Tips Jitu Membuat Product Page Untuk Meningkatkan Conversion Rate

Tips Jitu Membuat Product Page Untuk Meningkatkan Conversion Rate

Tips Jitu Membuat Product Page Untuk Meningkatkan Conversion Rate

4 Cara Efektif untuk Meningkatkan Conversion RateJogja One Solution Optimasi Conversion Rate (CRO) adalah proses yang membuat orang untuk mengambil tindakan (take action) ketika mereka mengunjungi situs web. Dengan mendesain dan memodifikasi elemen-elemen tertentu dari suatu halaman web, sebuah bisnis dapat meningkatkan peluang bahwa pengunjung situs akan mengkonversi menjadi lead atau pelanggan sebelum mereka meninggalkan website. Saat ini sudah banyak yang menerapkan digital marketing sebagai strategi menjalankan bisnis yang juga dilakukan secara digital. Banyak tim marketing yang mulai menyusun dan mengarahkan traffic ke situs web untuk kemudian dikonversi menjadi leads untuk penjualan. Berikut ini tips jitu membuat product page untuk meningkatkan conversion rate.

Strategi Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate sangat penting sehingga butuh untuk ditingkatkan, conversion rate yang tinggi menandakan bahwa website yang Anda kelola disukai audience sehingga pengunjung website menjadi setia terhadap produk Anda.

a. Gambar Produk yang Berkualitas

Satu hal yang paling banyak membantu untuk sebuah bisnis e-commerce adalah gambar produk. Jika seseorang berbelanja online, tentunya mereka hanya bisa melihat gambar dan mengambil keputusan setelah melihat gambar-gambar yang tersedia.

Orang-orang ingin dapat melihat barang yang akan mereka beli. Sebaiknya jadikan ini sebagai aturan pertama saat Anda mempersiapkan website e-commerce Anda. Semakin banyak fotonya semakin bagus.

Perlihatkan barang-barang tersebut dari sudut yang berbeda. Jika memungkinkan, gunakan fitur zoom. Ini akan sangat membantu orang-orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut untuk melihat seperti apa barang ini sebenarnya.

Asos adalah salah satu fashion and beauty e-commerce. Di website mereka, Anda bisa melihat baju yang mereka jual dari berbagai angle.

Asus Product Image

Tidak hanya gambar produk, ASOS juga memiliki fitur 360, dimana Anda bisa melihat produk tersebut dari berbagai sudut.

360 Degrees Feature

Selain itu, Asos juga memiliki fitur #AsSeenOnMe dimana Anda bisa melihat langsung bagaimana orang lain memakai baju itu.

Clothes Images

b. Deskripsi Produk yang Menarik

Deskripsi produk di website Anda berpengaruh besar dalam proses pengambilan keputusan oleh calon pembeli. Peran deskripsi ini adalah untuk memberi calon pembeli informasi yang cukup sehingga mereka akan semakin yakin untuk membeli sebuah produk yang sesuai untuk mereka. Fokuskan deskripsi produk Anda agar terdengar jelas dan tidak memaksa calon pembeli untuk membeli. Deskripsi produk yang bagus berisi informasi yang lengkap.

Mungkin Anda berpikir seberapa panjang Anda harus menulis sebuah deskripsi produk?  Jika memungkinkan, Anda seharusnya bisa menawarkan kedua versinya, baik yang panjang maupun yang pendek.

Untuk versi yang lebih pendek, pastikan bahwa Anda sudah menyertakan semua informasi penting yang ada: untuk siapa produk itu, apa yang produk itu lakukan, dan mengapa mereka bagus.

Versi yang lebih panjang harus memberi informasi yang sangat lengkap agar pembeli tidak memiliki pertanyaan lagi. Jika mereka membaca semua informasi yang Anda tulis dan mereka masih tidak bisa mengerti apa yang produk ini tawarkan, ini adalah tanda bahwa deskripsi produk Anda masih kurang bagus. Jika deskripsi Anda bisa meyakinkan pembeli, terkadang tanpa membaca seluruh deskripsinya, mereka akan langsung membeli produk tersebut.

Product Details

Anda menjual barang yang tidak Anda buat sendiri, jangan hanya mengulang apa yang manufacturer sudah tulis mengenai produk mereka. Tambahkan sentuhan dan rekomendasi pribadi Anda. Beritahu para pelanggan Anda mengapa Anda merekomendasikan produk ini secara pribadi dan bagaimana hal ini akan membantu atau berguna bagi mereka.

c.Gunakan Video untuk Memamerkan Produk Anda

Cara lain untuk memamerkan produk Anda adalah dengan menggunakan video. Tentu saja gambar memiliki limitasi sendiri. Dengan menggunakan video, Anda bisa menjelaskan deskripsi sebuah produk dengan lebih detail lagi. Orang-orang juga bisa melihat produk-produk tersebut in action. Menonton video dapat membantu orang-orang agar semakin yakin untuk membeli produk tersebut.

