Tips Merapikan Tampilan Web

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaTIPS MERAPIKAN TAMPILAN WEB

Jasa Pembuatan  Website Jogja – Punyakah Anda sebuah website untuk bisnis Anda? Jika punya, sudahkah kalian merawatnya dengan baik dan benar? Merawat dari segi merapikan tampilan web agar terlihat lebih cantik dan agar pengunjung juga tidak merasa bosan tentunya. Nah berikut ini adalah beberapa cara dan tips merapikan tampilan website yang perlu Anda.

Cara Praktis Merapikan Template (tampilan) Blog

1. Header

Sering gak, denger kata barusan? Sebenarnya, header itu apa sih?

header-yang-baik-dalam-blog
Header itu gampangnya adalah bagian paling atas dari sebuah blog/website kalian. Biasanya header memiliki komponen seperti :
  1. Judul dan Deskripsi Blog (Bisa dalam bentuk teks atau gambar supaya terlihat lebih menarik)
  2. Search box (memudahkan pembaca untuk mencari konten yang dibutuhkan di blog kalian)
  3. Navigasi (Menu) Blog (biasanya berisi label dan page dari blog kalian)
Sebenarnya, pada bagian header tidak selalu terdiri dari 4 komponen itu. Karena, ada beberapa template gratis untuk blogger memiliki komponen tambahan seperti Akun Social Media, Slide, Jam, foto bersama mantan dll.

2. Post

Ada yang gak ngerti dengan post atau kebanyakan blogger menyebutnya postingan?

Koten dalam sebuah blog
Oke, Pangeran gak akan jelasin pengertiannya. Kalian jelas sudah mengerti. Tapi, Pangeran akan jelaskan fungsi dari postingan ini.
Postingan menurut Pangeran memiliki fungsi yang sama seperti sebuah buku. Menyampaikan infomasi melalui tulisan yang sering disebut konten. Makanya, 9 tips dasar ngeblog untuk pemula sebelumnya, Pangeran tidak menyarankan kalian fokus dengan urusan SEO dan saudaranya.Please! Lupakan SEO dulu. Fokus konten.
Pelajari terus bagaimana membuat konten yang baik dan menarik untuk pembaca. Kalo bisa, sampai membuat pembaca membagikan postingan kalian kepada orang lain. Itu sangat luar biasa.

3. Sidebar

Sidebar ini mempunyai banyak posisi. Ada yang meletakkan sidebar di bagian sebelah kiri, kanan bahkan kanan dan kiri. Itu tergantung dari kebutuhan kalian masing-masing.

Widget penting di blog
Biasanya, sidebar itu digunakan untuk menambah widget yang berguna untuk memberikan informasi tambahan dalam sebuah blog. Contohnya seperti : Postingan Baru, Postingan Populer, Profil Owner, Banner dll. Intinya sidebar itu membantu kalian untuk membuat pengalaman pembaca lebih mudah dalam menjelajahi blog kalian.
Nah, sebelum menambahkan widget, kalian harus tau tentang widget penting apa saja yang ada di blog. Tujuannya, supaya loading blog kalian tetap cepat saat diakses.

4. Footer

Jika di awal tadi Header adalah bagian paling atas dari sebuah blog/website. Footer adalah kebalikannya. Bagian paling bawah dari sebuah blog/website.

Pentingnya footer blog
Pada footer, biasanya diisi dengan widget dan credit title dari blog kalian. Tapi inget, setiap template memiliki jumlah widget yang bisa kalian tambahkan dalam jumlah yang berbeda.
Ada yang bisa ditambahkan 3 widget, 2 widget, bahkan hanya 1 widget. Ini sesuai dengan template yang kalian gunakan.

Cara Merapikan Template (Tampilan) Blog

Bagimana, apakah kalian sudah mengerti mengenai 4 unsur dalam sebuah blog?
Oke. Jika sudah. Sekarang saatnya Pangeran membongkar rahasia (Ciye.. rahasia tapi diomongin. Dasar emak-emak!!) bagaimana cara merapikan template blog kalian supaya pengunjung blog kalian semakin betah berlama-lama membaca konten yang kalian tulis.Tapi inget, jangan tampilan aja yang bagus. Konten juga harus bagus.
1. Pilih template yang rapi, responsive (mobile friendly) dan fast loading
Pangeran, template yang rapi, responsive dan fast loading itu seperti apa?
Ciri-ciri Blog yang Baik
Guys, saran Pangeran. Sebelum kalian mendownload template atau menggunakan template yang udah tersedia di platform kalian, coba perhatikan struktur dari template itu sendiri. Berikut cara melihatnya :
a. Template harus memiliki tata letak yang tidak sembarangan dan terdiri dari 4 unsur yang Pangeran jelaskan di awal.
b. Responsive pada semua perangkat. Untuk menguji blog kalian responsive atau nggak, cek di Pengujian Situs Mobile-Friendly atau Responsive Test.Nah, buat kalian yang bingung cara membuat blog menjadi resposive, jangan takut. Gunakan saja template mobile bawaan dari blogger. Tapi, kalo mau lebih profesional, download template yang mendukung responsive. Karena, kalian akan menyesal jika melihat riset di blog tulisan wortel ini :

Pengaruh Responsive Blog terhadap Jumlah Page View
Bedasarkan pengalaman dari gonta-ganti template sejak 2013-2015.

 

c. Fast loading. Jadi, sebelum kalian menggunakan template yang sudah kalian download, ada baiknya demo dari template tersebut kalian cek kecepatan loadingnya di PageSpeed Insight (Google) atau GT Metrix.
2. Atur Tata Letak di Homepage blog kalian
Homepage blog yang baik dan buruk
Menurut kalian, dari dua contoh di atas. Mana tampilan blog yang lebih rapi?
Tentunya yang A lebih rapi. Jika kalian ingin membuat blog kalian seperti pada ilustrasi A. Kalian bisa mengatur beberapa komponen yang tampil di homepage kalian berikut ini :
– Posisikan header dengan benar (left, center or right)
– Tentukan Navigasi yang jelas
– Tentukan berapa Jumlah Post yang sesuai dengan panjang sidebar
– Menambahkan Widget
– Buat credit title di bagian footer kalian
Kalo kalian bingung tentang cara mengatur tata letak homepage, klik home pada blog tulisan wortel ini. Perhatikan semua bagiannya. Dari mulai header, navigasi, post, sidebar dan footer tersusun rapikan? Lakukan hal yang sama.
3. Cerdas Menggunakan Widget
Kabarnya, semakin banyak jumlah widget yang kalian gunakan. Maka semakin berat pula loading blog kalian. Tapi, ini bukan ilmu pasti. Karena, Pangeran pernah menemukan blog dengan widget banyak, tapi tetep fast loading.

Cerdas Menggunakan Widget di Blog
Cuman.. platform blognya bukan blogger. Tapi wordpress.org. Karena Pangeran juga menggunakan Blogger, makanya panduan ini lebih banyak mengarah ke platform blogger.
Oke, biar loading blog kalian gak berat, Pangeran akan menjelaskan widget yang penting dan tidak penting untuk sebuah blog. Simak penjelasnnya di bawah ini.
Pahami widget penting untuk Blog
  • Search Box (Memudahkan dalam mencari artikel yang diinginkan)
  • Subscribe Blog (Memudahkan pengunjung mendapatkan update terbaru melalui langganan email)
  • Related Post (Artikel Terkait)
  • Popular Post (Postingan yang paling banyak dibaca)
  • Recent Post (Postingan terbaru) atau Arsip Post (Menampilkan semua postingan)
  • Label (Kategori)
  • Social Bookmark (Button social media kalian, FanPage, Timeline)
  • Button Share (Di bawah artikel)
  • Random Post (Tidak wajib, tapi masih boleh dipasang)
  • Recent Comment (Tidak wajib, tapi masih boleh dipasang)
Pahami widget tidak penting untuk Blog
  • Visitor Statistic (Aslinya, penggunaa alexa widget, flag counter dll itu, sebenarnya akan membuat loading blog kalian semakin berat. Hal ini karena widget ini harus menarik banyak data (yang nge-link) ke web sumber dari pemantau trafik blog kalian.
  • Flash/Animasi (Gambar animasi, kerlap-kerlip, flash, sebenarnya hanya akan menyilaukan mata pengunjung kalian dan sekaligus penggunaan widget ini akan memberatkan loading blog)
Lagian gini guys, bukan bermaksud apa-apa, sih. Kan gak penting banget harus “show up” jumlah pengunjung gitu. Apalagi nih, blognya masih baru. Udah, deh. Biarkan kita aja yang tau. Ya, nanti kalo pengunjungnya sudah mencapai 100.000, gak apa-apa deh, ditampilkan.
Semuanya kembali ke kalian.
4. Jangan mudah putus asa untuk merapikan tampilan blog
Jangan mudah putus asa
Pange, hubungan putus asa sama merapikan template blog apa ya?
Hehehe. Pangeran juga awalnya bingung mau jelasinnya gimana. Tapi, setelah Pangeran pikir ulang, ternyata kebanyakan blogger yang tampilan blognya (maaf) berantakan. Bukan disebabkan oleh ketidaktahuan mereka.
Melainkan mereka gampang putus asa.

Baru mengalami error dikit, udah pasrah. Besok gak mau nyobak lagi. Itu yang gak boleh. Kalian kalo pengen sesuatu yang luar biasa, action kalian juga harus luar biasa.
Jangan biasa-biasa saja.
Gak usah ngambil contoh jauh-jauh. Pangeran adalah tamatan mahasiswa Pertanian yang dilahirkan dari kampung dan daerah Pangeran masuk namanya internet itu, waktu zaman Pangeran baru masuk SMP (Mungkin udah lama, tapi Pangeran taunya pas SMP).

Terima kasih sudah mengunjungi website kami di Jasa Pembuatan Website Jogja. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat