Perbedaan Web API dan Web Service

web API vs web Service

web API vs web ServicePERBEDAAN WEB API DAN WEB SERVICE

Website – Di kalangan programmer millenial, penggunaan API dan Web Sevice sudah banyak diimplementasikan. Keduanya sangat berperan penting dalam pembuatan website. Meskipun keduanya memiliki peranan yang penting, tetapi kedua hal tersebut berbeda.  Jika Web Service berperan pada back-end website, API berperan dalam menjembatani antar software atau fungsi yang berbeda.

Lalu apa perbedaan dua hal di atas? Kali ini kita akan membahas tentang hal tersebut. Tetapi, sebelum membahas perbedaan tersebut. Mari kita bahas satu persatu.

API (Application Programming Interface)

Definisi dari API adalah sekumpulan instruksi program dan protokol yang digunakan untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API berperan sebagai pembawa pesan yang menerima permintaan pengguna dan memberitahu sistem apa yang harus dilakukan, lalu memberikan respons yang sesuai untuk permintaan tersebut. Sebagai analogi, dalam sebuah rumah makan anggaplah pelanggan adalah pengguna aplikasi dan dapur adalah sistem. Dapur akan menyiapkan pesanan atau permintaan pelanggan, dalam analogi ini, API adalah pelayan yang mengkomunikasikan pesanan pelanggan ke dapur atau sistem dan membawa kembali makanan dan minuman yang sesuai dengan permintaan.

Web Service

Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layanan-layanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service. Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.

Perbedaan antara API dan Web Service

Jadi pada dasarnya Web Service itu adalah method yang menjembatani antar 2 machine atau 2 sistem yang berbeda untuk bisa berkomunikasi dalam sebuah jaringan sedangkan API adalah kumpulan library atau fungsi dalam pembuatan software untuk dapat berkomunikasi antara 2 software yang berbeda.

  1. Semua web service adalah API sedangkan semua API bukanlah web service
  2. Web service mungkin tidak support untuk melakukan semua operasi sedangkan API bisa
  3. Web service hanya menggunakan SOAP, REST, XML-RPC untuk berkomunikasi sedangkan API semua type dari komunikasi
  4. Web service selalu membutuhkan semua jaringan dalam pengoperasiannya sedangkan API tidak selalu menggunakan jaringan
  5. API memfasilitasi interaksi langsung antara 2 aplikasi yang berbeda sedangkan Web tidak, hanya menjembatani dalam sebuah jaringan.

Jadi, sudah paham belum tentang perbedaan antara API dan Web Service. Semoga artikel ini membantu ya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat