Tips Belajar Javascript Untuk Mengembangkan Website

Tips Belajar Javascript Untuk Mengembangkan Website

Apa Itu JavaScript? Pemahaman Dasar Mengenai JavaScript bagi Para PemulaJogja One Solution – JavaScript dianggap mudah digunakan untuk membuat website yang menarik dan interaktif. Akibatnya, saat ini hampir semua website menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website mereka. Kemudahan yang ditawarkan membuat JavaScript saat ini tidak hanya digunakan pada sisi klien saja. JavaScript sudah bisa digunakan pada sisi server, mobile, game, aplikasi desktop, Internet of Things (IoT), dan lain sebagainya. Berikut ini tips belajar javascript untuk mengembangkan website.

 

 

 

Apa Itu Javascript?

Menurut pengertiannya, javascript adalah bahasa pemrograman yang sering kali dipakai dalam pembuatan website. Terlebih lagi dalam hal mendesain elemen front-end interaktif. Keberadaan dari javascript sangatlah populer dan sering kali dijadikan pilihan.

Hal ini tak luput dari beberapa kelebihan atau keunggulannya yang memang memudahkan para pembuat website untuk mengembangkan website mereka seperti misalnya:

1.Tidak Perlu Resource Memori Terlampau Besar

Resource memori yang kecil bisa mempermudah para web developer, sebab mereka justru bisa mengembangkan aplikasi dengan banyaknya fitur bermanfaat tapi tetap ringan. Selain itu, hal ini dapat membuat pemakaian RAM jadi lebih sedikit dan aplikasi yang dikembangkan jadi bisa dijalankan dengan lebih mudah dan tentunya lebih cepat.

2.Cukup Mudah Dipelajari

Meski cukup sulit bagi para pemula dalam belajar javascript, nyatanya dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain javascript justru sangatlah mudah dipelajari dan tidak terlalu rumit. Asalkan yang mempelajarinya benar-benar serius.

3.Lebih Mudah Dikembangkan Lagi

Ketika Anda membuat website atau aplikasi dengan memakai javascript, maka ia akan lebih mudah dikembangkan untuk selanjutnya. Tentu disesuaikan dengan adanya perkembangan teknologi yang ada.

4.Multi Platform

Keunggulan yang satu ini juga menjadi alasan yang mendasari mengapa harus belajar javascript. Sebab, javascript sendiri merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan secara multi platform. Anda bisa dengan mudah mengembangkannya di sistem operasi Linux, Windows, bahkan Android sekalipun.

Belajar Javascript

apa itu javascript

Setelah mengetahui berbagai keunggulan yang dimiliki oleh javascript dibanding bahasa pemrograman lain, mungkin Anda lebih bersemangat lagi dalam mempelajarinya saat ini.

Namun, sudah dikatakan bahwa itu semua tidak akan mudah dilakukan. Harus ada metode yang tepat bagaimana belajar javascript agar mudah dan menyenangkan. Berikut di bawah ini beberapa metode yang mungkin bisa Anda terapkan!

1. Memulai Dari Dasar

Dalam belajar javascript, memulai semuanya dari awal dan dari dasar sangatlah penting. Setidaknya Anda harus bisa menghafal dan mengingat dasar dari bahasa pemrograman yang satu ini sebelum benar-benar pergi ke tahap selanjutnya.

Tentunya untuk bisa memahami dengan baik, Anda harus mempelajarinya dengan serius dan juga teliti. Kalau perlu membuat catatan untuk setiap poin penting yang Anda temukan. Supaya di kemudian hari Anda bisa mempelajarinya lagi tentang inti dari javascript.

2. Mencoba Ikut Kursus Online

Agar bisa mempelajari javascript lebih dalam, Anda bisa mencoba untuk mengikuti kursus yang dilakukan dengan cara online. Ada beberapa kelebihan dari mengikuti kursus selain Anda akan dibimbing oleh mentor yang lebih berpengalaman. Salah satunya adalah supaya Anda mendapatkan teman atau orang-orang yang juga mempelajari javascript dan bisa Anda jadikan tempat untuk sharing alias diskusi.

Selain itu, dengan adanya kursus online Anda bisa lebih leluasa dalam belajar javascript. Sebab Anda tak harus terburu-buru menguasai semuanya. Misalnya saja Anda ingin belajar saat ada waktu luang di tengah kesibukan yang padat. Maka, kursus online akan sangat membantumu dalam hal ini.

3. Men-download Code Editor

Dalam dunia javascript, code editor sangatlah penting. Mungkin saja Anda bisa menulis coding pada browser tanpa harus memakai code editor. Namun, tak ada salahnya jika belajar menulis coding dengan bantuan code editor. Sebab, dengan begitu Anda bisa lebih mengembangkan skill yang Anda punya. Terlebih lagi jika Anda memang serius ingin berkarir menjadi seorang programmer.

4. Rajin Berlatih dan Tidak Takut Terhadap Kesalahan

Dalam mempelajari javascript, jangan pernah malas berlatih. Anda tidak bisa menguasai bahasa pemrograman paling terkenal ini hanya dengan membaca dan mengikuti kursus online saja. Karena jika hanya belajar mengenai teorinya saja, maka hal itu akan percuma.

Paling tidak Anda harus sering mengasah kemampuanmu dalam hal coding. Ketika melakukan kesalahan pun jangan lantas berputus asa. Karena dengan kesalahan tersebut Anda bisa memperbaikinya dan memahami javascript dengan lebih baik.

Penutup

Demikianlah yang bisa dijelaskan mengenai pengertian serta metode belajar javascript yang baik agar bahasa pemrograman tersebut semakin mudah dipelajari.

Meski banyak yang mengatakan bahwa javascript sangatlah sulit, bukan berarti ia tidak bisa dipelajari sama sekali. Anda hanya butuh sikap yang teliti dan sabar serta berulang-ulang agar semakin paham dengan bahasa pemrograman tersebut.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat