Solusi Website Normal Kembali

Solusi Website Normal Kembali

Solusi Website Normal KembaliSOLUSI WEBSITE NORMAL KEMBALI

Website – Pernahkah Anda menemukan suatu website yang tidak bisa akses, padahal sebelumnya Anda dengan aman mengakses website tersebut dan normal-normal saja. Jika Anda mengalami hal ini, berikut adalah beberapa solusinya.

Cara Agar Website Normal Kembali

Jangan khawatir, coba ikuti beberapa langkah di bawah untuk memperbaiki masalah ini. Karena cara blokir yang berbeda-beda, tentu membutuhkan cara yang berbeda pula untuk melewatinya.

Metode 1 : Cek Status Website

Ini merupakan langkah pertama, yaitu memastikan apakah memang website tersebut benar-benar sedang down. Karena kalau memang sedang down, maka tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu website tersebut live kembali.

Anda bisa menggunakan layanan website di link ini : Where’s It Up? atau Down for Everyone or Just Me?, yang akan dengan mudah memastikan, apakah website tersebut benar-benar sedang down hanya untuk Anda atau untuk semua orang lain juga.

Karena ada kemungkinan juga server website itu memang down karena sedang dilakukan maintenance. jadi kalau memang sedang down, coba saja tunggu selama 1 jam sampai 1 hari.

Baca juga : Cara Edit Website Bagian Contact

Solusi Tidak Bisa Mengakses Website Tertentu 2

Metode 2 : Restart Komputer Anda

Have You Tried Turning It Off And On Again – Apakah sudah Anda coba matikan dan menyalakan kembali komputer Anda?
Mungkin terdengar sepele. Namun banyak sekali masalah-masalah aneh yang terjadi pada alat elektronik dapat selesai hanya dengan cara restart peralatannya. Jadi restart sistem komputer yang Anda gunakan. Coba matikan komputer, router, modem, atau peralatan lain yang Anda gunakan untuk online. Kemudian nyalakan kembali, dan cek apakah masalahnya sudah dapat teratasi.

Solusi Tidak Bisa Mengakses Website Tertentu 3

Metode 3 : Cek Software

Coba cek komputer Anda. siapa tahu secara tidak sengaja Anda sudah memblok akses ke website tersebut. Misal, secara tidak sengaja memblok menggunakan software parental control atau malah melalui firewall komputer Anda. Check apakah website tadi termasuk restricted sites di browser yang Anda gunakan sekarang. Jadi coba gunakan browser lain. Clear atau hapus cookies di browser Anda, kemudian coba akses website tadi.

Baca juga : Cara Mengganti Header Pada Website

Metode 4 : Edit File Host

Buka folder C:\Windows\system32\drivers\etc.

Cari file dengan nama host tanpa extensi apapun. File ini kemungkinan besar beratribut Read Only. Klik kanan, pilih properties kemudian hilangkan tanda centang di Read Only. Klik Apply atau Save.

Buka file host tadi. Klik kanan, pilih “Open with”. kemudian pilih “Notepad” untuk membuka file “host”.

Disana ada beberapa baris yang dimulai dengan tanda #, biarkan saja. Setelah itu, seharusnya hanya ada satu baris lagi yang seperti ini

127.0.0.1 localhost

Jika tidak, hapus semua setelah baris 127.0.0.1 localhost. Save dan ubah kembali atribut file host menjadi Read Only. Coba buka lagi website yang bermasalah tadi.

Metode 5 : Gunakan DNS Publik

Terkadang ISP (Internet Service Provider) melakukan blokir melalui DNS mereka. Jadi coba gunakan DNS server lain. Rekomendasi : Google Public DNS dan OpenDNS

DNS publik Google

Primary DNS Server : 8.8.8.8
Secondary DNS Server : 8.8.4.4

DNS Publik OpenDNS

Primary DNS Server : 208.67.222.222
Secondary DNS Server : 208.67.220.220

Baca juga : Macam Website Bisnis

Metode 6 : Gunakan Web Proxy

Langkah berikutnya yang biasa saya gunakan adalah dengan menggunakan proxy dalam mengakses web yang tidak bisa di akses tersebut.

Banyak layanan proxy yang bisa anda gunakan  dengan bebas. Meskipun dengan sedikit pengurangan kecepatan akses web jika anda memutuskan untuk akses web menggunakan layanan proxy.

Rekomendasi : anonymouse, hidemyass, atau langsung akses ke proxy.org, disana sudah disediakan banyak pilihan proxy yang bisa langsung digunakan.

Metode 7 : Gunakan Tor Browser

Solusi paling akhir dan paling ampuh. Gunakan saja Tor Browser.

Tor Browser

Pertama-tama Anda harus mendownload Tor Browser, kemudian install di sistem komputer Anda. Buka aplikasi dan klik Connect untuk langsung browsing menggunakan Tor Browser.

Penjelasan lebih lanjut tentang apa itu Tor? dan bagaimana cara kerjanya? ada di sini : https://bolosaholic.com/apa-itu-tor-dan-bagaimana-cara-kerjanya/

Oke, itu tadi langkah-langkah yang sering saya gunakan saat mengalami masalah tidak bisa mengakses website tertentu. Memang ada yang membutuhkan sedikit pengetahuan dan kehati-hatian lebih (saat mengedit file Host). Selebihnya, silakan dicoba. Dan semoga membantu.

Baca juga : Elemen Website

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat