Solusi Website Susah Diakses

Solusi Website Susah Diakses

Solusi Website Susah DiaksesSOLUSI WEBSITE SUSAH DIAKSES

Website Tidak Bisa Diakses – Jika kita akan mengakses website atau situs-situs lainnya. Salah satu yang diperlukan adalah koneksi internet bukan? Kita memang diharuskan untuk online. Namun tidak hanya itu, website atau situs lainnya akan mengalami hal yang sama. Yaitu tidak bisa diakses dengan kendala server yang error. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Website Tidak Bisa Diakses

Selain server down, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan situs tidak bisa diakses. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang perlu anda ketahui.

1. Kelebihan Trafik

Image: pexels.com

Penyebab situs tidak bisa diakses pertama yakni dikarenakan kelebihan trafik. Kejadian ini sangat umum terjadi, apalagi jika server situs anda memang memiliki bandwidth kecil atau terbatas. Kelebihan trafik ini biasanya disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang masuk ke situs. Bisa jadi karena kondisi postingan atau situs yang berhasil viral, sehingga trafik membludak namun sayangnya server tidak bisa menampung ledakan pengunjung tersebut. Fenomena kelebihan trafik biasa dialami oleh situs berskala kecil.

Sementara solusi yang bisa anda lakukan yaitu meningkatkan performa server agar memberikan bandwidth yang lebih besar tapi tentu anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk hal itu.

Baca juga : Istilah-istilah Housting

2. DNS Bermasalah

Image: pexels.com

Sebuah situs umumnya memiliki DNS sendiri yang biasa terpasang pada server, DNS tersebut bisa dikustomisasi menjadi apapun. Masalahnya adalah ketika terjadi kesalahan saat anda mengatur DNS maupun nameserver, otomatis itu dapat menyebabkan situs anda tidak bisa diakses dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah perubahan DNS.

Memperbaiki DNS lewat kontrol panel adalah solusi paling tepat. Anda bisa mengubah nameserver di kontrol panel situs anda.

Baca juga : Mengenal Istilah Dan Pengertian DNS

3. IP Akses Terblokir

Image: pexels.com

Ternyata ada sistem proteksi pada server maupun situs yang bekerja secara otomatis. Semacam firewall, sistem tersebut bisa memblokir alamat IP yang dicurigai. Biasanya penyebab IP terblokir yaitu salah login kontrol panel berkali-kali, melakukan spam, DDOS attack, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, anda bisa melapor ke bagian contact person atau support dari situs tersebut. Atau akses menggunakan perangkat lain.

Baca juga : Perbedaan Client server dengan Peer to peer

4. File Index Kosong

blog

Image: pexels.com

Ternyata file index seperti index.html, index.htm, atau index.php yang tidak ada pada tempatnya atau istilahnya kosong dapat menyebabkan situs tidak bisa diakses. Ada notifikasi kesalahan berupa error jika salah satu file index tersebut tidak ada, seperti error document, No Index File, dan lain sebagainya.

Mengembalikan file index yang hilang terbilang sulit, sebab anda harus membangun struktur situs dari awal. Namun sebelum melakukan hal itu, ada baiknya memastikan file index anda terlebih dulu—apakah tersedia direktori public_html, lalu pastikan isi folder tersebut tidak kosong.

Baca juga : Cara Memanggil Fungsi Javascript Pada HTML

5. Masalah Koneksi Internet

Image: flickr.com

Situs yang tidak bisa diakses bisa jadi dikarenakan masalah koneksi internet buruk. Jika ini terjadi, anda bukan hanya tidak dapat mengakses satu situs saja, melainkan semua situs dipastikan tidak dapat diakses karena koneksi internet anda buruk. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet dengan melakukan “ping” ke situs atau server apapun. Jika seandainya tidak ada response atau tanggapan dari hasil ping tersebut, maka sudah bisa dipastikan permasalahannya ada pada koneksi internet anda. Gangguan operator, atau habisnya paket internet menjadi penyebab utama.

Baca juga : Google Maps Tanpa Internet

6. Nama Domain Kadaluarsa atau Expired

Penyebab situs tidak bisa diakses selanjutnya yaitu karena nama domain telah memasuki masa kadaluarsa atau expired, dimana domain tersebut dikunci dan dialihkan ke sebuah halaman yang disebut domain parking. Anda bisa mengembalikan situs seperti semula apabila sudah memperpanjang domain yang telah memasuki masa expired tersebut.

7. Komputer Terkena Virus

Image: techfrag.com

Ada beberapa virus yang memungkinkan mencegah anda menggunakan koneksi internet. Meskipun koneksi internet anda tersedia, anda tetap tidak bisa mengakses sebuah situs dikarenakan virus tersebut memblokirnya.

Mudah saja, anda hanya cukup melakukan scan komputer menggunakan antivirus terupdate.

Baca juga : Kenali Bahaya Malware Website

8. Kesalahan Pada File .htaccess

Image: multisoftdeveloper.wordpress.com

Situs tidak bisa diakses, dan muncul notifikasi error 500 Internet Server Error salah satunya disebabkan oleh kesalahan penulisan pada file .htaccess. Memang sedikit sulit untuk mengembalikannya seperti semula. Sebab, anda harus menyamakan konfigurasi .htaccess seperti awal. Namun tenang saja karena ada banyak sekali yang menyediakan susunan konfigurasi file .htaccess yang disajikan di internet.

Baca juga:

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat