Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Jogja One Solution – Saat ini banyak sekali yang sudah menggunakan android. Namun banyak diantara kita yang mengeluh kalau baterai cepat rusak. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas tips merawat baterai android agar awet.

Cara Merawat Baterai Android

  • Gunakan background berwarna gelap

Jika smartphonemu memiliki layar AMOLED (kebanyakan di smartphone Samsung), gunakan background berwarna gelap, karena layar di AMOLED hanya pixel berwarna yang bercahaya dapat bercahaya dan pixel hitam tidak menyala. Jadi lebih banyak pixel hitam yang ada di layar, atau lebih gelap, lebih sedikit baterai yang digunakan.
  • Jangan charge baterai jika panas

fitur peringatan suhu tinggi android
Fitur peringatan suhu tinggi pada android.
Jangan men-charge baterai saat gadgetmu panas, karena sebagian besar smartphone dan gadget menggunakan baterai Lithium Ion dan Lithium Polymer, yang tidak tahan dengan suhu tinggi.  Dan juga perhatikan dimana kamu meletakkannya. Jangan letakkan di tempat dengan suhu tinggi seperti di atas CPU komputer, di samping laptop, atau di bawah terik matahari.
  • Jangan digunakan selagi charging

smartphone charge
Smartphone sedang di charge.
Saat sedang digunakan, gadgetmu menjadi panas. Dan setelah kamu menggunakannya untuk bermain game, tunggu beberapa menit sampai suhu turun. Karena seperti sebelumnya, panas dapat merusak baterai.
Dan usahakan untuk tidak terus membiarkan baterai low. bawalah power bank jika dalam perjalanan panjang.
  • Matikan fitur getar

Matikanlah fitur getar jika sudah menggunakan ring tone. Kecuali kamu benar-benar memerlukannya. Seperti di tempat keramaian, dimana kamu tidak bisa mendengar suara ring-tonemu. Juga matikan fitur haptic feedback. Memang benar fitur itu bagus, tapi tidak banyak memberi perubahan, dan juga salahsatu fitur penguras baterai.
  • Jangan gunakan auto-brightness

Jangan gunakan fitur auto-brightness. Walau  sangat membantu, tapi terkadang terlalu terang dari apa yang kamu buhtuhkan. Lebih secara manual mengatur brightness yang pas dan nyaman. Dan gunakan fitur ini jika memang perlu. Karena layar merupakan penguras baterai paling banyak, cara ini dapat banyak meningkatkan daya tahan bateraimu.
  • Non aktifkan fitur smartphone

Hanya karena itu smartphone, tidak perlu mengaktifkan fitur pintarnya jika kamu tidak menggunakannya setiap saat. Seperti gesturesmart scroll, dan yang lain, terutama di Samsung. Karena, fitur ini tetap memakan daya bateraimu walaupun kamu tidak menggunakannya.
  • Matikan koneksi internet

Kamu tidak perlu terus terhubung ke internet, matikan GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dan data internet jika kamu tidak menggunakannya. Dan tidak perlu mengaktifkan WiFi dan data internet bersamaan. Dan mengatur WiFi “always on during sleep” (tetap menyala saat sleep) lebih sedikit memakan daya baterai daripada menyambung ulang WiFi saat kembali menyalakan smartphonemu.
  • Gunakan battery saving mode

Jika gadgetmu mempunyai pilihan power saving mode atau pengaturan baterai lainnya, gunakanlah dari serkarang!Pilihan ini akan sangat banyak menghemat daya baterai.
Itulah beberapa yang bisa kalian lakukan agar baterai android anda awet, semoga bermanfaat,.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat