Solusi Bisnis Menguntungkan

“Banyak jalan menuju roma” layaknya pepatah tersebut, masih banyak cara untuk mengatasi berbagai macam masalah. Nasihat tersebut cukup populer dan dapat dijadikan sebagai motivasi agar Anda semakin kuat dan yakin dapat terus menjalankan usaha dan mengatasi masalah-masalah yang timbul meskipun kondisi sedang sulit atau krisis.

Salah satu kunci keberhasilan perusahaan untuk tetap menjalankan usahanya yakni mengenai pemasarannya. Meskipun kondisi dalam masa sulit, pendapatan mulai menurun, penjualan menurun serta daya beli masyarakat menurun, Anda harus tetap melakukan pemasaran dan jangan pernah berhenti untuk melakukan pemasaran. Strategi pemasaran tidak boleh dihilangkan saat perusahaan dalam masa sulit bahkan seharusnya strategi pemasaran masa sulit harus lebih baik dari masa sebelumnya. Apa saja strategi pemasaran di masa sulit atau krisis? Simak cara-cara berikut ini

Baca juga : Pemasaran Online Unik

Pemasaran dengan Biaya Rendah

Pada masa-masa sulit, menekan biaya merupakan hal yang harus dilakukan. Oleh karena itu, Anda juga dapat  menerapkan strategi pemasaran dengan biaya rendah bahkan jika mungkin gratis tanpa biaya. Di era digitalisasi seperti sekarang, metode pemasaran dengan biaya rendah atau gratis akan mudah dijalankan. Sehingga Anda harus memanfaatkan semua social media. Selain itu, ada pula strategi pemasaran lain dengan biaya rendah seperti frequent program, public relation, up-selling dan pemasaran lokal dapat menjadi referensi.

Baca juga : Website Pendukung Pemasaran Online

Mengubah Menu

Mengubah menu ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan keuntungan untuk usaha kuliner. Buatlah daftar menu yang kurang dan tidak diminati kemudian ubah menu tersebut dengan ide-ide baru tetapi usahakan biaya bahan bakunya rendah. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi porsi produk Anda yang sangat laku. Dengan begitu, Anda akan tetap mendapatkan keuntungan.

Hindari Program Diskon

Jika biasanya diskon diberikan untuk menarik perhatian pembeli atau konsumen. Pada masa sulit, lebih baik Anda tidak memberikan program diskon karena program diskon dapat berdampak buruk di masa depan. Jika di masa sulit Anda memberikan diskon, kemudian pada saat normal harga kembali normal maka pelanggan atau konsumen akan merasa harga tersebut lebih mahal dan mereka tidak tertarik membeli produk karena menunggu ada diskon lagi.

Baca juga : Kendala Pemasaran Online

Fokus pada Pelayanan

Meskipun Anda sedang pusing memikirkan perusahaan, namun tetaplah berikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan atau konsumen. Terlebih untuk pelanggan yang secara reguler memang menggunakan produk Anda. Memberikan pelayanan yang terbaik dapat mempertahankan pelanggan untuk tetap membeli produk. Anda juga dapat memberikan produk tambahan seperti minuman, permen, kue atau apapun sambil menunggu antrian.

Baca juga : Kesalahan yang Harus Dihindari Pada Pemasaran Anda

Memberikan Solusi pada Pelanggan

Dalam kondisi ekonomi yang buruk atau sedang mengalami krisis, yang mendapatkan dampak bukan hanya pengusaha tetapi juga masyarakat keseluruhan. Jadi yang merasakan kesulitan ekonomi sebenarnya bukan hanya Anda. Anda dapat menggunakan kesempatan itu sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan. Berikan relaksasi lebih dari yang usaha bisnis Anda berikan pada saat keadaan normal. Contohnya, misal usaha Anda bergerak di bidang makanan dan minuman, maka Anda dapat memberikan menu makanan pembuka atau penutup dengan gratis. Tentu saja dengan perhitungan menu tersebut memiliki biaya yang cukup rendah dalam pembuatannya.

Baca juga : Fungsi Strategi Pemasaran