Product Video

d. Tawarkan Jasa Customization

Orang-orang menyukai customization. Hal ini menambah semangat pembeli dan membuat barang yang mereka beli menjadi lebih personal. Jika Anda meluangkan waktu untuk merancang sebuah produk, Anda pasti merasa bahwa produk itu adalah milik Anda.

Jika bisnis Anda sudah cukup besar untuk melakukan ini, Anda bisa melakukan mass customization. Sebagai contoh, Dell dan Timbuk2 menggunakan sistem manufacturing yang efisien.

Mungkin Anda ragu apakah customization akan membantu bisnis Anda untuk mendapatkan untung. Salah satu perusahaan yang berhasil mengimplementasikan strategi ini adalah Gemvara.

Perusahaan ini adalah sebuah toko perhiasan yang membiarkan pelanggan mereka merancang sendiri perhiasan yang mereka mau. Gemvara berhasil mendapat keuntungan besar dari menawarkan jasa customization.

e. Hati-hati Memasukkan Shipping Charges

Apakah Anda tahu berapa banyak e-commerce yang menawarkan biaya kirim gratis? Hampir setengah dari jumlah transaksi e-commerce mendapat biaya kirim gratis. Beberapa e-commerce menawarkan biaya kirim gratis, sebagian lagi memiliki syarat dan ketentuan agar Anda bisa mendapatkan biaya kirim gratis.

Sebagai contoh, ASOS menawarkan biaya kirim gratis ke seluruh dunia jika Anda berbelanja lebih dari £20. Nordstrom, sebuah department store di Amerika menawarkan biaya kirim gratis untuk semua transaksi pembelian. Ini membuat free-shipping sebagai salah satu ide yang banyak diambil oleh pemilik website e-commerce.

Menurut penelitian oleh E-tailing, free shipping menjadi kriteria #1 dalam pengambilan keputusan untuk membeli. 73 persen dari peserta studi bahkan mengatakan bahwa ini sangat penting bagi mereka. Selain itu, pada penelitian lain, 93 persen dari peserta survey mengatakan bahwa free shipping akan semakin mendorong mereka untuk membeli semakin banyak produk.

Biaya kirim yang mahal adalah alasan utama mengapa konsumen merasa tidak puas dengan pengalaman belanja online mereka. Bahkan biaya kirim adalah alasan utama kenapa orang-orang lebih suka berbelanja offline dari online.

Penemuan bahwa orang-orang menginginkan free shipping tidaklah mengejutkan. Tetapi apakah strategi ini bekerja? Ya, strategi ini bekerja. Pesanan dengan biaya kirim gratis memiliki nilai lebih tinggi 30 persen daripada pesanan yang membayar biaya kirim.

Saat 2BigFeet memperkenalkan biaya kirim gratis untuk order lebih dari $100, conversion rate mereka naik sebesar 50%.

Mungkin Anda berpikir, bagaimana jika Anda menagih biaya kirim tetapi dengan nilai yang murah? Chris Anderson, seorang penulis buku menemukan bahwa ketika Amazon mengimplementasikan biaya kirim gratis untuk setiap transaksinya, penjualan di setiap negara meningkat kecuali satu negara, Prancis.

f. Buat Halaman untuk Barang Sales dan Harga Spesial

Studi oleh E-tailing yang disebutkan di atas juga menemukan bahwa 47 persen dari konsumen online mengatakan bahwa mereka hanya akan membeli produk diskon, kecuali jika mereka memang harus membeli sesuatu. 62 persen juga mengatakan bahwa mereka selalu mencari bagian sales dan specials di website e-commerce.

Saat ini, diskon selalu ada dimana-mana. Website seperti Groupon membantu orang-orang untuk mendapat diskon dan harga special. Tren mencari diskon tidak akan berhenti dalam waktu dekat, sehingga Anda sebaiknya memikirkan untuk memasukkan bagian ‘diskon’ dan ‘harga spesial’ untuk e-commerce Anda. Tentu saja buat keputusan yang sesuai untuk brand Anda tetapi mungkin Anda boleh mencoba strategi ini sesekali.

Agar strategi ini sukses, berikan petunjuk yang jelas bagi orang-orang dimana mereka bisa menemukan barang-barang diskon atau yang memiliki harga special. Beauty e-commerce, Cult Beauty, memiliki bagian sales sendiri di website mereka. Anda juga bisa menawarkan diskon, harga special, dan promo dengan menggunakan rotating banner.

Rotating Banner

g. Jangan Lupa Dengan Shopping Cart Abandonment

Ada banyak kejadian dimana konsumen membatalkan transaksi ketika mereka sudah memasuki halaman checkout. Pada tahun 2011, shopping cart abandonment rate mencapai 72 persen dan dipercaya akan terus meningkat.

Penelitian juga menemukan bahwa 89% konsumen pernah membatalkan transaksi paling tidak satu kali. Ini dikarenakan konsumen sekarang sudah memiliki pengertian lebih mengenai belanja online.

Kemungkinan besar mereka akan membandingkan harga di website e-commerce yang berbeda meskipun mereka sudah akan checkout. Alasan lain adalah biaya kirim yang tinggi dan biasa baru ditampilkan di halaman checkout.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang-orang membatalkan transaksi mereka:

  • Harga yang mahal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika konsumen bermaksud untuk membeli produk yang sama atau mirip, mereka akan memilih berdasarkan harga. Jika harga Anda merupakan harga yang terbaik, Anda boleh mengatakannya langsung (tetapi pastikan dulu bahwa ini betul dan akan menurunkan kredibilitas Anda.Jika harga Anda bukan yang terbaik atau termurah, jelaskan mengapa barang Anda tetap harus dibeli.

  • Biaya kirim

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsumen tidak suka membayar biaya kirim. Jika memang memungkinkan, jangan tagih biaya kirim untuk transaksi dengan nilai tertentu atau bahkan berikan biaya kirim gratis.

  • Proses yang rumit

Mungkin Anda meminta terlalu banyak detail dari pembeli atau Anda memaksa pembeli untuk registrasi ke website Anda.

  • Bangun Kepercayaan Melalui Livechat

Sering kali seseorang membatalkan transaksi karena mereka ragu dengan barang yang tadinya akan mereka beli. Mereka tidak yakin apakah barang tersebut akan cocok untuk mereka. Untuk mengatasi isu ini, manfaatkan live chat agar pembeli bisa bertanya atau menyampaikan keraguan mereka dan Anda bisa membantu meyakinkan mereka dengan menjawab pertanyaan mereka secara langsung.

  • Kecepatan website Anda

Ada kemungkinan kecepatan website Anda berpengaruh pada keputusan seseorang untuk membeli dari e-commerce Anda. Jika website Anda terlalu lambat, orang-orang biasanya menyerah dan memilih untuk meninggalkan website Anda.

 h. Aktifkan Persistent Shopping Cart

Seperti yang sudah disebutkan di atas orang-orang akan membandingkan harga di berbagai toko. Hal yang paling sering dilakukan oleh pelanggan adalah menambahkan produk tersebut ke dalam shopping cart agar mereka bisa kembali nantinya jika mereka memutuskan untuk membeli dari toko itu.

Jika pada saat mereka kembali ke website itu dan isi shopping cart mereka sudah expired, kebanyakan orang lebih memilih untuk tidak jadi belanja di website Anda karena lebih ribet mencari-cari lagi barang yang sebenarnya sudah mereka masukkan.

Apa solusinya?

Shopping cart yang tidak akan menghapus isinya jika pembeli meninggalkan website itu. Anda bisa menggunakan shopping cart persistent cookie dan keranjang belanja di website Anda tidak akan menghapus isinya bahkan hingga beberapa hari atau minggu ke depan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur save the cart atau menyimpan keranjang belanja. Fitur ini akan mempermudah pelanggan yang ingin berbelanja kembali setelah mereka melakukan perbandingan dengan website lain.

i. Jangan Lupa Menampilkan Contact Info dan Mengaktifkan Fitur Live Chat

Mungkin banyak yang menganggap remeh menaruh info kontak yang jelas di website Anda. Padahal hal ini bisa membantu meningkatkan conversion rate. Meletakkan info kontak di website Anda akan sangat membantu, apalagi bagi bisnis kecil.

Ini membantu meningkatkan rasa percaya pelanggan kepada toko Anda. Pastikan bahwa alamat, alamat email, dan nomor telepon terlihat jelas untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar sebuah bisnis.

Cara lain untuk membantu meningkatkan kepercayaan adalah dengan mengaktifkan aplikasi live chat di website Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, live chat membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh pelanggan agar mereka menjadi yakin untuk membeli dari toko Anda. 77 persen pemilik toko retail online menganggap bahwa live chat adalah metode komunikasi yang penting

j. Indikator Progres Transaksi yang Jelas

Orang-orang selalu ingin tahu apa yang terjadi dalam proses pembelian barang. Apakah pembayaran sudah diterima? Apakah barang akan segera dikirim? Semua ingin tahu berapa lama lagi barang akan mereka terima. Ini adalah alasan penting kenapa Anda membutuhkan indikator progress yang jelas. Pembeli harus bisa melihat jelas proses transaksinya agar mereka tahu kapan barang mereka akan sampai di tangan mereka.

k. Proses Pengembalian dan Penukaran Barang Harus Jelas

Pengembalian atau penukaran barang merupakan satu hal yang sering ditanyakan oleh para pembeli. Terkadang barang yang kita beli secara online memang berbeda dengan keadaan aslinya.

Untuk meredakan kekhawatiran pelanggan, buat sebuah halaman yang menjawab berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para konsumen.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat