SEO Untuk Online Shop Part 2

SEO Untuk Online Shop Part 2

SEO Untuk Online Shop Part 2SEO UNTUK ONLINE SHOP PART 2

Online Shop – Pada artikel sebelumnya, yaitu artikel yang berjudul SEO Untuk Online Shop Part 1. Sudah kita bahas mengenai sedikit ulasan tentang SEO Online shop atau toko online. Sepertinya nanggung bukan jika kita tidak membahas secara lengkap lagi. Yuk intip PART 2 nya!

Pengoptimalan Gambar Produk

Gambar produk memiliki peranan sangat penting, berbeda dengan konten artikel yang bisa berjalan tanpa adanya gambar, sedangkan gambar pada artikel berfungsi hanya sebagai pelengkap saja. Jadi kesimpulan perbedaan mengenai peranan gambar pada onlineshop berbeda dengan website informatif, pada toko online terbalik, gambar diikuti dengan deskripsi.

Syarat yang sebaiknya anda penuhi dalam pengoptimalan gambar, diantaranya :

  • Resolusi secukupnya => Sebaiknya ukuran resolusi gambar yang mewakili produk yang anda jual adalah berbentuk bujur sangkar antara 500 x 500 pixel s/d 800 x 800 pixel. Jika tidak berbentuk bujur sangkar juga tidak menjadi masalah, karena umumnya sistem dari toko online anda melakukan “crop” otomatis pada tampilan tumbnailnya sehingga akan terlihat seragam, namun tetap harus mengacu pada ukuran resolusi diatas.
  • Ukuran gambar => Ukuran gambar usahakan tidak melebihi 100kb, dan usahakan dibawah 50 kb saja. Bagaimanapun besarnya ukuran gambar berpengaruh langsung terhadap ukuran halaman dan berdampak loading semakin lama. Format gambar .jpg umumnya lebih hemat ukuran dibandingkan format lainnya, apalagi png yang rata-rata berukuran besar.
  • Latar bersih (clean background) => Usahakan gambar produk anda berlatar belakang putih, atau mengikuti warna backgroun web anda (jika background web anda tidak berwarna putih). Sebaiknya jangan terlalu rame (biasanya dengan embel-embel keterangan), karena pada website sudah ada bagian untuk penjelasan singkat maupun panjang, bedakan antara memasang foto di situs onlineshop dan berjualan di sosial media.
  • Gambar terlihat jelas => Memang benar gambar yang anda pasang wajib berukuran kecil, tapi bukan berarti harus pecah, blur, gepeng, tidak jelas.
  • Lebih dari satu gambar => Bagaimanapun calon pembeli tidak bisa melihat dan meraba produk fisiknya, anda pun tidak berada disana untuk menjelaskannya. Satu gambar saja tidak cukup, sertakan gambar produk versi lainnya (misal tampak samping kanan. kiri, atas, bawah). Kemudian, jika terdapat variasi produk seperti warna juga harus diserakan gambar lengkapnya.
  • Pemasangan text alt atribut => Mesin pencari tidak bisa memahami gambar anda mengenai apa, hal ini diperlukan untuk penyusunan pada pencarian gambar juga memperkuat SEO toko online anda.

Baca juga : SEO Untuk Online Shop Part 1

Deskripsi Singkat (Pendek) Produk

Setidaknya anda harus sedikit menjelaskan mengenai produk yang anda jual. Penjelasan pendek memiliki manfaat cukup tinggi menghasilkan pembelian produk onlineshop anda. Ketika anda membagikan (melakukan share) ke berbagai sosial media hingga tertuju pada email dan nomor kontak target, maka “preview singkat inilah yang ditampilkan selain gambar produk. Deskripsi seharusnya diisi point-point saja, tidak diperlukan penjelasan panjang dan lebar.

Baca juga : Pemasaran Online Unik

Deskripsi Lengkap Halaman Produk

Deskripsi atau penjelasan panjang pada halaman produk merupakan nilai tambah pengoptimalan produk. Deskripsi pada konten produk sebenarnya bukan prioritas utama, dengan demikian tidak menjadi masalah jika anda tidak membuatnya.

Sebagai bentuk usaha pelayanan yang baik anda bisa saja menambahkan apapun untuk mendukung terjadinya pembelian produk, termasuk penjelasan yang sangat detail. Namun perlu anda ingat bahwa konten produk sangat berbeda dengan konten artikel, dengan demikian seharusnya dibuat sesingkat-singkatnya, sejelas-jelasnya dengan unsur persuasif (membujuk).

Memang bukan perkara mudah membuat konten deskripsi produk. Berbeda dengan konten halaman artikel yang hanya membutuhkan keahlian anda sebagai “contetnt writer”, deskripsi produk membutuhkan “skill copywriter” yang baik.

Baca juga : Begini Cara Menulis Artikel Berkualitas #2

Sertakan Media Visual gambar dan video Pendukung

Tidak semua pengunjung dan calon pembeli dapat mencerna sepenuhnya maksud dari setiap tulisan yang anda buat. Setinggi apapun skill copywriter anda jika dihadapkan pada sifat pengunjung seperti itu tidak ada manfaatnya. Semua pengelola web onlineshop setidaknya harus sepakat bahwa pada optimasi konten sebenarnya dihadapkan pada manusia, bukan mesin pencari. Sifat manusia itu “unik”, berbeda satu dengan lainnya. Tugas anda sebaiknya mampu membujuk semua pengunjung dengan perbedaan sifatnya.

Media visual seperti gambar dan video sebagai media pendukung berbeda dengan media gambar produk utama. Media pendukung tidak menampilkan gambar produk terperinci, melainkan lebih kearah penjelasan. Bisa anda bayangkan sebuah “slide presentation” bagaimana sebuah video menjelaskan tentang ssesuatu sehingga membuat audien mengerti maksudnya.

Memasukan media gambar dan video pada konten deskripsi panjang terbilang sangat mudah pada berbagai cms, terutama wordpress. Sebagai contoh untuk memasukan konten video, yang perlu anda lakukan hanya melakukan “copy” url video (misalnya youtube), kemudian “paste” pada halaman deskripsi.

Baca juga : Aplikasi Menonton Youtube Dibayar

Lengkapi Taxonomy Produk

Seperti halnya Toko konvensional, manajemen produk pada toko online harus dilakukan, salah satunya taxonomy produk. Selain memudahkan anda, taxonomy berpengaruh sangat besar pada pembelian produk dikarenakan fungsinya yang memudahkanpembeli menemukan produk yang benar-benar diinginkannya.

Taxonomy web toko online terdiri dari 3 jenis yaitu kategori, tag dan atribut, diantaranya :

  • Kategori => Pengelompokan konten yang memiliki kemiripan pada bahasan, fungsi, bentuk atau target pembaca dan target penjualan untuk e-commerce.
  • Tag => Berfungsi menghubungkan setiap kategori dan sub kategori yang memiliki persamaan sifat.
  • Atribut => variasi pada konten dari website, yang biasanya berbentuk e-commerce.

Taxonomy produk sering membingungkan pengelola website. Sebaiknya anda pahami agar mudah melakukan pengelolaan web onlineshop, juga mendatangkan peluang pembelian lebih besar.

Baca juga : Kegunaan SSL Untuk Website

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat