Tips Menjalankan Email Marketing untuk Pembisnis

Tips Menjalankan Email Marketing untuk Pembisnis

Tips Menjalankan Email Marketing untuk Pembisnis

Jogja One Solution – Email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email. Berikut ini merupakan tips menjalankan email marketing untuk pembisnis:

1. Jangan membeli email list – Kumpulkan Opt in

Opt-in email address adalah hasil kepercayaan para pelanggan kepada kamu, karena mereka berpikir kamu memiliki sesuatu yang berharga dan mereka butuhkan. Seseorang secara sukarela memberikan alamat email, baik secara online ataupun secara pribadi, sehingga kamu dapat mengirimkan email kepada mereka.

2. Jangan buat subscriber menunggu

Saat kamu ingin lebih dekat dengan pelanggan melalui email. Membuat email subscribe adalah salah satu caranya. Tapi jangan hanya mengirimkan email berisi promo atau informasi produk kamu saja. Berikan juga informasi seperti artikel atau informasi terkini yang berhubungan dengan produk kamu.

3. Gunakan preheader untuk menarik pembaca

Email marketing yang mobile friendly haruslah menampilkan pre-header, Sebab dengan pre-header penerima email akan dibantu mengenali email kamu lebih awal sebelum mereka mengenali kamu dari nama pengirim dan subject email. Untuk menarik dan membuat penerima lebih antusias melihat dan membaca email kamu, kamu bisa menuliskan sesuatu yang kreatif dan unik pada pre-header email marketing.

4. Jangan mengirim email yang sama ke setiap subscriber

Email list segmentation adalah proses memecah subscriber menjadi grup  berdasarkan kriteria spesifik, sehingga nantinya akan lebih mudah memberikan email yang personal dan relevan.

5. Jangan mengirim email terlalu umum

Buat email yang terlihat kamu seakan-akan sedang mengirim email hanya kepada satu orang saja. Hal ini secara singkat akan membuat email kamu lebih personal.

6. Jangan mengirim email sekali saja

Email yang kamu kirim harus sesuai dengan tahap lifecycle email marketing dimana mereka berada, misalnya apakah pelanggan berada dalam tahap baru tertarik, sudah mulai terhubung dengan kamu, loyal, atau tidak aktif.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memecah email dalam beberapa email series sesuai dengan lifecycle email marketing dan berikan mereka alasan untuk terus memilih produk atau layanan kamu.

8. Jangan mengirim email di waktu yang sama

Menyesuaikan waktu pengiriman email dengan zona waktu tempat customer tinggal merupakan hal yang penting. Jangan sampai kamu mengirimkan semua email dalam satu waktu yang sama dari sisi kamu. Kirimkan email waktu tempat tinggal customer

9. Jangan mengirim emailmu tanpa pengecekan

Sebelum kamu menekan tombol “Send” pada email marketing kamu, pastikan kamu mengecek keseluruhan konten email kamu, mulai dari penulisan, hyperlink, ataupun konten error lainnya.

10. Jangan mengabaikan laporan email marketing

Kritik ataupun saran, cobalah untuk belajar memperbaiki dan mengembangkan email marketingmu dengan cara tersebut. Sebab, setiap pengiriman email dari waktu ke waktu akan mengalami perubahan. Adaptasi dalam perubahan menjadi kebutuhan yang wajib kamu jalani.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat