Perlunya Melakukan Riset Pasar Dalam Bisnis

Perlunya Melakukan Riset Pasar Dalam Bisnis

Perlunya Melakukan Riset Pasar Dalam Bisnis

6 Langkah Dasar Untuk Melakukan Riset Pemasaran - Kembar.proJogja One Solution – Riset pemasaran berarti melakukan riset terhadap pasar untuk menentukan bentuk pemasaran yang tepat bagi bisnis. Riset pasar merupakan metode efektif dalam melihat kebutuhan dan keinginan pasar, mencari tahu berbagai peluang yang ada hingga preferensi konsumen. Karena dinamika industri yang fluktuatif, sebuah bisnis akan sulit bertahan tanpa melakukan riset pasar dan mencari tahu keinginan para konsumen. Riset pasar berarti mengumpulkan data dari target pasar yang menjadi sasaran produk atau jasa dari suatu bisnis. Data-data yang dikumpulkan berupa kebutuhan pasar, peluang bisnis, tantangan, hingga informasi mengenai kompetitor. Setelah data terkumpul, maka bisa dilakukan analisis yang berujung pada pengetahuan akan tren, posisi bisnis di tengah persaingan, dan mencari segmen pasar. Setelah menemukan jawaban-jawaban ini, langkah bisnis selanjutnya adalah menentukan keputusan, misalnya, menambah diskon, membuka cabang, atau menambah karyawan. Perlunya melakukan riset pasar dalam bisnis, yuk simak artikelnya.

Langkah-langkah untuk melakukan riset pasar

  • Tentukan produk apa yang akan anda buat dan yang diincar oleh masyarakat/pengguna
  • Lakukan survey
  • Tentukan seberapa besar pasar yang bisa anda raih. Setelah melakukan suvey, anda dapat mengetahui potensi pasar yang akan anda raih
  • Ketahui kompetitor dan hambatan yang mungkin akan anda hadapi
  • Lakukan uji prototype dari produk anda di pasar. Anda akan mendapatkan feedback langsung dari mereka.
  • Pantau terus tren yang sedang berkembang di pasar, sehingga anda gampang untuk memasarkan produk anda.

Fungsi dari melakukan riset pasar adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengetahui kebiasaan pasar sehingga pemasaran produk lebih tepat sasaran dan lebih terarah.

Pentingnya riset pemasaran bagi anda yang memiliki suatu usaha tentunya akan berkaitan dengan penentuan keputusan tentang bagaimana strategi pemasaran yang akan dilakukan. Sehingga pemasaran produk anda tidak sia-sia atau lebih terarah.

  • Menghemat waktu serta tenaga dan juga materi.

Dengan melakukan riset pasar, anda mengetahui cara yang paling efektif untuk memasarkan produk anda. Hal ini juga bisa menghemat biaya, karena anda melakukan sesuatu usaha pemarasaran yang benar-benar dibutuhkan.

  • Dapat melihat berapa besar peluang pemasaran disetiap daerah.

Pastinya dalam riset pemasaran anda akan melakukannya secara merata di setiap daerah pilihan, entah dipilih secara acak ataupun sistematis. Melalui riset pasar anda bisa sekaligus melihat keinginan pasar tentang suatu produk sejenis. Tentunya hal ini akan memberikan gambaran untuk anda dan usaha anda untuk menciptakan usaha penguatan produk anda.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat