Tips Membangun Internal Link Untuk Memperkuat SEO

Tips Membangun Internal Link Untuk Memperkuat SEO

Tips Membangun Internal Link Untuk Memperkuat SEO

Membangun Internal Link Yg Efektif Sangat Bermanfaat Untuk SEO - Optimasi  SEO On Page - Wepotus.comJogja One Solution – Internal linking merupakan salah satu strategi SEO yang menghubungkan sebuah halaman dari suatu website dengan halaman lain dari website yang sama. Tujuannya adalah untuk membantu navigasi website serta menetapkan otoritas dan ranking power terhadap keseluruhan website, mengingat bahwa ada teori yang mengatakan bahwa Google menyertakan internal linking sebagai salah satu penilaian untuk menentukan ranking pada halaman pencarian mereka. Teori dasarnya adalah internal linking mampu menguatkan nilai optimisasi secara keseluruhan pada sebuah website. Berikut ini tips membangun internal link untuk memperkuat SEO.

 

 

 

Apa Itu Internal Link?

Cara membuat internal link

Secara umum, pengertian internal link adalah tautan yang berisi artikel relevan dari pembahasan atau isi konten. Internal link yang baik dan benar tidak hanya sekedar teman biasa, karena fungsinya juga untuk menarik pengunjung untuk membaca konten selanjutnya.

Manfaat Membangun Internal Link

internal link

1.Bikin Pengunjung Betah

Salah satu manfaat utama dari internal link adalah memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi. Terutama untuk artikel berseri yang saling berkaitan antara satu sama lain. Jika pengunjung betah, maka website Anda akan dipandang baik dimata Google. Pada akhirnya, peringkat situs Anda semakin baik di mata user maupun web crawler.

2.Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate adalah indikator yang digunakan untuk menghitung seberapa banyak halaman yang dibuka pengunjung ketika sampai ke website kita. Nilai bounce rate utamanya dipengaruhi oleh kualitas artikel dan kemudahan navigasi.

Nah, dengan adanya internal link yang relevan maka pengunjung akan terpancing untuk melakukan klik dan penelusuran lebih dalam dari konten yang kita sajikan.

3.Distribusi Traffic Antar Artikel

Di dalam sebuah website, pasti ada saja artikel yang tidak mendapat exposure traffic optimal. Di sisi lain, ada artikel pilar yang mendapat banyak kunjungan meski usianya sudah beberapa tahun. Anda bisa memanfaatkan internal link untuk mendistribusikan traffic ke artikel-artikel yang kurang mendapat perhatian pembaca. Sehingga traffic lebih merata.

Tips Membangun Internal Link SEO Friendly

1.Pakai Anchor Text yang Relevan

Selain untuk kebutuhan SEO, Anchor text juga memiliki pengaruh besar dalam menunjang kesuksesan pengaturan internal link. Pasalnya, disini Anda bisa membuat kata-kata yang menarik dari segi LSI (Latent Semantics Indexing) maupun dari sisi copywriting sebagai bagian dari clickbait.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, jangan menggunakan anchor text yang sama secara berulang-ulang. Karena selain mudah terindikasi spam, cara tersebut juga kurang efektif untuk menarik minat pengunjung.

Lebih baik Anda menggunakan anchor text senaturall mungkin untuk menghindari terkena penalti dari perubahan algoritma mesin pencari.

2.Utamakan Relevansi

Relevansi juga sangat penting dalam membangun internal link. Anda bisa saja menyelipkan belasan internal link ke dalam sebuah artikel, namun usaha tersebut tidak akan membawa dampak positif jika link yang ditautkan tidak relevan dengan topik pembahasan.

Agar internal link Anda semakin optimal, sebaiknya pilih artikel yang ingin dijadikan internal link yang relevan agar tidak mengecewakan pengunjung.

3.Setting Dofollow

Link dofollow adalah jenis yang paling disukai oleh mesin pencari. Dengan mengatur internal link menjadi dofollow, maka web crawler akan mengindeks tautan yang Anda buat dan melalui web crawler.

Kebalikan dari link dofollow adalah link nofollow. Link jenis ini biasanya digunakan ketika Anda ingin memberikan eksternal link ke website lain. Sementara untuk internal link sebaiknya menggunakan link dofollow.

4.Jangan Over Optimasi

Over optimasi itu tidak baik, termasuk dalam membangun internal link. Sebagai informasi, ketika kita membuat internal link, maka page authority dari halaman tersebut juga dibagikan ke link terkait. Alhasil, kita tidak boleh terlalu berlebihan dalam menautkan internal link agar authority halaman tidak turun.

Pertanyaannya, berapa banyak jumlah internal link yang wajar? Sayangnya tidak ada indikator yang pas sebagai patokan. Anda bisa melihat halaman wikipedia yang memiliki banyak internal link di setiap konten mereka.

Secara peringkat, Wikipedia tentu sudah tidak bisa diragukan lagi karena sudah merajai beberapa keyword abadi dengan volume pencarian tinggi.

Di Qwords.com, kami sendiri tidak membatasi jumlah internal link yang perlu ditambahkan. Namun, kami berpatokan pada kebutuhan tiap-tiap artikel. Kalau sebuah artikel perlu diberi internal link yang banyak maka hal tersebut akan kami lakukan. Sementara jika tidak terlalu urgent, biasanya kami menggunakan internal link sebagai variasi untuk meringkas pembahasan yang relevan agar tidak terlalu panjang.

Ambil contoh, untuk artikel panduan membuat website. Konten yang disajikan tentu tidak mungkin hanya dibahas dalam satu halaman, agar tidak terlalu panjang dan membosankan maka setiap topik dipisahkan.

Mulai dari cara memilih template, cara memilih hosting dan domain, tips membuat logo, hingga cara optimasi SEO. Artikel-artikel tersebut kemudian saling ditautkan satu sama lain sehingga mudah ditemukan.

Contoh Penulisan Internal Link

Internal link untuk SEO

Sebagai blogger Anda tentu sudah sering melihat internal link yang ada di berbagai artikel. Berikut ini merupakan contoh cara membuat link internal di blog yang baik dan benar, sesuai kaidah SEO.

Contoh penulisan internal link:

1.Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel berikut ini.

2.Kami juga pernah mengulas terkait topik ini di pembahasan berikut ini.

3.Bingung pilih hosting terbaik? Gunakan web hosting Indonesia

4.Baca juga: Panduan Cara Membuat Website

Kesimpulan

Optimasi internal link ke dalam artikel adalah salah satu cara untuk meraih posisi pertama di Google Jadi, jika saat ini Anda sedang membangun website pribadi, website company profile, maupun website toko online. Maka sebaiknya menerapkan metode ini agar situs Anda lebih menarik di mata pengunjung.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat