Tips Mengatasi Buffering Saat Streaming

Tips Mengatasi Buffering Saat Streaming

Tips Mengatasi Buffering Saat Streaming

Jogja One Solution – Nonton vidio bisa dilakukan dengan streaming. Namun saat kita streaming tidak selalu lancar, biasanya ada loadingnya atau buffering. Nah kali ini kita akan membahas tips mengatasi buffering saat streaming.

Berikut beberapa caranya

Cek kecepatan koneksi internet milikmu

Mengecek kecepatan koneksi internet adalah hal pertama yang bisa kamu lakukan. SpAcer bisa melakukan speed test untuk melihat performa koneksi internet milikmu. Beberapa speed tes yang bisa kamu coba adalah via speedtest.net atau fast.com untuk Netflix.

Kalau ternyata koneksi internet tersebut terbukti kurang cepat, maka ada baiknya kamu menggantinya dengan jaringan internet yang lebih cepat. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan jaringan internet super cepat 4G LTE jika area di tempat tinggalmu mendukung atau mengganti Internet Service Provider yang lebih baik dari provider sebelumnya.

“Bersih-bersih” gadget

Selain koneksi internet, hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi buffering adalah menghapus cache, cookie, dan file internet sementara yang menumpuk di gadget kamu. Pasalnya, tumpukan cache yang besar di hard drive dapat menjadi salah satu biang terjadinya buffering dan menghambat performa gadget secara keseluruhan.

Maka itu, kamu wajib mengecek sekaligus membersihkan ketiganya minimal sebulan sekali. Caranya, cukup klik menu “Settings” dan pilih “Storage”. Selanjutnya, tinggal klik “Cache” dan pilih “Clear Cache” untuk menghapus tumpukan tersebut.

cara mengatasi buffering

Uninstall program yang tidak digunakan

Alasan lain terjadi buffering adalah adanya aplikasi atau software lain yang menggunakan internet tanpa kamu sadari. Hal tersebut dapat terjadi jika dalam gadget terdapat banyak aplikasi yang berjalan otomatis di background sistem. Alhasil, jaringan menjadi lemot karena bandwidth internet harus dibagi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu uninstall program yang tidak digunakan tersebut sebagai cara mengatasi buffering. Untuk melakukannya, cukup buka Task Manager dengan menekan Ctrl+Shift+Esc secara bersama. Kemudian, pilih program yang ingin di-uninstall dan klik End task.

Install antivirus

Segera install software antivirus terbaik agar gadget terlindungi dari segala ancaman juga bisa menjadi cara lain untuk mengatasi buffering. Ancaman tersebut antara lain virus, adwaremalware, dan software berbahaya lainnya yang dapat berjalan di background perangkat sehingga membuat koneksi jaringan internet menjadi lemot.

Install driver video card terbaru

Driver adalah jembatan untuk mengomunikasikan perangkat dengan sistem operasi. Driver versi yang sudah terlalu jadul ternyata dapat menyebabkan buffering selama streaming. Maka itu, pastikan rutin update driver untuk membuat perangkat bekerja lebih baik.

Kesimpulannya, sekarang kamu nggak lagi kesal saat streaming, karena sudah tau cara mengatasi buffering pas lagi nonton video kesukaan kamu. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat