Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis

Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis

Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis

Tips Mengoptimalkan Akun IG Bisnis dan Akun Pribadi untuk Mendapatkan  PenghasilanJogja One Solution – Mempromosikan bisnis secara online, sekarang bisa jauh lebih efektif dengan menggunakan Instagram Bisnis. Sebagai salah satu marketing platform yang banyak digemari, Instagram Bisnis menawarkan berbagai fitur khusus yang tidak ditemukan pada akun personal.  Dengan Instagram Bisnis, Anda dapat mudah melakukan branding dan menjangkau audiens secara luas. Bahkan jika Anda memiliki website, Instagram Bisnis bisa menjadi platform pendukung untuk meningkatkan traffic dan leads. Berikut ini tips memaksimalkan akun instagram bisnis

 

 

 

 

 

Instagram Bisnis VS Instagram Personal

akun instagram bisnis

Instagram yang dibuat oleh seseorang memang berawal dari Instagram pribadi atau privat. Selanjutnya, akun bisa diubah menjadi akun bisnis sesuai dengan persyaratan yang ada. Biasanya, akun bisnis harus terhubung FP di Facebook untuk memudahkan pengelolaan akun.

Akun personal bisa dipakai untuk memposting apapun. Hal-hal yang sifatnya personal bisa dibagikan. Namun, kalau menggunakan IG bisnis, hal seperti itu tidak bisa dilakukan karena bisa merusak citra dari brand atau merek yang dibangun. IG bisnis umumnya tidak bisa diubah lagi ke akun personal. Jadi, pastikan untuk membuat lagi akun personal untuk keperluan lain. Siapkan juga nomor khusus agar urusan bisnis tidak bercampur dengan urusan pribadi.

Fitur Instagram Bisnis

"<yoastmark

Fitur IG Bisnis tentu berbeda dengan IG personal atau biasa. Perbedaan itu terletak pada beberapa poin di bawah ini:

1. Insight

Salah satu fitur terbaik dari IG Bisnis yang bermanfaat adalah Insight atau wawasan. Fitur ini akan memberikan cukup banyak informasi yang berhubungan followers seperti kenaikan dan penurunan. Selain itu, ada juga informasi terkait dengan demografi secara lengkap sampai ke lokasinya.

Wawasan juga berisi data tentang siapa saja orang yang melihat tayangan. Saat Anda membuat postingan atau Instastories, jumlah orang yang melihat juga akan tampil beserta rinciannya. Jadi, Anda akan tahu apakah promosi yang dilakukan sudah berhasil atau tidak sama sekali.

Para marketer biasanya menggunakan wawasan untuk melihat siapa saja orang yang aktif melihat dan demografinya. Dari demografi itu, proses promosi bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Misal dalam demografi, pengguna usia 19-35 tahun lebih banyak. Konten yang disajikan tentu harus segar sesuai dengan gaya anak kekinian. Sebaliknya kalau orang yang melihat adalah orang dewasa, gaya yang diberikan akan berbeda sehingga peluang mempengaruhinya lebih besar.

2.  Profile Bisnis

Profil bisnis dalam IG bisnis sangat penting karena bisa menjadi penentu apakah seseorang memutuskan membeli atau tidak. Begitu melihat profil, pengguna akan langsung berpikir apakah, perusahaan ini kredibel atau tidak. Itulah kenapa IG memberikan hal baru seperti hadirnya tombol kontak, link lokasi bisnis, sampai tag untuk jenis akun. Jadi, saat dicari oleh orang lain, akun akan lebih mudah muncul.

Oh ya, meski sudah memiliki akun bisnis, bukan berarti akun langsung centang biru ya! Ada banyak sekali proses yang harus dilakukan untuk sampai pada tahap itu.

3.  Promote

Fitur promote juga disematkan oleh IG untuk memudahkan proses promosi. Jadi, kalau ada posting yang ingin disebarkan ke banyak orang dengan demografi yang spesifik, Anda bisa memanfaatkan fitur promote pada IG bisnis.

Tips Memaksimalkan Instagram Bisnis

akun instagram business

Meski sudah jadi IG bisnis, tidak semua orang mampu memaksimalkan akun ini untuk kemajuan usahanya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar akun bisa mendatangkan banyak lead dan keuntungan.

1.  Menentukan Target Market

Pastikan untuk menentukan target market terlebih dahulu. Anda bisa menentukan target market dengan cara melihat jenis usaha atau bisnis yang dijalani. Misal bisnis yang dijalani adalah menjual produk fesyen anak muda. Tentu target marketnya usia 19-35 tahun.

Selanjutnya tentukan juga targetnya apakah pria, wanita, atau semua jenis kelamin. Selanjutnya wilayah untuk promosi akan dilakukan di lingkup terdekat atau sampai ke seluruh Indonesia. Pikirkan hal ini baik-baik khususnya saat membuat konten dan promosi.

2.  Memperbaiki Profile

Perbaiki prfie yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan di dalam profile harus ada nama bisnis, informasi website, nomor telepon, sampai informasi terkait dengan promosi. Jangan lupa memberikan tag sesuai dengan promosi yang sedang dijalankan.

3.  Menjadwal Postingan

Posting di IG Bisnis harus terjadwal dengan baik mulai dari harinya sampai ke jam. Kalau Anda bisa melakukan penjadwalan dengan baik, pengguna yang juga target market akan memiliki “makanan” yang membuat mereka betah dan selalu datang.

4.  Membuat Konten dengan Engagement Tinggi

Konten yang dibuat tidak boleh sembarangan. Usahakan untuk membuat konten yang memiliki engagement tinggi dan disukai oleh banyak orang. Konten inilah yang menjadi jembatan terjadinya closing produk.

5.  Melakukan Interaksi

Interaksi sangat penting kalau ingin memaksimalkan Instagram Bisnis. Interaksi bisa dilakukan dengan memberikan like, menjawab pertanyaan, dan membuat konten polling di Instastory.

6.  Memainkan ADS

Jangan melupakan ads atau iklan yang bisa dipakai di IG bisnis. Iklan akan membantu Anda dalam melakukan promosi seperti yang sudah dibahas pada bagian fitur di atas.

Kesimpulan

Memaksimalkan akun instagram bisnis memang bisa membuka lebih banyak peluang. Terutama jika usaha Anda membidik target anak muda yang gemar bermain sosial media.

Kendati demikian, di tengah pesatnya inovasi dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, menggunakan instagram saja tidaklah cukup. Anda sebaiknya memiliki website bisnis untuk melakukan transaksi jual-beli serta mengakomodir berbagai aktivitas promosi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat