Strategi Instagram Marketing Paling Efektif

Strategi Instagram Marketing Paling Efektif

Strategi Instagram Marketing Paling Efektif

4 Strategi Marketing Instagram 2021 Paling Efektif - Tanyadigital.comJogja One Solution – Instagram adalah media sosial yang cukup populer di kalangan generasi milenial dan generasi Z. Bukan hanya sekedar media berbagi kehidupan pribadi, Instagram juga sering menjadi tempat jual beli. Berdasarkan riset dari Impact, 72% orang membeli suatu produk setelah mereka melihat produk tersebut di Instagram. Ini membuktikan bahwa Instagram menjadi media sosial yang paling efektif untuk digunakan sebagai digital marketing. Berikut ini strategi instagram marketing paling efektif.

 

 

 

Strategi Instagram Marketing

Strategi Instagram Marketing

1.   Gunakan Akun Instagram Bisnis

Hal pertama yang wajib terlakukan saat Anda ingin memulai instagram marketing adalah mendaftar akun Instagram bisnis. Pada mei tahun 2016 lalu, Instagram mengenalkan fitur bernama Instagram for Business yang membantu pelaku bisnis untuk membangun brand mereka secara profesional Instagram. Dengan akun instagram bisnis, Anda akan mendapatkan banyak fitur keren yang bisa tergunakan untuk kesuksesan instagram marketing bisnis Anda. Salah satu fitur yang paling populer dari akun Instagram bisnis adalah fitur Insights. Fitur ini adalah analytics tool yang memudahkan Anda untuk menganalisa performa konten akun Anda.

Dengan Insights, user bisa melacak berapa impressions, reach, dan engagement yang mereka dapatkan  sebuah postingan.

Fitur ini juga membantu Anda melihat informasi lebih detail tentang followers akun Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten yang ada pada akun Anda. Cara mendaftar akun Instagram bisnis sebenarnya cukup mudah. Anda hanya memerlukan akun Instagram dan akun facebook dari bisnis Anda. Lalu, masuk ke akun Instagram Anda dan buka Pengaturan. Pilih Akun dan scroll halaman tersebut sampai Anda menemukan pilihan Beralih ke Akun Profesional. Nantinya, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram tersebut dengan halaman facebook dari bisnis Anda dan selesai! Anda telah berhasil mendaftar akun Instagram bisnis.

2.   Buat Akun Instagram Anda Semenarik Mungkin 

Untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda, buatlah akun tersebut menjadi semenarik mungkin. Profil yang menarik dan profesional akan membantu Anda menarik calon konsumen. Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih username yang simpel dan mudah untuk diingat. Idealnya username harus berkaitan dengan bisnis Anda. Kedua, gunakan foto profil brand Anda yang profesional. Jika Anda mempunyai logo brand, lebih baik gunakan logo tersebut sebagai foto profil akun Anda. Hal ini akan membantu akun Anda untuk terlihat lebih profesional.

Langkah yang terakhir adalah untuk membuat bio akun bisnis Anda. Instagram memberikan Anda 150 karakter untuk menjelaskan apa bisnis Anda serta manfaat yang akan didapatkan konsumen darinya. Untuk itu, tulis bio yang pendek tapi menarik dan informatif. Bahkan jika Anda mau, Anda juga bisa memasukan CTA (call to action) dan link yang akan membawa pelanggan ke landing page bisnis Anda.

3.   Tentukan Guidelines Akun Instagram Anda 

Strategi penting lainnya adalah untuk menentukan guidelines dari akun bisnis Anda. Guidelines adalah acuan resmi yang akan digunakan dalam setiap aktivitas yang ada pada akun tersebut. Hal ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan akun instagram bisnis Anda. Bagaimana cara Anda menarik konsumen? Tipe bahasa apa yang Anda gunakan pada akun tersebut? Konten seperti apa yang akan tampilkan? Dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan ini, Anda harus mengenal betul tentang bisnis Anda. Jika Anda mempunyai tim social media strategist, akan lebih baik untuk menentukan guidelines bersama tim Anda.

4.   Pahami Jenis Postingan di Instagram

Untuk bisa melakukan Instagram marketing dengan baik, tentunya Anda juga harus memahami jenis konten yang bisa Anda tampilkan di Instagram. Di Instagram, konten dibagi menjadi 4 jenis: Instagram feed, Instagram stories, Instagram live, dan Instagram TV.

Berikut penjelasan singkat dari keempat konten utama Instagram:

  • Instagram feed — foto dan video yang ada pada akun Instagram seseorang. Feed adalah dimana Anda akan melihat semua postingan dari akun tersebut.
  • Instagram stories — konten singkat yang berada di atas Instagram feed. Konten ini biasanya adalah cuplikan singkat yang hanya akan bertahan selama 24 jam.
  • Instagram live — dimana Anda bisa melakukan siaran langsung, biasanya Instagram live tergunakan untuk melakukan giveaways atau sesi tanya jawab.
  • Instagram TV — konten video yang biasanya mempunyai durasi lebih dari satu menit dan tidak bisa tertampilkan pada Instagram feed. Bekerja kurang lebih seperti YouTube.

5.   Terus Berinteraksi dengan Target Audiens

Satu strategi Instagram marketing lainnya yang wajib terlakukan adalah untuk berinteraksi dengan target audiens Anda. Sosial media platform adalah tempat dimana orang suka bersosialisasi dengan sesama. Dengan berinteraksi dan melibatkan audiens Anda, Anda secara tidak langsung menciptakan hubungan yang lebih personal dari brand Anda dan audiens.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat