dari kamera ke komputer. Karena jika proses tersebut dilakukan berulang-ulang maka tidak hanya kartu memori saja yang akan rusak, melainkan performa baterai kamera juga ikut menurun.

Gunakanlah card reader berkualitas supaya kelangsungan proses transfer data bisa berlangsung dengan cepat dan baik. Hal ini karena pada card reader dilengkapi dengan intelligent controller hardware yang juga digunakan pada memory card kamera, sehingga proses perpindahan data pun bisa berlangsung dengan baik.

Lakukan format ulang memory card di kamera

Format ulang memory card di kamera (Sumber: Jeshoots.com)

Melakukan format ulang merupakan cara untuk mengosongkan kembali isi dari sebuah memory card kamera. Dan sebaiknya hal ini selalu dilakukan setiap memory card kamera telah digunakan dan file yang terdapat di dalamnya telah di-backup,

Proses format ulang sangat dianjurkan untuk dilakukan di kamera yang digunakan. Jadi, jangan sampai memformat memory card kamera justru dilakukan di komputer. Karena kalau kamu melakukan ini, usia penggunaan memory card pun akan memendek.

Jangan cabut memory card saat sedang digunakan

Jangan cabut memory card saat masih digunakan (Sumber: Wikipedia)

Pencabutan kartu memori saat digunakan akan berujung pada kerusakan yang fatal. Tindakan tersebut akan membuat file-file yang terdapat di dalamnya corrupt atau malah memory card akan crash dan tidak bisa digunakan lagi.

Oleh karena itu, gunakan memory card dengan penuh kehati-hatian. Jangan cabut memory card saat lampu indikator kamera tengah berkedip. Dan juga jangan cabut kartu memori ketika belum dinyatakan aman untuk dicabut dari komputer.

Jangan panik bila memory card terkena air, segera keringkan

Keringkan memory card kamera bila terkena air (Sumber: Pixabay.com)

Jangan panik apabila memory card kamera kamu tersiram atau pun tercebut ke dalam air. Pada situasi seperti itu, sebaiknya kartu memori tersebut langsung kamu keringkan dengan menggunakan hairdryer. Pastikan memory card benar-benar dalam kondisi yang kering sebelum kamu gunakan lagi.

Hindari memasukkan memory card ke dalam kamera pada kondisi yang basah. Tindakan ini tidak hanya akan merusak memory card sendiri, namun juga bisa berdampak serius pada kemampuan membaca data kamera kamu.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat