Perbedaan Terabyte, Gigabyte, dan Petabyte

Perbedaan Terabyte, Gigabyte, dan Petabyte

Perbedaan Terabyte, Gigabyte, dan Petabyte

Jogja One Solution – Saat membeli laptop pastinya kalian mencari dengan spesifikasi trbaik. Paling banyak diperhatikan adalah media penyimpanannya. Kapasitas penyimpanan menjadi suatu yang sangat penting. Nah berikut perbedaan terabyte, gigabyte, dan petabyte.

Berikut Perbedaan Ketiganya

Mengenal satuan kapasitas penyimpanan data

Ukuran penyimpanan data komputer menggunakan satuan bytes. Untuk mengetahui mana ukuran yang besar dan yang kecil, kamu sebaiknya tahu mengenai susunan tangga konversi pengukuran satuan kapasitas penyimpanan data. Dimulai dari yang terkecil byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, terabyte, petabyte, dan exabyte yang terbesar.

Satuan kapasitas penyimpanan data juga seringkali disingkat penulisannya menggunakan simbol satuan. Biasanya ditulis menggunakan huruf-huruf awal pada setiap satuan ditambah “B” sebagai bentuk singkatan dari byte. Sebagai contoh GB untuk gigabyte, TB untuk terabyte, dan seterusnya.

Lantas, bagaimana untuk mengetahui jumlah kapasitasnya? Sekedar informasi, perhitungan byte berbeda dengan cara menghitung satuan lain, seperti gram atau meter. Pasalnya, nilai 1 KB nggak sama dengan 1.000 B, melainkan 1 KB setara dengan 1.024 B. Kemudian, untuk mengkonversi dari satu unit ke unit lain, ketahuilah bahwa setiap level turun maka satuan harus dikalikan 1.024, sementara saat level naik, satuan harus dibagi 1.024.

kapasitas penyimpanan data _isi_sosmed

Gigabyte

Gigabyte adalah satuan yang sangat sering ditemukan dalam spesifikasi RAM, SSD, dan HDD laptop atau desktop. Satuan ini juga sering digunakan untuk merujuk kapasitas penyimpanan dalam cloud dan perangkat keras lain seperti flashdisk.

Menurut International Systems of Units, 1 GB mengacu pada satu miliar byte atau 10 pangkat 9 byte. Dalam kata lain, 1 GB setara dengan 1.024 MB atau sama dengan 1.048.476 KB dan 1.073.741.824 byte.

Jadi, jika sebuah laptop memiliki 1 GB HDD, maka kapasitas tersebut diperkirakan bisa menampung 250 lagu, 50.000 email tanpa attachments, 353 video YouTube berdurasi 1 menit, dan 250 foto berkapasitas 10 megapiksel.

Terabyte

Kata tera berasal dari kata Yunani yang berarti monster. Terabyte memiliki nilai satu triliun byte atau 10 pangkat 12 byte. Lebih tepatnya 1 TB dapat didefinisikan sebagai 1.024 GB atau setara dengan 1.099.511.627.776 byte.

Satuan terabyte mudah dijumpai dalam kapasitas hard disk laptop atau desktop modern. Dalam 1 TB, sebuah laptop juga dapat menampung 130.000 foto digital, 150 jam  recording HD, serta 472 jam video.

kapasitas penyimpanan data _isi_storage center

Petabyte

Sekarang, satuan selanjutnya adalah petabyte yang memiliki nilai sangat besar dan mulai populer saat ini. Dalam 1 PB setara dengan 1.024 TB atau 1 quadrillion bytes (10 pangkat 15). Jika dikalkulasikan, maka ukuran 1 PB memungkinkan kamu dapat menyimpan 341 juta MP3 berdurasi tiga menit atau 10 miliar foto di Facebook. Dengan demikian, petabyte menjadi tingkat penyimpanan tertinggi dibandingkan gigabyte dan terabyte.

Sudah tahu, ‘kan, perbedaan ketiga penyimpanan data antara gigabyte, terabyte dan petabyte? Setelah baca artikel ini, jadi makin tahu deh perbedaan jenis-jenis kapasitas penyimpanan data gigabyte, terabyte dan petabyte. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat