Plugin yang Cocok Untuk WordPress Anda

Plugin yang Cocok Untuk Wordpress Anda

Plugin yang Cocok Untuk WordPress AndaPLUGIN YANG COCOK UNTUK WORDPRESS ANDA

WordPress – Jika Anda merupakan salah satu pengguna wordpress, wordpress ini tidaklah lepas dari plugin. WordPress selalu membutuhkan plugin sebagai pendukungnya. Seperti yang kita ketahui juga bahwa plugin ini memiliki banyak macamnya. Plugin manakah yang cocok untuk Anda gunakan pada wordpress Anda?

Macam Plugin WordPress yang Rekomended

Plugin dapat membantu Anda dalam berbagai hal seperti: mengoptimasi situs Anda terhadap mesin pencari, melindungi dari spam, dan dapat dipakai untuk meningkatkan pengalaman pengguna (User Experience/UX).

Namun ada lebih dari 52.000 plugin yang ada pada direktori resmi WordPress. Jadi plugin mana yang benar-benar Anda butuhkan?

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, namun ada beberapa plugin yang wajib untuk dimiliki oleh semua situs WordPress terlepas dari segala industri yang ada.

Berikut ini adalah rekomendasi dari Saya mengenai “9 Plugin Vital [GRATIS] Yang Harus Ada Di Website WordPress Anda“.

1. Jetpack By WordPress

plugin jetpack

Baiklah, ada lebih dari 52.000 plugin yang tersedia, namun Anda pastinya tidak ingin mendownload apa yang Anda tidak terlalu butuhkan.

Jika Anda menambahkan terlalu banyak plugin kedalam situs web Anda, maka website Anda berisiko  berjalan lebih lambat. Hal ini akan membuat pengunjung website Anda tidak senang, karena lelah menunggu loading.

Lantas adakah plugin yang menyediakan beberapa fitur berbeda namun berada di satu plugin yang sama?

Ada, plugin Ini disebut Jetpack.

Jetpack memiliki lebih dari empat juta pemasangan aktif, namun banyak pengguna WordPress masih belum mengerti: apa fungsi dari Jetpack dan bagaimana mereka dapat menggunakan jetpack untuk mengoptimasi website mereka.

Jetpack merupakan sebuah plugin yang sangat bagus, bahkan plugin ini merupakan alat yang wajib Ada di dalam website wordpress milik Anda.

Kenapa Saya bilang wajib ada? Karena ia memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu Anda dalam merancang situs Anda, melacak statistik pengunjung website, meningkatkan social share.

Semua fitur inti ini GRATIS.

Anda juga memiliki pilihan untuk menambahkan fitur tambahan lainnya seperti perlindungan spam, backup harian, dan SEO Tools dengan meng-upgrade-nya ke akun berbayar.

Manfaat penting lainnya dari Jetpack adalah WordPress akan menghostingkan semua fitur Jetpack.

Hal ini berarti semua file penyimpanan jetpack tidak berada di hosting Anda sendiri atau dengan kata lain WordPress telah mengambil sebagian beban dari server Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir website Anda akan lemot nantinya.

Setelah memasangnya, Anda dapat langsung menuju ke halaman dasbor (pengaturan) dari Jetpack. Halaman dasbor tersebut memberikan Anda gambaran umum tentang fitur yang Anda gunakan (seperti menampilkan analisis data pengunjung pada website Anda).

 

Dengan mengklik tab “setting”, Anda akan dibawa ke jendela tab baru. Masing-masing tab memiliki kumpulan pengaturan yang berbeda.

fitur jetpack

Jetpack memiliki banyak fitur yang luar biasa, jadi sekaranglah waktunya Anda untuk memasang dan melihat fitur mana yang paling dibutuhkan pada bisnis Anda saat ini.

2. Yoast SEO

plugin seo dari yoast seo

Semua orang pasti menginginkan situs mereka tampil pada halaman pertama di mesin pencari Google.

Para praktisi digital marketing mengenal metode untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari dengan nama SEO (Search Engine Optimization) atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan optimasi mesin pencari.

Sayangnya, SEO sangatlah kompleks. Anda membutuhkan waktu dan latihan untuk dapat menguasai metode ini.

Ada dua hal yang harus Anda pelajari, yaitu: on-page SEO (yang dilakukan di website Anda) dan off-page SEO (yang dilakukan di luar website Anda).

Namun, dengan adanya plugin Yoast SEO, pengerjaan on-page SEO Anda akan menjadi sangat mudah.

Berikut Saya tampilkan panduan untuk menggunakan Yoast SEO dari Neil Patel:

Tools canggih ini memungkinkan Anda untuk memilih kata kunci yang Anda ingin fokuskan dan optimasikan pada halaman website Anda.

Di bawah ini, Anda dapat melihat seperti apa tampilan plugin Yoast SEO. Plugin ini berada pada bagian bawah editor halaman/postingan Anda.

 

yoast seo

Di bagian bawah editor halaman/postikan Anda akan ada dua tab (jika plugin Yoast SEO telah terpasang). Pada tab kedua, Anda dapat mengoptimalkan judul, meta deskripsi dan URL Anda. Yoast SEO bahkan dapat menampilkan preview dari halaman/konten website Anda di Google nantinya.

meta desc yoast seo

Dengan menggunakan indikator yang mirip lampu lalu lintas, Yoast SEO akan memberi Anda kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan upaya On-page SEO Anda.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa Anda perlu menambahkan lebih banyak kata kunci di dalam postingan Anda.

Usahakan pada saran perbaikan tersebut ubah semua lampu menjadi hijau, yang berarti upaya on-page SEO Anda sudah cukup baik. Hal ini dapat meningkatkan peluang website Anda untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pencarian Google.

YOAST SEO indikator

Pada tab lainnya juga terdapat fungsi untuk mengoptimalkan keterbacaan (readability) pada halaman Anda dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Fitur ini cocok digunakan untuk konten teks berbahasa Inggris.

Tak heran jika Yoast SEO adalah salah satu plugin WordPress yang populer.

Yoast juga menawarkan versi premium yang menyediakan fungsi ekstra dan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan halaman Anda hingga lima kata kunci. Ditambah Anda dapat mengatur semua fitur ini di tab pengaturan.

pengaturan yoast seo

Pastikan Anda memasang Yoast SEO hari ini juga untuk mulai mengoptimalkan halaman dan konten Anda agar peringkat website Anda dapat meningkat di mesin pencari online.

3. Akismet Anti-Spam

akismet anti spam plugin

Semua orang membenci spam, tapi spam merupakan bagian dari dunia online yang tidak dapat dihindarkan.

Begitu situs WordPress Anda ditayangkan, Anda tidak bisa menghindari kehadiran spam pada website Anda, kecuali Anda telah memasang proteksi anti spam seperti Akismet.

Bahkan Anda dapat menemukan komentar berbentuk spam yang hampir “tidak terdeteksi”, yaitu yang menyerupai komentar asli dari pembaca atau fans situs Anda.

 

Sebenarnya apa dampak dari komentar spam? Komentar spam berpotensi membuat website Anda terlihat tidak berkualitas dan telah diabaikan, spam juga dapat merusak pengalaman bagi pembaca situs website Anda.

Jika tidak ditangani, maka Anda berisiko kehilangan pembaca dan berpotensi merusak brand Anda sendiri.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena bagi pengguna WordPress tersedia plugin yang efektif dalam membantu Anda untuk menangani hal seperti ini.

Akismet merupakan plugin anti-spam resmi yang dibuat oleh perusahaan induk WordPress. Akismet memiliki lebih dari 35 juta pengunduhan. Karena itulah Aksimet menjadi plugin paling populer sepanjang masa.

Jika Anda belum pernah menggunakannya, seharusnya Anda harus mulai memasangnya sekarang.

Setelah terinstal pada website Anda, Anda perlu mendapatkan API key untuk mulai menggunakan plugin ini. Caranya cukup mudah yaitu, klik “Get Your API Keys” dan ikuti instruksinya.

instruksi intalasi akismet

Setelah selesai, masukan kunci kode API ke dalam text box dan pilihlah option larangan spam yang Anda inginkan.

akismet

Akismet juga memiliki pilihan untuk upgrade ke paket premium-nya untuk mendapatkan keamanan yang lebih tinggi. Namun, versi gratis dari Akismet sudah sangat fantastis.

4. WP Super Cache

wp super cache plugin

 

Pasti Anda pernah merasa jengkel ketika mencari informasi pada suatu website tetapi loadingnya sangat lama sehingga membuat Anda ingin mengklik tombol ‘kembali’.

Situs yang lamban dapat membuat pengunjung Anda frustrasi, dan akan mengurangi konversi klik ke website Anda. Sebagai informasi untuk Anda, bahwa kecepatan loading website merupakan salah faktor dari rangking signal Google.

Untuk meningkatkan kecepatan loading/akses website Anda, Anda memerlukan plugin yang bernama WP Super Cache.

Cache merupakan tempat untuk menyimpan data sementara pada browser yang Anda gunakan.

Browser membutuhkan waktu untuk memuat keseluruhan halaman website Anda dari awal pertama kali pengunjung membuka suatu website. Lalu, browser Anda akan menyimpan halaman website yang pernah diaksesnya.

Hal ini dibuat agar ketika browser membuka situs yang sama maka browser tidak harus memuat ulang informasi dari web yang telah dikunjunginya, dan ini akan menghasilkan waktu muat yang lebih cepat.

WP Super Cache membuat halaman statis dari situs Anda. Halaman-halaman ini kemudian disajikan alih-alih memuat halaman web dari awal.

Sehingga, dengan demikian plugin ini akan mengurangi waktu penyajian halaman website. Tanpa menyimpan halaman Anda ke dalam cache, waktu muat website Anda akan meningkat secara signifikan.

WP Super Cache juga menyediakan caching bagi pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.

Disini anda bisa melihat plugin ini cukup mudah digunakan.

 

super cache plugin

Meskipun ada banyak fitur dan kontrol yang dapat Anda konfigurasikan, tapi cukup dengan mengaktifkan cache nya saja sudah cukup untuk mempercepat waktu muat dari situs Anda.

Pastikan Anda menginstal plugin ini untuk mengoptimalkan situs Anda dan menghindari pengunjung yang frustasi dengan lamanya waktu muat website Anda.

5. Google XML Sitemaps

Google xml

Anda pasti menginginkan mesin pencari online, seperti Google, mengindeks website Anda dan menempatkan website Anda pada halaman pencariannya (jika perlu di halaman pertama).

Dan untuk melakukan hal ini dengan efektif, search engine membutuhkan sitemap dari website Anda.

Apa itu sitemap? Sitemap adalah sebuah file panduan yang dapat membantu mesin pencari mengakses dan mengindeks situs Anda dengan benar.

Tanpa sitemap, peringkat website Anda akan terpuruk (terpuruk adalah situasi dimana website Anda tidak menghasilkan pengunjung selain Anda),

Oleh karena itu, mengirimkan peta situs atau sitemap ke dalam mesin pencari menjadi hal yang sangatlah penting bagi website Anda.

Tapi jika Anda harus membuatnya secara manual? Akan cukup sulit dan memakan waktu.

Artikel terkait: Sertifikasi SSL (HTTPS): Hal Penting Yang Dapat Memengaruhi Bisnis Anda

Ada cara yang cukup praktis untuk membuat sebuah sitemap. Anda hanya perlu memasang plugin Google XML Sitemaps.

Plugin ini akan membuat sitemap dinamis dari situs WordPress Anda, yang kompatibel dengan Google, Yahoo, dan Bing.

Google XML Sitemaps memungkinkan Anda memberi tahu pada mesin telusur tentang perubahan apa yag terjadi  pada peta situs / sitemap Anda.

 

sitemap google

 

Saat Anda mulai memperbarui situs web atau mempublikasikan suatu posting blog baru, plugin ini akan memberi tahukan informasi tersebut ke mesin pencari secara otomatis.

Plugin ini merupakan plugin yang sangat, sangat, keren menurut Saya. Plugin ini merupakan tool penghemat waktu yang sangat berguna dan plugin ini Saya jadikan sebagai rekomendasi fitur wajib yang harus ada untuk setiap situs WordPress.

Pastikan untuk menginstalnya untuk meningkatkan peringkat situs Anda di search engine.

6. Smush Image Compression and Optimization

smush image kompresi data gambar

 

Gambar merupakan elemen vital pada sebuah website. Tanpa gambar, konten Anda bisa terlihat hambar dan kurang menarik.

Sekitar 37% marketers mengatakan bahwa konten visual adalah konten terpenting untuk bisnis mereka.

Gambar yang ditampilkan pun harus relevan dan menarik. Namun gambar berkualitas tinggi cenderung memiliki kuantitas file yang cukup besar yang membuatnya lambat untuk dimuat.

Jadi sekarang Anda memiliki sebuah dilema besar yang harus Anda hadapi. Jika Anda memilih untuk tidak menampilkan gambar, Anda berisiko membuat pengunjung Anda bosan. Tetapi jika Anda menggunakannya terlalu banyak, Anda berisiko membuat pengunjung frustrasi dengan halaman yang dimuat dengan sangat lambat.

Anda sebenarnya dapat mengkompres setiap gambar secara manual sebelum mengunggahnya ke situs web Anda, namun siapa yang punya waktu untuk itu?

Itulah mengapa Anda memerlukan Smush plugin. Plugin ini memiliki fungsi untuk mengkompres dan mengoptimalkan gambar Anda secara otomatis.

Dengan begini, Anda dapat menggunakan banyak gambar pada halaman atau posting Anda, sekaligus menjaga waktu muat website Anda agar terus berjalan dengan cepat.

Di sini Anda bisa melihat seperti apa plugin itu saat menjalankan “Bulk Smush.”

 

bulk smush wpmudev

Setelah menginstal plugin, ikuti panduan plugin untuk bulk-smush (mengkompres) semua gambar Anda.

Selanjutnya, pastikan fitur “Automatic smushing enabled” yang muncul di sudut kanan atas.

Smush akan menunjukkan berapa banyak kapasitas (megabyte/kilobyte) yang berhasil Anda kompres pada sisi kanan tampilan.

Anda juga memiliki pilihan untuk mengupgrade plugin WP Smush Pro untuk mendapatkan layanan premiumnya. Versi pro memberikan kompresi yang lebih baik dan menghilangkan batas pengkompresian.

Dengan menggunakan plugin Smush ini Anda dapat terus mempublikasikan konten visual Anda tanpa harus mengkhawatirkan waktu muat di website Anda.

7. WPForms

wp forms

 

Salah satu cara termudah bagi orang untuk menghubungi Anda di website Anda adalah dengan formulir kontak.

Sangat jarang ada orang yang ingin menyalin dan menempelkan alamat email secara manual. Jadi, permudahlah mereka untuk mengirim email kepada Anda langsung dari halaman website Anda. Hal ini akan sangat memudahkan pelanggan Anda terutama pada perangkat seluler.

Maka solusi untuk membuat form terbaik adalah dengan menginstal WPForms. Plugin ini sangat ramah pengguna dan juga memiliki fitur yang bagus.

 

wp forms gratis

WPForms memiliki sistem drag and drop dalam membuat formulir sehingga mudah untuk digunakan. Anda juga dapat menghemat waktu dengan memilih template yang sudah disediakan. Kemudian, Anda dapat menyesuaikan bentuknya dengan menambahkan elemen yang Anda butuhkan.

 

wp forms

 

Misalnya, Anda ingin menambahkan field nomor telepon atau menghapus bidang baris subjek pesan.

Setelah selesai, Anda dapat mengklik tombol embed di bagian atas jendela dan mem-paste kode pendek tersebut ke halaman yang Anda inginkan untuk dimunculkan.

Tampilannya yang sederhana dapat disesuaikan dengan tema Anda. Formulir yang dihasilkan juga responsif dan mobile-friendly secara default.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat