Saatnya beralih menggunakan Linux !! Inilah alasannya

Saatnya beralih menggunakan Linux !! Inilah alasannya

LINUX merupakan sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

Sejarahnya

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).
Baca Juga :
Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

Linus Trovalds adalah pembuat atau bisa dibilang sosok dibalik sistem operasi iniNama Linux diambil sendiri diambil dari nama  Beliau, yang diperkenalkan sekitar tahun 1991. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.

Tampilan Kali Linux

Berikut Alasan menggunakan Sistem Operasi Linux :

1. Free dan Open Source

Alasan pertama, tentu karena free dan open source. Arti free di sini bukan hanya gratis, melainkan bebas atau kebebasan. Bebas melakukan memodifikasi, menyebarkan, mempelajari, dsb. Kemudian, Open Source artinya, kode sumbernya terbuka. Dengan demikian, siapa saja bebas membaca, mempelajari, dan memodifikasi kode sumbernya.

2. Aman dari Virus

Sebelum saya menggunakan Linux, laptop saya pernah terinfeksi dengan virus. Virus tersebut diam-diam memodifikasi souce code yang saya tulis. Program yang saya buat menjadi error, karena ada kode aneh yang disisipkan oleh virus. Tapi setelah menggunakan Linux, hal semacam itu tidak pernah terjadi lagi.

3. Sering Error

Sebenarnya ini alasan yang kurang tepat, karena saya yakin semua orang tidak suka dengan error. Tapi, menurut saya, selalu ada hikmah dibalik error dan masalah yang kita hadapi. Saya pernah membuat sebuah kutipan:

“Semakin banyak error dan masalah yang kau selesaikan, semakin meningkat pula skill dan pengalamanmu” — http://s.id/9OO

Linux memang sistem operasi yang sering bermasalah. Kehilangan data adalah masalah yang paling pahit yang pernah saya alami. Namun, dengan malasah tersebut, saya menjadi tahu cara menyelamatkan data yang terhapus. Selain itu, ada ratusan masalah yang pernah saya alami. Tentu saja, ini akan melatih pikiran seorang programmer menjadi pemecah masalah. Bahkan, bila tidak menemukan solusi, programmer bisa membuat solusi sendiri.

Pencarian solusi merupakan hal yang harus dilakukan bagi pengguna linux yang mendapatkan masalah. Hal ini akan melatih kemampuan GooglingGooglingadalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang programmer.

Baca Juga :

Mengenal Platform Microsoft Azure

Kenali Dasar – Dasar SEO

4. Case Sensitive

Teman saya pernah membuat sebuah web dengan Framework Codeigniter di Windows. Semua berjalan lancar di localhost. Tapi, Ketika web tersbut di-hosting, terjadi masalah 404. Berminggu-minggu belum juga menemukan solusi. Ternyata masalahnya ada pada nama class dan file yang sensitif. Karena server hosting menggunakan sistem operasi Linux, maka nama class dan filenya tidak bisa ditemukan. Kemudian, dia menggantinya dan akhirnya bisa berjalan dengan normal.

5. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak tool-tool gratis yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini daftar bahasa pemrograman yang didukung di Linux.

  • C
  • C++
  • C# (Menggunakan Mono Develop)
  • Pascal (Menggunakan FPC dan Lazarus)
  • Javascript
  • Basic/VB (Menggunakan Gambas)
  • Java
  • Python
  • Ruby
  • Perl
  • PHP
  • Go
  • Baik
  • dsb.

Silahkan ditambahkan, bila masih kurang!

Baca Juga :

Plugin WordPress 2019

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Itulah 5 alasan mengapa Linux adalah sistem operasi yang cocok untuk programmer. Mungkin ada mau menambahkan, silahkan share pengalamanya di komentar.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat