Strategi Pemasaran Melalui Blog

Strategi Pemasaran Melalui Blog

Strategi Pemasaran Melalui Blog

target

Jogja One Solution – Setiap pembisnis online pasti memunyai strategi, salah satu nya adalah strategi marketing atau strategi pemasaran. Saat ini masih banyak para pembisnis online yang kurang maksimal dalam pemasaran produknya. Karena dunia pemasaran akan selalu berkembang sejalan dengan perkembangan dunia teknologi dan internet. Ketika anda menggunakan internet untuk media promosi, Anda harus tetap waspada terhadan strategi pemasaran yang tidak Update.

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Nah, agar strategi pemasaran melalui blog efektif dan membuahkan hasil yang optimal, berikut adalah beberapa tips penting yang patut Anda perhatikan.

Tips Tips Strategi pemasaran

1.   Tulis Konten yang Beragam

Konten yang beragam berperan besar dalam meningkatkan traffic ke website bisnis Anda. Jadi, dalam mengisi post di blog, pastikan Anda menerbitkan beberapa jenis tulisan, seperti misalnya tentang “bagaimana cara”, “list”, hingga artikel yang cukup berbobot.

2.   Tulis Konten yang Kekinian

Agar menarik minat pembaca, Anda tentu harus menulis konten-konten “kekinian” yang tetap relevan dengan brand atau bisnis Anda. Dengan menulis artikel-artikel yang sedang hangat dan ramai diperbincangkan, maka akan semakin banyak pembaca yang ingin membaca tulisan Anda dan membagikannya ke akun media sosial mereka.

3.   Gunakan Headline atau Judul yang Menggoda

Headline memiliki peran yang sangat vital dalam strategi pemasaran melalui blog karena hal ini seringkali menjadi penentu dibaca atau tidaknya suatu tulisan. Ketika sebuah konten diposting, yang muncul pertama kali di hasil pencarian mesin pencari adalah judulnya. Meskipun isi tulisan sebenarnya berbobot, tetapi jika headlinenya tidak cukup menarik untuk diklik, maka isi dari tulisan tersebut tak ada lagi nilainya.

Contohnya seperti ini, jika ada dua artikel dengan judul “Cara Meningkatkan Traffic Web” dan “Inilah 5 Langkah Meningkatkan Traffic Web hingga 216%”, manakah yang akan Anda pilih? Jika Anda mengklik judul yang kedua, berarti pemikiran Anda sama dengan 90 persen manusia normal lainya.

Nah, agar dapat membuat judul yang viral, sebaiknya perhatikan tips 4U berikut ini.

  • Useful – dapat memberkan manfaat untuk pembaca
  • Urgency – memiliki kesan mendesak, darurat, atau penting
  • Unique – menyajikan pembahasan atau ide utama dari sudut pandang yang berbeda dari konten kebanyakan
  • Ultra Specific – ditulis dengan sangat spesifik

4.   Gunakan Video, Gambar, serta Infografis

Inilah-sumber-terbaik-untuk-pemasaran-online-dan-SEO

 

Semakin beragam konten visual yang dihadirkan di dalam suatu artikel, maka akan semakin besar pula kemungkinan pembaca untuk menyebarkan artikel tersebut ke akun media sosialnya.

Beberapa pembaca ada yang menyukai informasi dalam bentuk video, gambar dan tulisan, atau infografis. Karenanya, jika Anda menyajikan konten visual yang beragam, hal itu dapat mengakomodasi para pembaca yang memiliki preferensinya berbeda-beda.

5.   Tambahkan Internal Link

Link atau tautan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi algoritma penentuan peringkat dari mesin pencari. Karenanya, akan sangat baik jika Anda memasukkan internal link atau tautan ke konten-konten Anda lainnya di setiap tulisan.

Peran-Vital-Internal-Linking-Dalam-Upaya-SEO-Website

Misalnya seperti ini, jika Anda membahas tentang digital marketing, Anda bisa menambahkan link pada frasa “strategi content marketing” agar terhubung dengan artikel lainnya yang membahas tentang strategi content marketing.

6.   Tambahkan Share Buttons

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, semakin banyak orang yang menyebarkan tulisan Anda, maka akan semakin tinggi pula traffic web yang akan Anda dapatkan.

Karenanya, agar pembaca dapat membagikan tulisan Anda ke media sosial mereka, Anda juga harus menyediakan social share buttons di posisi yang mudah terlihat dan tidak menyulitkan pembaca untuk membagikan tulisan.

7.   Kenali Target Pembaca Anda

Mengenali pembaca blog merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan agar bisa menentukan topik tulisan. Untuk melakukan hal ini, salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah Google Analytics. Melalui Google Analytics, Anda dapat melihat sejumlah informasi mengenai pengunjung blog Anda, mulai dari umur, jenis kelamin, hingga ketertarikan mereka.

Dari informasi tersebut, selanjutnya Anda bisa menentukan jenis tulisan yang cocok untuk para pembaca. Misalnya jika mayoritas pembaca blog Anda adalah wanita yang berumur 35 sampai 44 tahun, maka topik tulisan yang bisa Anda pilih adalah tentang fesyen, kecantikan, perlengkapan rumah tangga, ataupun kesehatan wanita.

Jika Anda dapat membaca kebutuhan serta ketertarikan pembaca, tulisan yang Anda bagikan tentu juga akan semakin berguna bagi mereka. Dengan begitu, loyalitas mereka terhadap bisnis Anda pastinya juga akan terjaga.

8.   Guest Blogging

Guest blogging adalah salah satu strategi pemasaran online yang dilakukan dengan cara menulis konten untuk dipublikasikan ke blog orang lain yang bukan milik Anda. Sejak tahun 2016, strategi ini menjadi salah satu tren digital marketing yang banyak diterapkan oleh para bebisnis dan marketer untuk meningkatkan brand awareness bisnis mereka.

Guest-Blogging--Cara-Nomer-Satu-Untuk-Membangun-Kualitas-Link-Dan-Mendapatkan-Traffic

Salah satu perusahaan yang sukses menerapkan strategi ini adalah Intel. Saat itu, Intel mempekerjakan Ekaterina Walter, seorang guest blogger yang juga berkontribusi dengan The Next Web, Mashable, Fast Company, serta blog-blog besar lainnya.

Yang dikerjakan Ekaterina adalah membangun personal brandnya sendiri. Namun di kesempatan yang sama, ia juga membuat tulisan tentang bagaimana dirinya senang bekerja di Intel. Hasilnya, Intel sukses membangun kredibilitas perusahaan dan Ekaterina sukses menjadi selebriti media sosial.

Menerapkan Teknik Optimasi SEO

Berdasarkan data dari Hubspot, 80 persen traffic sebuah website dimulai dari pencarian yang dilakukan melalui mesin pencari. Karenanya, teknik optimasi SEO (Search Engine Optimation) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan traffic sebuah website.

Ahli-SEO-Bagaimana-Mendapatkan-Website-Law-Firm-Anda-di-Halaman-1-Google

Namun, teknik optimasi SEO sebaiknya juga tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab, jika Anda terlalu berusaha keras memanipulasi mesin pencari dengan memberikan persentase khusus untuk kemunculan keyword, artikel Anda bisa jadi malah akan dianggap spam. Yang lebih parah lagi, pembaca akan tidap puas dengan artikel yang Anda sajikan karena terlalu kaku dan tidak human friendly.

Perlu diingat, Anda menulis artikel untuk menusia, bukan untuk mesin. Jadi, yang harus menjadi fokus utama Anda dalam menulis artikel adalah untuk memuaskan manusia. Ketika pembaca sudah puas, maka secara sendirinya Google juga akan menempatkan artikel Anda di puncak. Dalam teknik optimasi SEO modern, artikel yang SEO friendly adalah artikel yang human friendly.

Di samping itu, dalam memilih keyword, pastikan untuk memilih keyword dengan volume pencarian yang tinggi. Caranya, setiap kali akan membuat konten baru, masukkan topik yang ingin Anda tulis ke Google Keyword Planner dan kemudian gunakan kombinasi kata dengan volume pencarian yang paling besar sebagai keyword utama pada bagian judul, tubuh artikel, serta meta description.

Semoga bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat