Teknologi AI (Artificial Intelligence) yang digunakan Aplikasi Faceapp

Teknologi AI (Artificial Intelligence) yang digunakan Aplikasi Faceapp

Teknologi yang digunakan Aplikasi Faceapp – FaceApp adalah aplikasi edit foto yang bisa mengubah wajah menjadi tampilan yang sangat berbeda. Misalnya, selain bisa mengubah wajah menjadi lebih tua, FaceApp bisa mengubah wajah kita menjadi lebih muda, berbeda gender, hingga menambahkan makeup. 

FaceApp

Beberapa hari terakhir, aplikasi FaceApp sukses menjadi viral dan trending topic di seluruh dunia. Apalagi banyak pengguna yang memviralkan tantangan #AgeChallenge, termasuk di Indonesia.

Sebenarnya, FaceApp bukan aplikasi baru di dunia digital. Pada tahun 2017 aplikasi ini sempat viral di Indonesia namun dengan format yang berbeda. Jika di tahun 2019 FaceApp viral dengan satu foto, di tahun 2017, format hasil FaceApp berbentuk kolase empat foto dengan hasil yang berbeda.

Baca Juga :

Penerapan IoT (Internet of Things) dalam bidang Kesehatan Medis.

Mengenal tentang Google Cloud Platform

FaceApp sendiri memiliki beberapa efek, seperti memberikan efek cerah pada kulit, mengubah wajah anda menjadi versi wanita dan pria sesuai pilihan, serta yang sedang populer saat ini, mengubah wajah Anda menjadi versi tua wajah Anda.

FaceApp memungkinkan Anda menyimpan sejumlah foto yang telah dipilih pengguna dalam waktu yang singkat, untuk mendukung “performa dan lalu lintas”, misalnya melihat apakah pengguna mengunggah foto yang sama berulang kali.

Dengan kepopuleran yang didapat oleh FaceApp, sejumlah aplikasi tiruan-yang kurang dikenal-tiba-tiba melesat dan bertengger pada posisi teratas di App Store dan Google Play.

Bagaimana Cara Kerja FaceApp?

Pihak FaceApp sudah pernah membahas mengenai teknologi yang digunakan, salah satu teknologi utamanya adalah AI atau kecerdasan buatan berbasis neural network. Teknologi ini memiliki kemampuan kecerdasan buatan menyerupai kerja otak manusia.

Teknologi ini juga sudah digunakan di aplikasi lain seperti Meitu yang sempat viral, dan tentunya Snapchat yang kemudian ditiru Instagram. Namun, Goncharov menyatakan bahwa FaceApp tidak menggunakan filter seperti di media sosial.
Kemampuan deep learning membuat modifikasi wajah di foto mampu menganalisis struktur atau hal identik dari wajah sehingga hasil foto menggunakan FaceApp terlihat sangat asli. Ini yang dimaksud dengan photorealism.
Jadi teknologi juga melakukan proses analisis dan belajar atau machine learning. Berbeda dengan menggunakan filter yang hasil foto modifikasi masih terlihat mirip atau malah sangat palsu.

Baca Juga :

Mengenal Platform Microsoft Azure

Mengenal Platform Amazon Web Services (AWS)

Terdapat beberapa teknologi yang dapat dikembangkan layaknya faceapp. berikut daftarnya :

Neural Network

Cabang ilmu kecerdasan buatan cukup luas, dan erat kaitannya dengan disiplin ilmu yang lainnya. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aplikasi yang merupakan hasil kombinasi dari berbagai ilmu. Seperti halnya yang ada pada peralatan medis yang berbentuk aplikasi. Sudah berkembang bahwa aplikasi yang dibuat merupakan hasil perpaduan dari ilmu kecerdasan buatan dan juga ilmu kedokteran atau lebih khusus lagi yaitu ilmu biologi.

Neural Network merupakan kategori ilmu Soft Computing. Neural Network sebenarnya mengadopsi dari kemampuan otak manusia yang mampu memberikan stimulasi/rangsangan, melakukan proses, dan memberikan output. Output diperoleh dari variasi stimulasi dan proses yang terjadi di dalam otak manusia. Kemampuan manusia dalam memproses informasi merupakan hasil kompleksitas proses di dalam otak. Misalnya, yang terjadi pada anak-anak, mereka mampu belajar untuk melakukan pengenalan meskipun mereka tidak mengetahui algoritma apa yang digunakan. Kekuatan komputasi yang luar biasa dari otak manusia ini merupakan sebuah keunggulan di dalam kajian ilmu pengetahuan.

Baca Juga :

5 Platform IoT yang paling populer di tahun 2018

Kenali CMS Populer

Deep learning

Deep learning telah berdampak pada kemajuan perkembangan AI secara signifikan. Bukan hanya perangkat lunak, namun penggunannya telah merambah berbagai industri yang lain.

Facebook pun menggunakan deep learning pada M, asisten virtual berbasis AI yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas-tugas mereka seperti melakukan penelitian, memesan kursi penerbangan, dan memesan kopi.

Google menggunakan sistem deep learning yang bernama RankBrain untuk menyaring hasil pencarian. Hal ini berjalan beriringan dengan sejumlah metode konvensional, seperti yang telah diuraikan oleh Bloomberg

Sistem ini semakin bermanfaat dan kini berada di posisi tiga besar faktor hasil pencarian Google, di luar tautan dan konten.

Apakah sistem yang mampu mengidentifikasi bila yang terlihat adalah kucing? Itulah deep learning.

Machine learning

Machine learning adalah cabang aplikasi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang focus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar “sendiri” tanpa harus berulang kali di program oleh manusia.

Aplikasi Machine learning membutuhkan Data sebagai bahan belajar (training) sebelum mengeluarkan output. Aplikasi sejenis ini juga biasanya berada dalam domain spesifik alias tidak bisa diterapkan secara general untuk semua permasalahan.

Baca Juga :

Elemen Penting saat Desain Web

Instagram Media Sosial Bahaya Untuk Mental

OpenCV

Computer Vision adalah kemampuan mesin/komputer dalam melihat hingga mampu meng-ekstrak informasi dari sebuah gambar. Salah satu bidang yang berkaitan dengan Computer Vision adalah Pengolahan Citra atau biasa disebut Image Processing. 

OpenCV adalah sebuah library (perpustakaan) yang digunakan untuk mengolah gambar dan video hingga kita mampu meng-ekstrak informasi didalamnya. OpenCV dapat berjalan di berbagai bahasa pemograman, seperti C, C++, Java, Python, dan juga support diberbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS, iOS dan Android.

Deteksi Wajah via devtrick.com

Gambar diatas merupakan hasil Deteksi Wajah menggunakan OpenCV, dimana kotak berwarna biru menandakan bahwa itu adalah sebuah wajah.  Contoh lain pengaplikasiannya bisa seperti pembaca Plat Nomor kendaraan, atau kita bisa membuat sebuah aplikasi realtime untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas, dsb.

Baca Juga :

Perkembangan Teknologi

Bocoran Tentang OS Fuchsia, OS Baru Pengganti Android Buatan Google

Face Detection & Face Recognition

Dalam bidang ilmu komputer, kedua istilah tersebut merupakan bidang penelitian yang berbeda. Dalam situs ensikopedia online wikipedia

Face detection

Face detection atau deteksi wajah adalah teknologi komputer yang menentukan lokasi dan ukuran wajah manusia yang terkandung di dalam sembarang citra digital. Teknologi ini hanya mendeteksi keberadaan wajah dan menghiraukan objek lainnya seperti bangunan, pepohonan, dan tubuh manusia itu sendiri.

Face detection

Face recognition

Sedangkan teknologi face recognition atau pengenalan wajah merupakan bidang penelitian yang banyak diminati sejak tahun 1960an. Pada dasarnya teknologi ini digunakan untuk mengenali/mengidentifikasi wajah seseorang yang diambil dari citra digital atau frame video berdasarkan pelatihan (training) citra wajah yang ada pada database wajah. Database wajah yang telah dibangun sebelumnya digunakan untuk mencocokkan satu persatu ciri wajah yang telah tersimpan dengan ciri wajah seseorang yang akan diidentifikasi.

Face Recognition

Image processing

Image processing adalah suatu bentuk pengolahan atau pemrosesan sinyal dengan input berupa gambar (image) dan ditransformasikan menjadi gambar lain sebagai keluarannya dengan teknik tertentu. Image processing dilakukan untuk memperbaiki kesalahan data sinyal gambar yang terjadi akibat transmisi dan selama akuisisi sinyal, serta untuk meningkatkan kualitas penampakan gambar agar lebih mudah diinterpretasi oleh sistem penglihatan manusia baik dengan melakukan manipulasi dan juga penganalisisan terhadap gambar.

Baca Juga :

Framework Terbaik untuk para Developer Web

Saatnya beralih menggunakan Linux !! Inilah alasannya

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat