Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan Yang Perlu di coba

Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan Yang Perlu di coba

Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan Yang Perlu di Coba

Tips Memilih Niche Blog Terbaik dan Populer | Seni BerpikirJogja One Solution – Mulai membangun blog dengan niche yang menguntungkan ibarat memegang uang di tangan sendiri. Banyak blogger di luar sana memperoleh pendapatan dengan memilih niche yang tepat. Niche akan menjadi hati dan jiwa blog Anda bila dipilih dengan bijak. Memilih niche yang sesuai merupakan paradigma utama dibalik blogging yang baik. Tiap blogger baru memiliki potensi untuk melakukan kesalahan ketika memilih niche. Kesalahan ini bisa menggiring Anda pada sebuah kegagalan besar.

A. Pengertian Niche Blog

Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche blog, Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama.

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus. Namun, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menerapkan niche blog.

B. 10 Rekomendasi Niche Blog Menguntungkan 

Sudah punya bayangan niche blog apa yang akan diambil? Jika belum, Anda tidak perlu khawatir. Kami telah merangkum beberapa niche blog yang menguntungkan untuk Anda. Penasaran apa saja itu? berikut ini 10 rekomendasi niche blog menguntungkan yang perlu di coba

1. Finance 

Urusan keuangan memang tidak bisa dianggap sepele. Banyak orang yang membutuhkan informasi dan pengetahuan seputar dunia finance, mulai dar info manajemen keuangan, bisnis, investasi, e-money, dan lain-lain. rekomendasi niche blog menguntungkan yang perlu di coba untuk tren finance atau investasi

Terbukti bahwa tren pencarian dengan kata kunci “investasi” dan “peluang usaha” dari tahun ke tahun cenderung stabil.

Tren Niche Blog Finance

Selain itu, topik keuangan bisa menjangkau semua kalangan, mulai dari anak sekolahan/kuliahan, para pekerja, orang tua, hingga pemilik bisnis.

Dengan niche keuangan, Anda bisa membahas banyak hal seputar keuangan. Anda bisa menulis tentang cara mengelola keuangan, cara berinvestasi untuk pemula, cara memulai bisnis online, tips agar konsisten menabung, dan masih banyak lagi.

2. Kuliner 

Para penikmat kuliner biasanya membutuhkan informasi seputar kuliner di Internet. Buktinya, kata kunci seputar kuliner memiliki jumlah volume yang banyak setiap tahunnya.

Volume Keyword Kuliner

Tren kulineran di Indonesia itu bisa Anda jadikan sebagai niche blog yang berpotensi ramai pengunjung. Ada banyak hal seputar kuliner yang bisa Anda bahas dengan topik ini, seperti rekomendasi makanan, rekomendasi tempat makan, informasi harga makanan, resep masakan, dan lain-lain.

Ada beberapa blog kuliner yang bisa Anda jadikan inspirasi seperti blog Anak Jajan dan Serious Eats. Keduanya memang sama-sama blog kuliner, tetapi memiliki pembahasan yang berbeda. Blog Anak Jajan membahas seputar review kuliner dan tempat makan, sedangkan Serious Eats banyak membahas resep-resep makanan.

Berbagi pengalaman kuliner di blog juga bisa membuat orang lain tertarik mencicipi kuliner yang Anda review. Oleh karena itu, niche blog ini bisa sangat berpeluang mendapatkan tawaran iklan produk makanan atau minuman. Ada juga produk lainnya seperti:

  • Jasa pesan antar makanan online
  • Peralatan memasak
  • Kursus memasak
  • Bisnis catering
  • Dll

3. Parenting  

Siapa sangka kalau niche parenting ini semakin populer setiap tahunnya. Selama 5 tahun terakhir jumlah pencarian dengan kata kunci parenting ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tren Niche Blog Parenting

Hal itu bisa jadi karena semakin banyak orang tua yang melek digital sehingga mereka mencari berbagai informasi seputar parenting di internet.

Melihat hal itu, Anda bisa berkesempatan memiliki blog yang laris manis jika menerapkan niche blog ini. Sebenarnya topik ini bisa Anda khususkan lagi menjadi sub niche, seperti blog khusus seputar keharmonisan keluarga,  informasi kesehatan ibu dan anak, atau cara mendidik anak.

Namun, perlu diperhatikan jika  ingin membagikan informasi seputar dunia kesehatan ibu dan anak, Anda harus memastikan kepada ahlinya bahwa informasi tersebut aman dan telah teruji. Jangan sampai pembaca Anda mendapatkan informasi yang salah terkait kesehatan ibu dan anak.

Di topik seputar kesehatan ibu dan anak, apa saja sih yang bisa Anda tulis di blog Anda? Anda bisa menulis beberapa hal berikut ini:

  • Tips sehat selama kehamilan
  • Informasi ASI dan Mpasi
  • Mengatasi demam pada bayi
  • Mengulas mitos-mitos seputar kesehatan ibu dan bayi

Nah, Anda bisa melihat blog Bidanku.com sebagai inspirasi untuk menulis blog seputar kesehatan ibu dan anak.

Selain itu, Anda juga bisa membuat informasi seputar tips membina keharmonisan keluarga, cara mendidik anak dengan berbagai metode, bahkan rekomendasi nama-nama anak juga bisa Anda tulis di niche ini.

4. Wisata & Travel 

Berwisata atau berlibur memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh hampir semua orang. Saat ini, mereka biasanya mencari informasi sebelum berwisata di internet, mulai dari rekomendasi tempat wisata hingga promo tiket transportasi.

Dari situ, pencarian topik wisata dan travel di internet semakin populer. Terlebih pada masa liburan.

Tren Wisata & Travel

Dari data tersebut terlihat bahwa kata kunci “rekomendasi tempat wisata” meningkat drastis pada bulan Desember. Hal itu bisa terjadi karena di bulan Desember ada banyak hari libur natal dan tahun baru.

Dengan data itu, niche blog ini berpeluang mendatangkan banyak pengunjung. Anda bisa menulis review tempat wisata, review hotel, review fasilitas wisata, bahkan review makanan.

Anda juga bisa membagikan tips-tips seputar travelling atau travel hack seperti:

  • Tips mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah;
  • Cara mengemas koper agar muat banyak;
  • Travel kit yang wajib dibawa;
  • Rekomendasi rute ke suatu tempat wisata;
  • Dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda suka melakukan traveling, tidak ada salahnya membagikan kisah traveling Anda di blog seperti yang dilakukan oleh Trinity. Dari tulisan kisah perjalanannya, Ia bisa menghasilkan buku best seller dan diangkat ke layar lebar.

Selain itu, Anda juga bisa diendorse oleh beberapa perusahaan dan produk terkait wisata dan travel. Ada banyak sekali produk atau jasa yang bisa Anda promosikan, misalnya paket trip liburan, promo tiket pesawat, aplikasi booking tiket, tempat menginap, dan lain-lain.

5. Teknologi 

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Banyak orang memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan update tentang teknologi. Dari Google Trends, Anda bisa lihat topik-topik seperti “laptop asus” dan “macbook” semakin mengalami peningkatan.

 

Tren Niche Blog Teknologi

Dari data tersebut, niche ini berpeluang ramai pengunjung. Anda juga tidak perlu khawatir kekurangan ide topik, karena ada banyak hal tentang teknologi yang bisa Anda tulis di blog Anda.

Di subtopik tentang gadget misalnya, Anda bisa mereview spesifikasi antar produk, tips memilih gadget yang cocok untuk gaming, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mereview berbagai aplikasi mobile yang sedang populer. Tidak hanya itu, ada banyak isu-isu terkait teknologi yang bisa Anda tulis di blog Anda, contohnya:

  • Isu hoax di media sosial
  • Beredar luasnya ponsel Black Market
  • Aplikasi-aplikasi yang diblokir
  • Emansipasi wanita dalam bidang teknologi
  • Dan lain lain

6. Beauty (Kecantikan) 

Tahukah Anda bahwa pencarian tentang topik kecantikan di Google ternyata mengalami kenaikan 30%? Kenaikan tersebut diduga terjadi karena berkembangnya tren kecantikan dan hadirnya beauty influencer.

Mereka memanfaatkan platform Google untuk mencari informasi terkait kecantikan, seperti produk skincare, review produk kecantikan, dan lainnya.

Nah, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat blog dengan niche kecantikan. Dengan niche ini, Anda bisa menulis review produk hingga membuat tutorial make up.

Selain mereview produk, Anda juga bisa membuat perbandingan produk kecantikan, misalnya perbandingan beberapa merk sunscreen, foundation, bedak,  lipstik, dan masih banyak lagi,

Oh, ya, Anda pun dapat memberikan tips merawat kesehatan wajah seperti:

  • Tips mencerahkan kulit kusam;
  • Tips menghilangkan kantung mata dengan bahan alami;
  • Menghilangkan jerawat dalam sehari
  • Memilih produk untuk kulit tertentu
  • Dan lain-lain.

7.  Game Online 

Tahukah Anda bahwa ternyata jumlah gamer di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2019 gamer di Indonesia mencapai 60 juta dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Diperkirakan jumlah gamer di Indonesia di tahun 2020 mencapai 100 juta orang. Angka yang fantastis bukan?

Hal itu karena distribusi game yang telah meluas ke berbagai perangkat, termasuk perangkat mobile.

Semakin populernya game online bisa jadi kesempatan Anda untuk membuat blog berniche game online. Niche blog ini akan sangat cocok untuk Anda yang juga seorang gamer. Anda bisa membuat review game untuk para gamer pemula.

Review game bisa meliputi informasi game, kualitas grafik, alur permainan, karakter pemain, musik audio, dan fitur-fitur game. Di niche ini, Anda juga bisa merekomendasikan perangkat pendukung game online seperti rekomendasi laptop gaming, earphone, mouse, dan lain-lain.

Lalu apakah niche ini bisa menguntungkan? Jawabannya tentu saja, ya! Anda bisa mendapatkan keuntungan dari endorse beberapa pihak, contohnya:

  • Penjual produk gaming (laptop, earphone, pc, dll)
  • Provider internet
  • Acara workshop, pameran, atau kompetisi game online
  • Perusahaan pembuat game online
  • Dan lain-lain

8. Edukasi 

Pencarian topik seputar edukasi juga semakin populer. Misalnya kata kunci “beasiswa” dan “jurusan kuliah”, keduanya menunjukkan jumlah pencarian yang cenderung stabil stabil dari tahun ke tahun.

Tren Niche Blog Edukasi

Hal itu juga bisa jadi peluang menguntungkan bagi Anda untuk membuat blog dengan niche edukasi. Ada banyak ide yang bisa Anda tulis di niche ini. Anda bisa membuat artikel-artikel khusus seputar perkuliahan seperti:

  • Informasi kampus negeri dan swasta favorite
  • Tips memilih jurusan kuliah yang tepat
  • Prospek kerja jurusan kuliah
  • Cara memilih kos untuk mahasiswa
  • Cara berhemat uang saku bulanan
  • Tips lolos beasiswa
  • Dan masih banyak lagi.

9. Otomotif 

Saat ini kata kunci seputar otomotif semakin populer. Hal itu terbukti dari meningkatnya pencarian topik terkait fitur otomotif. Contohnya, pada 2019 lalu kata kunci “mobil hybrid” mengalami pertumbuhan volume penelusuran sebanyak 3,5x dan 1,6x untuk penelusuran kata kunci “kendaraan keyless”.

Melihat data tersebut, niche blog ini bisa berpeluang ramai pengunjung dan menguntungkan, bukan? Dengan niche blog ini, Anda bisa membuat informasi atau review mobil atau motor populer, membandingkan spesifikasi beberapa merek mobil, hingga memberikan informasi harga dan promo merek tertentu.

Anda juga bisa membuat tutorial cara menginstal aplikasi khusus mobil, cara memodifikasi beberapa bagian mobil dan memberikan tips merawat kendaraan secara tepat.

10. Kesehatan

Berbicara seputar dunia kesehatan memang tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu selalu ada isu baru seputar kesehatan. Hal itu mendorong banyak orang untuk mencari informasi seputar kesehatan di internet. setelah kesepuluh rekomendasi niche blog menguntungkan yang perlu di coba ini segera buat blog kamu!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat