Tips Mengatasi Laptop Mati Total

Tips Mengatasi Laptop Mati Total

laptop mati total

TIPS MENGATASI LAPTOP MATI TOTAL

Laptop Mati – Setiap laptop memiliki perawatan yang berbeda beda sesuai dengan merk dan spesifikasinya. Kita harus menjaga dan merawat dengan baik laptop kita.  Walaupun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, kadang laptop masih sering bermasalah. Seperti laptop yang mati sendiri, laptop yang nge hang dan masih banyak yang lain.

Saat kalian sedang bekerja atau menonton film di laptop, tiba-tiba laptop anda mati. Padahal sebelumnya tidak pernah. Jika mengalami seperti ini, jangan panik dulu.

Kita akan bahas 5 Tips mengatasi Laptop yang mati sendiri

Charger Laptop

Jika kalian menggunakan laptop dalam waktu yang lama, bisa saja baterai laptopnya habis. Sehingga laptop mati total. Anda bisa mencharger laptop dan menunggu beberapa menit agar daya laptop sudah sedikit terisi dan coba nyalakan kembali.

Cek Kondisi Aliran Listrik

Kalau laptop kalian ngedropan dan hanya bisa nyala jika disambung pakai adaptor, pastikan cek aliran listriknya. Jangan-jangan listrik lagi padam. Kalau listrik ternyata nyala, berarti ada kerusakan di laptop kalian. Kalau kalian pakai laptop tanpa terhubung ke adaptor (pakai baterai), coba lepas dan pasang kembali baterai. Tapi sepertinya ini berlaku buat beberapa merek laptop saja yang masih memakai baterai removable.

Coba Hidupkan Kembali

Coba hidupkan kembali dengan menekan tombol powernya. Jika percobaan pertama laptop tidak bisa hidup, coba tekan lagi agak lama. Kalau masih belum hidup lagi, berarti ada hardware yang bermasalah. Bisa jadi itu karena harddisknya yang bermasalah, atau bisa sudah dari mainboard-nya.

Jika harddisknya muter dan muncul bunyi startup tapi layar tak menunjukkan tanda-tanda siuman (mati). Bisa dipastikan ada yang bermasalah di bagian LCD. Entah itu monitor LCD-nya atau komponen pendukungnya seperti kabel fleksibelnya.

Repair Operating Systemnya

Saat laptop mati sendiri ketika dihidupkan lagi layarnya cuma blank hitam. Layarnya nyala , tapi cuma hitam nggak muncul startup OS nya. Kalau seperti ini bisa diasumsikan masalah muncul karena dari sistem operasinya. Entah itu ada file system yang corrupt atau bisa jadi karena virus. Solusinya mungkin kalian bisa mencoba untuk merepair sistem operasinya atau kalau perlu lakukan Instal Ulang pada laptop.

Dinginkan Dulu Laptopnya

Bisa jadi laptopnya mendadak mati karena overhead. Prosesor terlalu kepanasan dan memutuskan untuk mati saja. Ini dikarenakan terlalu banyak task-task dan program yang dijalankan. Apalagi kalau buat ngegame padahal spek laptop nggak buat ngegame. Kalau udah seperti ini coba dinginkan dulu laptopnya. Pasang dengan cooling pad.

Jika laptop mati secara tiba – tiba, tetap tenang dan jangan panik. Hubungi teman yang mengerti tentang elektronik atau laptop. atau mungkin bisa langsung menghubungi  Service Computer agar bisa mengetahui lebih jelas masalahnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat