Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

laptopTIPS MEMILIH LAPTOP SESUAI KEBUTUHAN

Laptop – Tips sebelum membeli laptop yaitu memilih laptop yang sesuai kebutuhan. Saat akan membeli laptop, jangan sampai kita asal membeli saja dan kemudian menyesal di belakang. Beragam jenis dan spesifikasi laptop yang banyak membuat anda bingung mana yang akan anda pilih. Merk apa dan kualitas yang bagaimana?

Agar kalian tidak bingung saat membeli laptop, simak 10 tips memilih laptop sesuai kebutuhan berikut.

1. Baru atau Bekas?

Sebelum membeli laptop, tentukan kondisinya, mau yang baru atau bekas. Menurut saya tidak ada masalah sih, selama persiapannya seperti yang ada di poin-poin berikutnya. Tapi kalau mau beli bekas tapi nggatidak tau tips triknya, maka ada kemungkinan akan mengecewakan.

Jika seandainya mau beli yang baru sih sah sah saja. Malahantidak perlu repot menjalankan semua tips dibawah, walaupun ada beberapa yang mesti dilakukan juga. Tapi kalau misalnya duitnya pas-pasan, mending beli yang bekas saja, yang penting hati-hati tertipu.

2. Memilih Sistem Operasi

Tips memilih laptop yang kedua ada pada sistem operasi. Sebelum membeli laptop kita sering sekali dihadapkan dengan kebingungan ketika kita memilih sistem operasi dari laptop tersebut, terutama bagi orang yang awam dengan dunia teknologi.

3. Memilih Fasilitas 2 in 1 Sesuai Kebutuhan (Hybird / Konvensional)

Disamping faktor sistem operasi, kita juga harus memperhatikan fasilitas 2 in 1 dari beberapa laptop saat ini.Banyak sekali laptop yang mampu menjadi sebuah tablet ataupun menjadi bentuk-bentuk lain sesuai dengan kebutuhan.

Namun biasanya laptop yang memiliki fasilitas 2 in 1 ini memiliki masalah pada daya tahan baterainya. Daya tahan dari baterainya kadang memiliki kelemahan. Kebanyakan dia hanya mampu bertahan Screen on Time selama kurang lebih 60-90 menitan.

Jadi untuk para editor maupun gamer sekalipun, ini menjadi masalah yang amat penting. Laptop dengan fasilitas ini biasanya lebih mementingkan desain dari pada kegunaanya. Maka laptop dengan fasilitas ini sangat tidak dianjurkan untuk para editor maupun gamer.

4. Memilih Ukuran Laptop

Sebelum kita melihat harga dari sebuah laptop, kita juga memperhatikan ukuran dari laptop yang akan kita pilih. Ukuran laptop memiliki banyak varian, dari yang terkecil sampai terbesar. Itu semua digantungkan sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya, laptop dikategorikan dari ukuran layarnya.

5. Koreksi Keyboard dan Touchpad

Keyboard dan Touchpad memang menjadi peran penting dari sebuah laptop. Tanpa adanya kedua hal ini, maka sebuah laptop tidak berarti apa-apa. Keyboard dan touchpad dari setiap laptop memang memiliki perbedaan. Namun perbedaan ini disesuaikan kebutuhan pengguna masing-masing.

6. Tentukan Spesifikasi

Laptop memiliki beberapa bagian didalamnya, ada prosesor, hard drive, RAM, VGA dan lainnya. Semua bagian tersebut merupakan penunjang dari kinerja setiap laptop. Semua bagian tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Komponen utama dari laptop yaitu prosesor. Prosesor merupakan otak dari setiap laptop.Prosesor mempunyai banyak sekali varian, dari termurah sampai termahal. Prosesor setahu saya hanya ada dua merk ternama yaitu Intel Corporation dan AMD. Kedua merk ternama ini memang saling beradu kualitas terutama di bidang hardware.

7. Baterai

Jika anda seorang yang memiliki banyak waktu didepan laptop, lebih baik anda memilih laptop dengan daya tahan baterai kisaran lebih dari 2 jam. Karena laptop dengan daya tahan baterai sebesar ini, kita tidak perlu direpotkan lagi
dengan charger laptop ketika kita sedang menggunakanya jauh dari sumber listrik.

Terutama kalau Anda seorang gamer yang membutuhkan laptop dengan kapasitas baterai yang mumpuni, Anda harus teliti memilih laptop dengan kapasitas baterai yang Anda anggap cocok untuk Anda. Namun biasanya ada juga beberapa merk laptop yang juga menjual baterai nya secara terpisah sesuai dengan kebutuhan kita.

8. Sesuaikan Dengan Kantong Anda

Sebelum membelinya pastikan anda memiliki budget yang cukup untuk membeli laptop sesuai dengan kebutuhan kita tentunya. Ketika anda memiliki budget yang lebih, lebih baik anda membeli laptop dengan spesifikasi yang Anda butuhkan, tidak perlu spek tinggi jika Anda belum membutuhkannya.

Namun, jika Anda belum punya dana yang cukup untuk membeli laptop yang Anda butuhkan, sebaiknya Anda menabung lagi dan menunggu sampai uang Anda cukup untuk membeli laptop yang Anda butuhkan daripada Anda membeli laptop yang spesifikasinya terlalu rendah dan tidak cukup untuk kebutuhan Anda hanya karena dana terbatas.

9. Memilih Merk

Sebelum anda membeli laptop pastikan merk sebuah laptop yang akan anda beli tersebut terjamin sekali kualitasnya. Karena ada beberapa laptop yang menjual barangnya di luar spesifikasi yang tersedia. Setiap vendor / merk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tidak semua merk memiliki kinerja yang sama walaupun spesifikasi laptopnya sama. Itulah pentingnya Anda memilih merk apakah untuk laptop Anda.

10. Pastikan Aman

Seringkali Laptop dipakai untuk kerja. Dan kalau dipakai untuk bekerja, pasti laptop akan berisi file-file yang penting, seperti hasil kerja, atau bahkan dokumen perusahaan. Makanya keamanan dari laptop yang kita pakai itu harus diperhatikan.

Mengamankan laptop hanya dengan menggunakan password itu kurang aman. Apalagi kalau password-nya adalah hal-hal yang dekat dengan anda dan sudah diketahui banyak orang, nama anda misalnya. Tentu hal ini akan merugikan.

Nah, tadi 10 cara memilih laptop sesuai kebutuhan. Jangan sampai salah pilih dan menyesal di belakang ya

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat