Strategi Pemasaran Produk(Marketing)

Strategi Pemasaran Produk(Marketing)

Strategi Pemasaran Produk(Marketing)

Jika kita ingin memasarka sebuah produk sebelimnya kita harus mengetahui strategi pada marketing terlebih dahulu agar pemasaran produk pun akan berjalan dengan lancar.

Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana strategi pemasaran produk yang baik dan benar, khususnya trik dan teknik marketing secara online, pada dasarnya ada 3 alasan seseorang membeli suatu produk atau jasa, yang pertama karena ia butuh (produk yang berupa kebutuhan/needs), kedua karena ia menginginkannya (hasrat/passion), dan yang ketiga karena ia memiliki ketakutan-ketakutan tertentu dan membutuhkan jaminan (fear).

Jadi 3 alasan utama seseorang membeli yaitu berdasarkan:

– Kebutuhan (needs)
– Keinginan/hasrat (passion)
– Rasa takut/keamanan (fear)
Biasanya barang yang bersifat kebutuhan/needs seperti makanan pokok, pakaian, dan lainnya sudah didominasi oleh pemain-pemain besar (brand/perusahaan besar), maka dari itu kita akan coba mempelajari pendekatan yang berikutnya yaitu passion & fear. Lucunya adalah terkadang produk-produk yang sifatnya passion/fear lebih sering dibeli dan laku ketimbang yang bersifat kebutuhan/needs karena sebagian besar orang lebih mementingkan emosi dan perasaannya ketimbang apa yang betul-betul mereka perlukan. Contoh produk yang berupa “passion” itu seperti video-video YouTube yang sering Anda tonton, gadget-gadget high class, dan berbagai macam karya seni lainnya, contoh produk yang berupa “fear” itu seperti asuransi kesehatan, pengobatan alternatif, dan obat pengurus/peninggi badan.

Pertanyaannya mengapa barang ini bisa laku padahal orang-orang tidak terlalu membutuhkan produk tersebut? Tentunya ada stategi pemasaran dan promosi yang bermain dibalik ini semua, biasanya ada 3 faktor utama yang membuat penjualan dan trik marketing ini bisa sukses, yaitu:

-Ketakutan (menciptakan rasa keputusasaan, hopeless, dan urgency)
-Harapan (menjelaskan cara keluar dari masalah yang ada)
-Solusi (pemecahan masalah dan jalan keluar)


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat