Rahasia Backlink Berkualitas

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaRAHASIA BACKLINK BERKUALITAS

Backlink – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai cara membuat backlink. Nah yang menjadi masalah adalah bahwa kita tidak semua mengetahui akan backlink seperti apa yang berkualitas. Dan akan membuat website Anda mempunyai tehnik SEO yang tepat. Nah jangan khawatir, kami akan memberikan info mengenai apa saja rahasia dalam mendapatkan backlink yang berkualitas.

Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas?

Simpelnya, backlink berkualitas itu adalah jenis backlink yang tidak semua orang bisa meniru.

Kalau hanya sekedar mendapat backlink, semua orang bisa melakukannya. Sesuatu yang kebanyakan orang bisa lakukan menandakan bahwa sesuatu tersebut tidak spesial. Iya, kan?

Setidaknya itu clue pertama tentang pengertian backlink berkualitas; tidak bisa (atau sulit) ditiru orang lain.

Jenis-jenis Backlink

Di dalam materi pelajaran Pesantren Sintesa, saya membagi jenis backlink menjadi 4 macam. Yang nanti di dalam masing-masing jenis itu ada istiah-istilah lagi yang jumlahnya bisa tak beraturan (banyak sekali). Tapi saya hanya akan bahas 4 jenis itu secara umum.

Sebelum membahas lebih jauh, pemahaman tentang jenis backlink ini harus kamu kuasai dulu supaya enak nanti ketika praktek.

1. Backlink Profile

Jenis backlink ini umumnya ditemukan di halaman profile dari user yang terdaftar di sebuah situs. Seringkali format alamat dari profile itu seperti ini namawebsite.com/user/revorma.

Di halaman itu bisa kamu lihat akan ada link hidup yang mengarah ke blog saya vatih.com. Secara otomatis saya mendapat suntikan power dari root domain wordpress.org.

Tapi backlink semacam ini (backlink profile) mempunyai kontribusi power yang so so alias biasa banget. Meski kontribusinya mungil saya tetap menjadikan proses pembuatan backlink jenis ini sebagai bagian dari SOP saat optimasi web bisnis.

2. Backlink Komentar

Ini jenis backlink yang paling sering dilakukan oleh para blogger, publisher, atau optimizer. Karena orang yang ngga ngerti SEO pun ternyata sangat giat melakukan link building jenis ini.

Tapi mindset mereka (yang ngga ngerti SEO) ketika melakukan ini tujuannya supaya dapat kunjungan balik dari si pemilik blog yang ditinggali komentar.

Unik ya. Di situlah bedanya orang yang tahu dan yang belum tahu. Hehe.

Backlink komentar ini secara power terbagi jadi 2 macam; dofollow dan nofollow. Saya sendiri tidak terlalu peduli apakah bentuknya do atau no. Yang penting tetap saya buat.

Untuk yang ini tidak perlu saya kasih contoh ya, insya Allah semua sudah tahu lah.

3. Social Bookmark

Nah kalau social bookmark ini merupakan merupakan situs yang membolehkan para pengunjung untuk submit konten dari web masing-masing pengunjung.

Contoh situs social bookmarking adalah PinterestStumbleuponRedditDigg, dll.

Tapi ada banyak juga lho situs social bookmark punya orang Indonesia, alamatnya apa saja silahkan googling sendiri, jangan manja.

4. Backlink Kontekstual

Inilah jenis backlink yang paling powerful diantara jenis backlink yang lainnya. Saking powerfulnya, dari pengalaman saya melakukan link building jenis kontekstual ini, saya berani katakan 1 backlink kontekstual setara dengan 100 backlink komentar di website yang sama-sama mempunyai DA 15.

Dalilnya mana? Dalilnya ya pengalaman saya, hehe.

Ciri utama backlink kontekstual adalah backlink yang berada di tengah-tengah artikel. Misalnya di halaman ini ada link keluar, maka link itu merupakan backlink kontekstual bagi website atau halaman tersebut. Paham kan ya?

Nah, kontribusi power dair jenis backlink ini akan lebih menjadi-jadi ketika artikel di mana tempat backlink kontekstual itu berada mengandung unsur-unsur berikut ini:

  1. Artikel relevan dengan backlink. Misal keyword/artikel kita tentang ternak ayam, dan kita mempunyai backlink dari artikel yang juga membahas tentang ayam (tidak harus spesifik ternak).
  2. Artikel tempat backlink itu menerapkan kaidah SEO yang bagus.
  3. Backlink kontekstual berada pada situs authority atau situs populer.
  4. Backlink kontekstual berada pada artikel yang udah di halaman 1 Google.

Yang pasti akan sangat susah untuk mendapatkan jenis kontekstual yang sempurna mengandung 4 unsur di atas. Daripada pusing, balik lagi ke defaultyang penting backlink berada di tengah-tengah artikel. Tidak peduli relevan atau tidak, authority atau bukan, menerapkan SEO atau ngga, dll.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat