PHP Framework Terbaik yang Patut Anda Gunakan

PHP Framework Terbaik yang Patut Anda Gunakan

PHP Framework Terbaik yang Patut Anda Gunakan

Hasil gambar untuk PHP Framework Terbaik yang Patut Anda GunakanJogja One Solution – Ada banyak hal yang harus mengerjakan jika ingin membuat dan mengembangkan website atau aplikasi dari nol, salah satunya adalah menciptakan fungsionalitas. Sayangnya terkadang fungsionalitas yang sudah ada hanya terperbarui, dan itu melakukan berkali-kali. Sama seperti ketika ban tertemukan pertama kali. Lalu seiring berjalannya waktu, ban hanya akan diperbarui menurut tuntutan pasar dan kebutuhan mobil atau motor. Agar Anda tidak perlu melakukan repetisi terhadap suatu fitur atau fungsionalitas, gunakan framework software. Software ini akan menyediakan fondasi di mana Anda bisa mewujudkan website atau aplikasi yang teringinkan. Berikut ini PHP Framework Terbaik yang Patut Anda Gunakan

Apa Itu PHP Framework

Anda pernah mendengar istilah HTML framework, CSS framework, atau JavaScript framework? Nah, PHP framework juga mempunyai fungsi yang hampir sama, lho!

Yakni sebagai platform yang menyediakan code atau file libraries yang memiliki berbagai fungsi atau struktur dasar untuk mengembangkan web apps. Tentunya, seluruh file maupun code yang disediakan oleh PHP framework adalah berbasis PHP.

Apa Saja Manfaatnya

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari PHP framework, beberapa diantaranya adalah:

a.  Efisiensi waktu

berkat libraries, fitur, dan tools yang disediakan PHP framework, Anda tak perlu bersusah payah membuat aplikasi web dari nol. Hasilnya, Anda bisa menyelesaikan proyek dalam waktu singkat.

b.  Lebih Aman

berbekal tools dan fitur keamanan, PHP framework bisa meminimalisir berbagai ancaman serangan hackers, termasuk SQL injections.

c.  Maintenance yang lebih mudah

PHP framework mendukung model-view-controller (MVC) architecture pattern yang membagi aplikasi menjadi tiga bagian, yakni: models, views dan controllers. Sehingga, proses maintenance web apps Anda menjadi jauh lebih mudah.

d.  Kemudahan melakukan berbagai common tasks

libraries dalam PHP framework juga menyediakan banyak functions dan classes untuk melakukan berbagai common tasks seperti form validation, URL mapping, caching, dan sebagainya.

Beberapa Opsi Framework PHP Terbaik

Tertarik memanfaatkan PHP framework? Berikut daftar beberapa framework PHP terbaik yang patut Anda pertimbangkan:

1.  LARAVEL

Laravel merupakan PHP framework terpopuler di dunia. Hebatnya, selain membekali dengan fitur dan tools yang sangat lengkap, Laravel juga menawarkan banyak add-ons serta terintegrasi dengan berbagai libraries maupun platforms pihak ketiga. Alhasil, Anda dapat membangun aplikasi web dengan skalabilitas dan performa yang optimal.

Fitur unggulan Laravel

  • Menawarkan fitur keamanan yang mumpuni; seperti authentication, encryption, dan hashing.
  • Mendukung MVC architecture pattern dengan fitur bawaan yang komplit; sehingga memudahkan Anda untuk meningkatkan performa dan keamanan aplikasi web Anda.
  • Dibekali dengan Blade templating engine yang mampu menyederhanakan proses pengembangan tampilan website.
  • Mempunyai dukungan komunitas dan dokumentasi yang sangat lengkap.

2.  ZEND/LAMINAS PROJECT

Zend merupakan object-oriented framework yang mendukung MVC architecture. Karena kemampuannya dalam menciptakan aplikasi kelas enterprise, Zend banyak memanfaatkan oleh perusahaan ternama dunia (seperti BBC, Cisco Webex, AutoTrack, dan BNP Paribas). Saat ini, Zend telah beralih menjadi Laminas Project.

Fitur unggulan Zend

  • Merupakan open source framework dengan dukungan komunitas developer yang menjanjikan serta dokumentasi yang komplit.
  • Kemudahan mengintegrasikan Zend dengan libraries eksternal untuk meningkatkan fungsionalitasnya.
  • Dibekali dengan Laminas API Tools untuk membuat APIs yang berkualitas.
  • Menawarkan sistem yang fleksibel. Jadi, Anda diperbolehkan untuk hanya menggunakan komponen yang dibutuhkan.

3.  SYMFONY

Symfony PHP FrameworkSymfony merupakan PHP framework dengan dukungan komunitas yang sangat besar, yakni lebih 600 ribu developers dari berbagai negara. Menariknya lagi, Symfony juga hadir di Stack Overflow dan Slack Chat untuk membantu Anda mengatasi segala permasalahan selama menggunakan framework ini.

Fitur unggulan Symfony

  • Menawarkan modular component system untuk membebaskan Anda memilih komponen yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.
  • Mendukung berbagai databases, seperti: MySQL, PostgreSQL, Oracle, Drizzle, dan sebagainya.
  • Dibekali dengan Twig template engine yang mempunyai fleksibilitas, keamanan, dan kecepatan yang bisa diandalkan.
  • Membawa fitur testing untuk menguji apakah kode yang ditambahkan bisa berjalan dengan baik atau malah menimbulkan bugs.

4. Phalcon

Phalcon merupakan PHP framework yang unik karena source code-nya ditulis dalam bahasa pemrograman C. Namun, Anda tak perlu belajar C programming language untuk bisa menggunakan Phalcon. Menariknya lagi, Phalcon dikenal sebagai salah satu framework tercepat dan mampu menangani lebih banyak requests per detik daripada framework lainnya.

Fitur unggulan Phalcon

  • Mendukung banyak databases; termasuk MySQl, SQLite, Microsoft Bl, Oracle, MongoDB, dan MariaDB.
  • Hadir dengan template engine bernama Volt yang mempunyai performa sangat cepat dan user-friendly.
  • Dibekali dengan komponen cache untuk membantu Anda mengakses data lebih cepat.
  • Menawarkan komponen i18n yang memungkinkan Anda membuat aplikasi multibahasa.

5. CodeIgniter

CodeIgniter PHP FrameworkSebagaimana keempat framework sebelumnya, CodeIgniter juga merupakan PHP framework berbasis MVC architecture. Tapi uniknya, Anda juga bisa menggunakan CodeIgniter untuk membuat kode aplikasi non-MVC. Dan kabar baiknya, framework ini mempunyai ukuran yang kecil (sekitar 2 MB) dan mempunyai opsi konfigurasi yang sangat sederhana.

FITUR UNGGULAN CODEIGNITER

  • Dibekali dengan fitur dan tools keamanan yang mumpuni, seperti: CSRF protection dan XSS filtering.
  • Merupakan open source framework dengan komunitas yang sangat aktif. CodeIgniter mempunyai forum, Slack channel, dan GitHub repository di mana Anda bisa mendiskusikan dan meminta bantuan terkait framework ini.
  • Mendukung berbagai metode caching untuk meningkatkan kecepatan aplikasi web Anda.
  • Membawa fitur error handling functions yang canggih untuk membantu Anda mendeteksi dan mengatasi error dengan cepat dan akurat.

Selain kelima opsi di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan beberapa framework PHP terbaik lainnya seperti:

  • Yii (www.yiiframework.com)
  • CakePHP (cakephp.org)
  • FuelPHP (fuelphp.com)
  • Slim (www.slimframework.com)
  • Fat-Free Framework (F3) (fatfreeframework.com) 
  • PHPixie (phpixie.com)

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat