Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

sumber : bisnisukm.com

STATEGI PEMASARAN

Jogja One Solution – Pemasaran dalam suatu perusahaan atau bisnis. Tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Tidak sembarangan disini alam artian, harus menggunakan stategi dan teknik dengan tepat. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami ingin sekali mengulas tentang strategi pemasaran.

Baca juga : Jenis Media Pemasaran

Berikut adalah beberapa jenis strategi pemasaran yang sering digunakan:

1. Iklan berbayar

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Iklan menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk skala luas – EKRUT

Pada iklan berbayar, perusahaan membayar penyedia ruang iklan agar bisa menampilkan produknya di ruang tersebut. Harga yang dibayarkan biasanya ditentukan melalui negosiasi antara marketer dan penyedia ruang iklan.

Iklan berbayar terdiri dari beberapa kategori, di antaranya iklan display atau bannerpay-per-impression (PPI), dan pay-per-click (PPC). Cara ini sangat efektif bagi perusahaan yang ingin menunjukkan namanya ke audiens dengan skala luas.

Baca juga : Perkembangan Pemasaran

2. Pemasaran transaksional

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Contoh strategi pemasaran transaksional adalah melalui pemberian diskon – EKRUT

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan terbesar sekalipun adalah memenuhi target penjualan. Namun, keberadaan strategi pemasaran transaksional ternyata cukup efektif mengatasi masalah ini.

Perusahaan yang menggunakan strategi ini mampu menarik konsumen melalui kupon belanja, diskon, promosi, dan acara-acara besar. Akhirnya, konsumen tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.

Baca juga : Tujuan Pemasaran

3. Pemasaran media sosial

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Pemasaran media sosial menjadi pilihan yang harus dilakukan di era seperti sekarang – EKRUT

Saat ini, lebih dari 2,8 miliar orang aktif menggunakan media sosial. Pemasaran media sosial juga mudah digunakan, irit biaya, dan bisa menyasar banyak target sehingga strategi ini dapat diterapkan oleh berbagai perusahaan.

Pemasaran media sosial berfokus pada penggunaan situs atau aplikasi social networking seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya. Mengingat cakupannya begitu luas, perusahaan dapat membangun brand dalam waktu cepat.

4. Pemasaran interaktif

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Strategi pemasaran konten salah satunya dengan media sosial dapat membantu menarik konsumen – EKRUT

Strategi pemasaran interaktif melibatkan partisipasi konsumen dalam proses pemasaran itu sendiri. Contoh, perusahaan dapat mencantumkan nama konsumen atau kustomisasi lainnya pada produk edisi terbatas.

Metode ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai suatu produk atau layanan. Dengan begitu, permintaan konsumen atas produk atau layanan tersebut akan meningkat.

5. Pemasaran konten

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Pemasaran konten dimaksudkan agara konsumen berminat pada produk dengan memberi informasi yang dibutuhkan – EKRUT

Jenis strategi pemasaran selanjutnya adalah pemasaran konten. Strategi ini berfokus untuk menciptakan serta mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten guna menarik konsumen. Alih-alih melakukan penawaran langsung, perusahaan justru memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen sehingga mereka berminat terhadap suatu produk.

Pemasaran melalui konten dapat diterapkan oleh perusahaan kecil maupun besar. Agar konten yang diciptakan berkualitas tinggi dan mampu menarik minat konsumen, perusahaan harus memiliki pembuat konten yang kompeten.

6. Search Engine Optimization (SEO)

jenis strategi pemasaran - EKRUT
SEO berkaitan dengan pemasaran konten – EKRUT

SEO adalah proses memperoleh traffic dari hasil pencarian organik, editorial, maupun bebas pada mesin pencari. Strategi ini berkaitan erat dengan pemasaran konten, bahkan turut menentukan apakah suatu konten dapat dikatakan berkualitas.

Konten yang memenuhi SEO akan menempati posisi atas pada hasil pencarian. Jika konten tersebut naik dengan pesat, perusahaan akan mendapatkan traffic yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan brand awarenes sehingga jumlah konsumen turut bertambah.

7. Email Marketing 

jenis strategi pemasaran - EKRUT
Email marketing yang efektif harus dapat menarik perhatian audiens – EKRUT

Email marketing  adalah prosedur yang dilakukan marketer untuk mencapai tujuan pemasaran dengan mengirimkan email advertising kepada beberapa pelanggan atau audiens yang menjadi target bisnis.

Meski terbilang efektif, namun kamu harus memperhatikan strategi yang tepat dalam melakukan email marketing. Pasalnya, dengan  judul dan konten yang tidak menarik, serta pengiriman yang terlalu sering akan membuat email marketing kamu justru tidak dibuka, masuk spam atau bahkan langsung dihapus target audiens.

Adapun berbagai macam email marketing biasa digunakan dalam strategi pemasaran seperti newsletter email, press release email, dan email transaksional.

Strategi pemasaran bermanfaat untuk mempermudah proses promosi produk serta layanan. Perusahaan juga dapat memperoleh target konsumen dengan cepat guna menunjang pertumbuhan bisnis di masa yang akan datang.

Suatu perusahaan dapat memilih lebih dari satu jenis strategi pemasaran selama semua strategi ini berjalan secara sinergis. Dengan mempertimbangkan brand awareness, perusahaan harus memastikan bahwa produk maupun layanan yang dimilikinya telah sesuai dengan jenis strategi pemasaran yang dipilih.

sumber artikel : https://www.ekrut.com/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat