SEO Untuk Online Shop Part 3

SEO Untuk Online Shop Part 3

SEO Untuk Online Shop Part 3SEO UNTUK ONLINE SHOP PART 3

SEO Online Shop – Masih membahas mengenai pengoptimalan SEO untuk toko online atau online shop, masih ada part 3 nya loh! Bagi Anda yang ketinggalan part 1 dan 2nya, KLIK DISINI dan DISINI. Jika sudah Anda baca, yuk kita ulas bersama untuk SEO Online Shop part 3 berikut ini.

Lengkapi Data Perusahaan dan Permudah Pengunjung

Selain cara pengoptimalan yang telah disebutkan diatas, perilaku pengunjung toko online berbeda dengan pengunjung blog artikel informasi. Mereka cenderung ingin mengetahui tentang bisnis anda, terlebih website anda masih baru atau belum begitu dikenal. Hal yang berhubungan dengan pengeluaran uang, bertransaksi, calon pembeli umumnya sangat berhati-hati dikarenakan internet dan pemasaran online sangat rentan dengan yang namanya penipuan.

  • Halaman Tentang Kami => Halaman tentang kami adalah unsur website yang sangat penting. Hampir semua website apapun jenisnya mempunyai halaman ini. Buatlah halaman tentang kami selengkap-lengkapnya, disertai gambar, visi dan misi.
  • Alamat Bisnis => Keberadaan lokasi bisnis anda sangat dibutuhkan untuk kepercayaan pembeli. Jika anda memang hanya berbentuk toko “virtual” saja tidak menjadi masalah, anda bisa memasang alamat rumah anda.
  • Nomor Kontak yang bisa dihubungi => Meskipun web toko online sudah otomastis melayani transaksi pembelian produk, namun tetap saja pembeli sepertinya akan menghubungi anda. Lengkapi nomor kontak anda seperti nomor telepon, WA, Line, pin BBM, Email hingga fasilitas “live chat”.
  • Halaman Tutorial Cara Belanja => Tidak semuanya pengunjung website paham cara belanja lewat toko online. Jika mereka baru pertama kali melakukannya tentu akan kebingungan. Sebaiknya anda membuat satu halaman khusus berisi petunjuk cara belanja secara detail.

Layani setiap pengunjung dengan baik, tanpa membeda-bedakan berpotensi terjadi konversi pembelian atau tidak. Ciptakan kepuasan pembeli yang akan membuat mereka loyal terhadap bisnis anda dikemudian hari, lakukan proses branding seperti itu.

Baca juga : Preferred Domain SEO

Kepercayaan Pembeli Terhadap Bisnis Anda

Toko online mempunya kekurangan jika dibandingkan toko konvensional. Semua produk yang dijual ditoko online berupa media gambar maupun media lainnya. Bersifat terbatas, artinya calon pembeli tidak melihat fisik dan keadaannya secara langsung, apakah produk yang akan dibelinya benar-benar ada? Untuk menambah kepercayaan pembeli maka sebaiknya anda melakukan ini :

  • Review Pengunjung => Tidak jauh berbeda dengan dengan komentar pada artikel blog, review pengunjung memiliki fungsi yang hampir sama. Perbedaannya, umumnya review pengunjung disertai dengan rating terhadap suatu produk yang dikomentarinya. Semakin banyak komentar dan rating yang baik, halaman produk tertentu lebih diprioritaskan oleh mesin pencari seperti misalnya google.
  • Testimonial Pembeli => Berbeda dengan review pengunjung, testimonial hanya dibuat oleh pengunjung yang sudah membeli produk anda. Usahakan untuk berkomunikasi setelah barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli, tanyakan testimoni dan pendapat mereka kemudian pasang di web anda.
  • Portfolio => Ini juga hampir mirip dengan testimonial pembeli, perbedaannya adalah portfolio merupakan review yang anda buat, dari sisi usaha anda dan pembuktiannya bisa ditelusuri oleh pengunjung.
  • Gambar dan video usaha anda => Dokumentasikan kegiatan perusahaan anda dalam bentuk media gambar dan video, dengan begini akan mengurangi keraguan pihak calon pembeli.
  • Tampilkan nomor rekening => Jika bisa tampilkan nomor rekening di setiap halaman. Nomor rekening menunjukan bisnis anda “legal”, sehingga jika terjadi penipuan seakan-akan pengunjung bisa menelusurinya.
  • Syarat dan Ketentuan => Halaman syarat dan ketentuan berisi aturan yang jelas mengikat bisnis anda sebagai penjual dan pengunjung sebagai pembeli. Dengan membuat aturan yang jelas disesuaikan dengan usaha anda maka akan mempermuah pembeli dalam berbelanja serta meminimalisir terjadinya konflik dikemudian hari.

Jangan pernah berfikir menempuh jalan singkat (curang) dengan memanipulasi semua “point” kepercayaan yang disebutkan diatas. Hal ini tidak akan membantu bisnis anda, bahkan merugikan anda secara moril. Biarkan proses berjalan dengan sendirinya, dengan cara yang benar.

Baca juga : Pentingkah Internal Link dan External Link untuk SEO ?

Integrasikan Website Toko Online Anda dan Lakukan Offpage SEO

Pada awal berdiri, juga pada proses dan strategi SEO mencari popularitas, memperkenalkan toko online anda merupakan satu-satunya hal yang mutlak harus dilakukan. Tanpa melakukan hal demikian toko online anda tidak akan pernah mendapat posisi yang baik dihasil pencarian (SERP). Proses offpage seo dilakukan layaknya membangun backlink menuju halaman website anda. Wajib anda pahami, bukan linknya yang berpengaruh positif terhadap toko online anda, pengunjung yang berdatangan dari backlink yang anda tanam, jangan sampai anda salah dalam memahami hal ini.

  • Integrasikan Dengan Akun Google Webmaster => Tanpa memiliki akun search console google webmaster yang terintegrasi dengan website, apapun proses seo yang anda lakukan menjadi tidak optimal. Semua kebutuhan SEO dan monitoring kinerja toko online anda terdapat pada produk google webmaster.
  • Integrasikan dengan Google my business => Local listing, akun google my business mempunyai peranan vital bagi pemasaran bisnis dan toko online anda. Daftarkan bisnis anda di akun google my business dengan mengisi data selengkap-lengkapnya, kemudian lakukan verifikasi langsung dari google, biasanya berbentuk surat / kartu pos yang dikirim langsung ke tempat bisnis anda.
  • Aktif dan Bagikan Konten di Sosial Media => Dikenal dengan SMO dan SMM, aktif di sosial media juga merupakan hal penting yang harus anda lakukan dalam rangka “berkampanye” memperkenalkan bisnis dan toko online. Bagikan konten dengan teman anda, buatlah halaman khusus bisnis anda,bergabung di group komunitas dengan “niche” berkaitan dengan bisnis anda.
  • Marketplae, Forum dan Blog Walking => Pasang tautan diberbagai forum dan blog dengan “niche” yang memiliki keterkaitan dengan usaha anda. Backlink yang anda tanam berpotensi mendatangkan pengunjung (referal). Setiap konten yang anda sertakan pada situs lain, baik berupa komen, artikel maupun pemasangan produk di situs marketplace berpeluang mendatangkan pengunjung kelak.

Baca juga : Preferred Domain SEO

Tetap Rasional Pada Proses SEO Toko Online Untuk Hasil Maksimal

Anda tetap dituntut rasional ketika melakukan optimasi dan seo toko online. Keberhasilan sepenuhnya sangat tergantung juga berbanding lurus dengan kesungguhan usaha anda. Konsistensi serangkaian proses digital marketing merupakan hal yang tersulit pada proses SEO toko online dalam mencapai target tujuannya.

Baca juga : Domain Authority Pada SEO

Bantu dengan SEM (Search Engine Marketing)

Sebenarnya search engine seperti google menginginkan setiap usaha melakukan promosi iklan berbayar menggunakan fasilitas google adword. Sekilas memang seperti mereka (google) menginginkan keuntungan mengenai ini. Memang demikian adanya, namun dapat dikatakan masuk akal, setiap usaha (berbentuk komersial) harus memiliki modal untuk menjalankannya, setidaknya untuk promosi.

Hal ini pernah diaplikasikan pada klien thidiweb, jika anda menggunakan fasilitas iklan berbayar proses SEO akan memakan waktu jauh lebih singkat. Point SEO dalam peringkat google salah satunya ditentukan dari banyaknya pengunjung yang datang. SEM diperuntukan untuk keuntungan jangka pendek dan hanya berjalan jika anda membayarnya, SEO merupakan keuntungan jangka panjang, yang perlahan namun pasti akan mendatangkan keuntungan jika dijalankan prosesnya dengan benar. Mengapa SEO lebih berharga? karena keberhasilan SEO mendatangkan pengunjung gratis dengan tingkat konversi tinggi secara berkesinambungan.

Baca juga : Artikel Untuk SEO

Masih Perlukah Blog dan Artikel Pada SEO Toko Online?

Meskipun bukan prioritas utama seperti yang sudah saya jelaskan diatas, membuat artikel yang berhubungan dengan produk yang anda jual cukup baik jika dilakukan. Sebaiknya perbanyak artikel dengan jenis keyword investigasi komersial, kemudian arahkan setiap konten di dalamnya menuju ke setiap halaman produk yang anda jual.

Persaingan Bertambah Berat Dari Waktu ke Waktu, Bersabarlah

Anda sering membaca bahwa usaha seseorang banjir pembeli hanya dengan memiliki website, hoax atau fakta?, jawabannya bisa keduanya. Hoax jika anda membaca artikel demikian dan menganggapnya bisa terjadi saat ini, fakta jika terjadi pada masa lalu ketika persaingan website masih longgar. Artinya bahwa saat ini tidak semudah belasan tahun lalu untuk memperoleh keberhasilan dari website.

Sangat sulit bukan berarti tidak mungkin, kesabaran anda pun diuji karena perhitungan saat ini sebuah website memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mendatangkan pengunjung organik dari mesin pencari. Jika dijalankan dengan benar, sungguh-sungguh dan konsisten pada jarak 3 bulan sebuah web toko online mampu memberikan pemasukan bagi usaha anda. Untuk saat ini, bukan tahun-tahun berikutnya, kelak persaingan website pastinya akan bertambah berat, bisa jadi suatu saat sekeras apapun promosi yang dilakukan, website setidaknya berumur 1 tahun untuk mendapatkan pengunjung organik.

Baca juga : Sudah Punya Website Kok! Nah Sudahkah Optimalkan dengan SEO?

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat