Perbedaan USB OTG dan USB Host

Perbedaan USB OTG dan USB Host

PERBEDAAN USB OTG DAN USB HOST

Hardware – Memang apa si perbedaan USB OTG dan USB Host? USB OTG? Apaan si? Kok belum pernah denger? Jika itu pertanyaan kalian, kita akan mengulasnya di artikel ini.

Spesifikasi smartphone tidak hanya diukur dari chipset yang digunakan, jumlah memori internal, besarnya RAM, kapasitas baterai dan sebagainya. Namun ternyata juga ada salah satu spesifikasi penting dari smartphone yang kerap dilupakan banyak orang, yaitu adalah dukungan jenis USB OTG. Apakah smartphone tersebut mendukung USB OTG? atau hanya mendukung USB Host saja? Karena kedua dukungan USB tersebut ternyata memiliki fungsi yang berbeda, sekaligus rasanya sangat penting untuk menujang aktivitas smartphone anda.

Maka demikian, berikut ini adalah penjelasan tentang USB OTG dan USB Host beserta perbedaannya yang wajib anda ketahui.

Apa Itu USB OTG?

Image: fonepaw.com

USB OTG (On-The-Go) adalah spesifikasi perangkat seperti pemutar audio digital atau smartphone yang memungkinkan perangkat USB lain untuk bisa saling terhubung. Contohnya, USB OTG dapat dihubungkan dengan USB Flashdisk, kamera, mouse, dll.

Intinya, fitur yang ada pada perangkat USB OTG akan memudahkan anda ketika melakukan transfer data dari smartphone ke perangkat lain melalui sambungan kabel. Artinya, dengan bantuan kabel OTG ini, anda bisa membaca, menyalin, dan memindahkan data yang ada di flashdisk langsung lewat smartphone, tanpa harus memindahkannya terlebih dulu menggunakan komputer.

Jadi kesimpulannya menyatakan bahwa USB OTG sangat membantu pengguna untuk dapat langsung memindahkan berbagai data yang ada pada perangkat flashdisk maupun penyimpanan eksternal lainnya, tanpa harus repot-repot memindahkannya melalui perangkat komputer terlebih dulu.

Bagaimana Jika Smartphone Tidak Mendukung Fitur USB OTG?

Meskipun sangat disayangkan sekali, akan tetapi smartphone yang tidak mendukung fitur USB OTG bukan berarti tidak dapat melakukan transfer data dari perangkat flashdisk. Namun harus menggunakan perangkat media pihak ketiga terlebih dulu, seperti komputer maupun laptop. Misalnya anda ingin memindahkan data dari perangkat flashdisk ke smartphone, maka data tersebut harus anda pindahkan terlebih dulu ke komputer. Baru kemudian data yang ada di perangkat komputer dipindahkan ke smartphone dengan menggunakan kabel USB.

Tentu saja cara tersebut dinilai sama sekali tidak praktis, belum lagi pastinya akan memakan banyak waktu dibandingkan dengan menggunakan perangkat USB OTG. Meskipun terbilang tidak efisien, namun hal itu adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan untuk memindahkan data dari flashdisk untuk smartphone yang tidak mendukung fitur USB OTG.

Apa Itu USB Host?

Image: beeol.blogspot.com

USB Host adalah fitur yang membuat sebuah smartphone mampu mengenali semua jenis perangkat USB, mulai dari flashdisk, kamera digital, mouse, dan sebagainya. Fitur USB Host pertama kali diperkenalkan oleh Google pada saat android masih menggunakan versi Honeycomb. Dan fitur ini sebenarnya mirip dengan USB OTG, namun sedikit berbeda. Adapun perbedaannya terletak pada protokol yang digunakan.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa USB Host (Host Mode) yang terdapat pada Android memungkinkan untuk perangkat android berperan sebagai Host (Tuan Rumah) yang bisa mengontrol berbagai USB yang terhubung dengan smartphone itu sendiri. Bahkan sekaligus dapat membaca USB Flashdisk, menfungsikan keyboard dan mouse di Android dan banyak hal lainnya.

Adapun smartphone yang mendukung fitur USB Host, biasanya juga akan mendukung fitur USB OTG. Beberapa nama di bawah ini merupakan aplikasi yang dapat memastikan apakah smartphone anda mendukung fitur USB Host & OTG atau tidak. Berikut adalah nama aplikasinya, dan anda bisa mengunduhnya secara resmi di playstore.

  • Easy OTG Checker
  • USB Host Check
  • USB OTG Checker
  • dan lain sebagainya.

Kesimpulan

USB Host dan USB OTG sepintas terlihat sama, sekaligus memiliki salah satu fungsi yang sama, seperti sama-sama berfungsi untuk memudahkan smartphone dalam hal mentransfer data dari penyimpanan eksternal.

Meskipun demikian, pada kenyataannya USB Host dan USB OTG memiliki aspek yang berbeda, khususnya pada bagian protokol yang digunakan. Dan hal itu sudah cukup jelas untuk menyatakan bahwa dua perangkat USB tersebut memang berbeda. Ditambah lagi secara definisi, USB Host dan OTG juga memiliki perbedaan. Yaitu, USB Host mempunyai pengertian yang lebih luas dibandingkan dengan perangkat USB OTG. Selain itu, USB Host berbentuk sistem, sementara USB OTG adalah alat. Walaupun mempunyai banyak perbedaan, akan tetapi dua perangkat usb tersebut dapat saling melengkapi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat