Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya

Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya

Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya

Media Massa: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Fungsi, dan Peran » Romeltea  OnlineJogja One Solution – Sebenarnya apa yang membuat new media disebut sebagai media yang baru? Seringkali kita merujuk media lama sebagai media massa yang terdiri atas radio, televisi, surat kabar, dan lain-lain yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum internet berkembang seperti sekarang, kita mendengarkan musik melalui radio atau kaset. Kita juga menonton jenis-jenis program televisi melalui  televisi, menonton film kesukaan melalui VCR atau DVD di rumah, dan lain sebagainya.  Berikut ini Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya

 

 

 

Pengertian New Media

Pengertian New Media

Internet, yang berkembang di era teknologi informasi, merupakan awal era baru pada seluruh aktivitas manusia. Seiring dengan kehadiran internet, banyak proses transformasi struktural dan fungsional yang berbeda, dimulai di bidang komunikasi dan media.

Perbedaan seperti media cetak dan audiovisual menghilang, menghasilkan struktur media yang terintegrasi dan rumit. Hal ini dikarenakan adanya new media. Teknologi yang berkembang pesat memicu revolusi informasi.

New media adalah media yang semua sudah dipengaruhi oleh teknologi. Di era informasi ini media sudah menyediakan platform langsung, informatif, cerdas, dan interaktif untuk menghasilkan ruang diskusi.

Teori new media mengubah sebagian besar perhatian pada ontologi media digital sebagai ciri khas yang akan menggantikan sejarah media di  abad kedua.

Pengertian New Media Menurut Para Ahli

Pengertian New Media Menurut Para Ahli

Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian new media menurut para ahli:

1.McQuail

New media adalah wadah dimana semua pesan komunikasi bisa terpusat dan mudah untuk disalurkan menggunakan teknologi internet dan melibatkan audiens untuk meningkatkan proses interaksi dan komunikasi.

2.Arshano Sahar

New media merupakan kehadiran media yang semuanya serba digital dan dipengaruhi oleh internet akibat teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang.

3.Abu Hassan Hasbullah

New media seperti ‘kepercayaan baru’ yang melintasi semua batas politik, ekonomi dan agama yang dipeluk oleh hampir semua orang di dunia. New media memiliki pengaruh besar terhadap generasi muda karena mereka paham IT dan memiliki ‘dorongan untuk tahu’.

Konsep New Media

Apa itu new media? Konsep new media pada dasarnya adalah hasil dari budaya dunia maya dengan teknologi komputer modern. Data digital dikendalikan oleh software dan teknologi komunikasi terkini yang semakin berkembang pesat.

Sebagian besar teknologi yang dideskripsikan sebagai “new media” bersifat digital, dan sering kali memiliki karakteristik dapat terhubung ke jaringan, dapat dikompres, interaktif dan tidak memihak. Contohnya adalah internet, situs web, CD-ROM dan DVD.

Kaum muda tertarik pada cara mudah mendapatkan informasi dengan segala sesuatu yang berbasis internet atau smartphone yang memberikan mereka informasi pilihan kapanpun, dimanapun.

Anak muda jadi tidak perlu menunggu jadwal siaran berita di televisi hanya untuk mendapatkan informasi. Blog, internet, portal berita online, Facebook, YouTube, podcast dan bahkan SMS, semuanya adalah media baru.

Karakteristik New Media

Karakteristik New Media

Ada 5 karakteristik utama new media, di antaranya adalah:

1.Digitalisasi

Digitalisasi juga dikenal sebagai digitalisme adalah ciri dari new media di mana hampir semua media komunikasi dan informasi sudah mengutamakan bentuk digital. Digitalisasi digunakan untuk mengartikan kondisi kehidupan dalam budaya digital yang dianalogikan dengan modernitas dan post-modernitas.

Dengan adanya new media, Anda dan masyarakat lainnya bisa mengakses informasi yang bisa didapatkan dengan seketika melalui penyimpanan informasi gelombang ketiga.

2.Konvergensi

Konvergensi adalah ciri selanjutnya dari hadirnya new media. Ini adalah penggabungan komunikasi massa cetak, televisi, radio, internet bersama dengan teknologi portabel dan interaktif melalui berbagai platform media digital. Konvergensi media bertujuan memberikan pengalaman yang dinamis.

Masyarakat yang kaya teknologi telah memasuki era digital, dan industri media bergulat dengan peluang baru  dan ancaman  yang ditimbulkan oleh apa yang disebut “konvergensi”.

Orang-orang media cenderung sangat bersemangat tentang konvergensi, karena konvergensi sangat menjanjikan. Perpaduan berbagai media yang berbeda, menggabungkan layanan baru yang dipersonalisasi sangat memudahkan siapapun mencari informasi.

3.Interaktivitas

Interaktivitas adalah proses komunikasi yang terjadi antara manusia dengan platform-platform media. Dengan karakteristik ini, new media bisa menghubungkan pesan pesan yang terhubung satu sama lain.

4.Virtuality

New media juga menghadirkan virtuality, adanya kehadiran dalam platform online yang memudahkan Anda untuk berhadapan langsung pada objek yang Anda hubungi secara virtual.

5.Hypertextuality

Hypertextuality, merupakan inti dari dokumen Internet, dibuat oleh bahasa markup hypertext sederhana (HTML). Ciri dari new media adalah beritanya pasti menggunakan hyperlink internal dan eksternal. Sejauh mana (bagian dari) pesan terhubung satu sama lain

New media berbeda dari media lama, karena isi beritanya tidak bisa ditautkan ke platform media tertentu. Oleh sebab itu, new media memiliki karakteristik hypertextuality, tulisannya lebih dapat ditransfer dari perangkat ke perangkat. Informasinya juga dapat disimpan secara elektronik daripada harus disimpan secara fisik.

Perkembangan New Media

Perkembangan New Media

Zaman dahulu, televisi dan radio telah berpengaruh pada kehidupan dan rutinitas sehari-hari orang, memengaruhi konten dan waktu menonton dan mendengarkan.

Media massa setidaknya memiliki tiga peran penting: menginformasikan, mendidik, dan mempengaruhi opini. Sayangnya, ciri khas media tradisional ini mendapat tantangan dari new media yang mengubah kebiasaan khalayak.

Perkembangan new media semakin pesat karena teknologi juga ikut berkembang. New media berbeda dari media lama karena lebih personal dan sosial. Dengan new media, siapapun bebas untuk menuangkan opini yang tidak bisa didapatkan dari media konvensional.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat