Router Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja

Router Fungsi, Bagian, dan Cara Kerja

Fungsi, Bagian dan Cara kerja Router

JOS – Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Nah kali ini kita akan membahas fungsi router,bagian dan cara kerja router.

Fungsi Router

1. Penghubung Berbagai Informasi

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Netgear

Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainnya.

Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai.

2. Fungsi Firewall dalam Router DSL

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Learnabhi

Dalam hal ini router berfungsi sebagai firewall yang akan menyaring paket berdasarkan sumber dan juga alamat tujuan paket. Router yang umumnya menjalankan fungsi ini biasa juga disebut dengan DSL router.

Namun, sebenarnya tidak semua router memiliki fungsi yang sama.

3. Packet Filtering Router

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Cisco

Untuk dapat menjalankan fungsi ini, router yang digunakan biasa disebut packet filtering router. Router ini akan memutuskan lalu lintas data yang terpancar melalui broadcast.

Sehingga akan mencegah terjadinya broadcast storm. Hal ini dapat menyebabkan kinerja jaringan melambat.

4. Menganalisis Paket Data

bagian bagian router, cara kerja router, cara kerja router wifi
Sumber Gambar: Quora

Router juga memiliki fungsi untuk menganalisis paket data yang masuk. Dalam menganalisis paket data, router akan menyeleksi paket tersebut untuk masuk ke dalam jalur yang paling optimal dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Data tersebut kemudian akan masuk ke dalam tabel routing. Proses outing ini terbagi menjadi dua, yaitu static routing dan dynamic routing.

5. Mentransmisikan Informasi

bagian bagian router, cara kerja router, cara kerja router wifi
Sumber Gambar: Recorded Future

Fungsi berikutnya dari router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data. Alat ini akan mentransmisikan informasi dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya.

Fungsi ini mirip dengan bridge atau jembatan jaringan alias penghubung dari satu perangkat ke perangkat lain.

Bagian / Cara Kerja Router

6. Hub

Bagian router pertama adalah Hub. Hub ini memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari jaringan dan mentransmisikannya kepada komputer yang lain.

Bagian pada router ini digunakan untuk menyambungkan jaringan sederhana dalam bentuk IP lokal. Hub akan membagi bandwidth ke masing-masing PC.

Jika hanya menggunakan satu PC, maka bandwidth yang dibagi akan maksimal. Namun, jika menggunakan beberapa PC, maka bandwidth-nya akan terbagi ke dalam PC yang ada.

7. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penyambung dalam jaringan. Selain itu, switch juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dalam local area network (LAN).

Berbeda dengan hub, switch justru dapat memilah data yang ingin ditransmisikan.

8. Bridge

Berikutnya adalah bridge. Bridge berfungsi untuk memberikan segmen serta memperluas jaringan. Selain itu, bridge juga bekerja untuk mengatur informasi jaringan menjadi lebih teratur.

9. Repeater

Repeater memiliki fungsi untuk memperluas jaringan WiFi, sehingga dapat menjangkau tampat-tempat yang sulit terkena jaringan WiFi. Terdapat dua alat agar dapat mengaktifkan repeater ini.

Yaitu client, alat yang akan menerima jaringan dari server, dan accespoint, alat untuk menyebarkan sinyal wi-fi.

10. Network Interface Controller

Network Interface Controller atau NIC adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk menjadi jembatan antar komputer ke jaringan komputer lain.

Fungsi dari perangkat ini adalah untuk menerima data yang dikirim oleh kabel yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam bit agar bisa dimengerti oleh komputer.

Itu dia beberapa fungsi beserta bagian dan cara kerja dari router, Toppers. Sekarang kamu jadi tidak sekadar menggunakan atau mengetahuinya saja, kamu juga mengerti fungsi router sesungguhnya.

Tidak lupa, untuk membeli alat ini, kamu perlu memastikan beberapa komponen seperti Quality of Service, keamanan, serta network-nya. Semoga Bermanfaat :))

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat