Solusi Agar Laptop Tetap Dingin

Solusi Agar Laptop Tetap Dingin

sumber : carisinyal.com

SOLUSI AGAR LAPTOP TETAP DINGIN

Arsitek Indo Kontraktor – Laptop yang sering digunakan dengan waktu yang lama, pasti akan berdampak pada laptop Anda panas. Hal ini apakah sudah Anda ketahui apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk kenali beberapa solusi agar laptop Anda tetap dingin.

Cara Cara Mengatasi Agar Suhu Laptop Tetap Dingin 

1. Selalu Gunakan Cooling Pad

cara ini paling umum di gunakan , cooling pad yg paling bermacam macam bentuknya untuk yang bagus memilik kecepatan kipas yang kencang cukup untuk mengurangi panas tapi untuk cooling pad murah hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C , tapi cara ini juga sangat penting jika dalam penggunaan anda 5-8 jam dalam sehari ,cooling pad sangat di butuhkan


2.Atur power setting dari “high performance” ke “balanced” atau “power saver”

Sebuah Laptop biasanya sudah diberi program khusus untuk mengatur pemakaian power, nah sebaiknya Anda atur power setting dari “high performance” ke “balanced” atau “power saver”, sehingga kinerja laptop Anda tidak terlalu tinggi, dan itu artinya panas yang dikeluarkanpun akan lebih sedikit.

Baca juga : Ketahui Cara Backup Laptop

3.Bersihkan secara Berkala debu yang mungkin ada di Ventilasi Laptop.

Debu-debu yang menempel di ventilasi laptop, akan menganggu proses pengeluaran panas dari Laptop Anda, karena itu bersihkan secara teratur.

 

4.Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu (hanya bagi ahli yang dapat membongkar laptop)

biasanya kalau laptop sering dan dipakai secara lama , maka debu akan menumpuk di kipas & heatsink. debu debu yang menumpuk itu akan menghalangi hembusan udara panas keluar.

Baca juga : Kalian Gamer PC atau Laptop?

5.Ganti thermal paste CPU

setelah membersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus. kalau kalian hanya mengganti thermal paste tapi heatsink tetap berdebu atau kipas tidak berjalan normal, sama saja tidak akan menimbulkan efek sama sekali.

6.Usahakan suhu di ruangan senyaman mungkin

Sama juga seperti manusia, Laptop bakal lebih suka bekerja di ruangan yang sejuk dan nyaman dengan sirkulasi udara yang tidak terlalu panas. Jadi usahakanlah Anda menggunakan Laptop di ruangan yang bersuhu ideal, jangan menggunakan Laptop di ruangan terbuka dan terkena sinar matahari langsung, selain akan membuat Laptop akan cepat panas, juga Anda tidak akan bekerja secara nyaman.

7.Shut Down saat Laptop tidak digunakan

Meski dalam kondisi idle, prosesor, memori, sampai hardisk di Laptop Anda tetap bekerja meski dalam skala kecil, itu artinya Laptop Anda tetap saja bakal mengeluarkan panas, jadi akan lebih bijak bila Anda pilih Shut Down Laptop, saat Anda tidak menggunakannya secara penuh .

Baca juga : Merawat Laptop Yang Jarang Sekali Dipakai

sumber artikel : https://www.tutorialsmu.com/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat