Perbedaan Quad Core dan Dual Core

Perbedaan Quad Core dan Dual Core

Perbedaan Quad Core dan Dual Core

Jogja One Solution – Prosesor adalah otak dari sebuah device. Meskipun begitu, salah satu yang mempengaruhi kinerja prosesor adalah jumlah core di dalam. Jumlah inti dalam prosesor adalah pembeda utama antara Dual Core vs Quad Core. Nah kali ini kita akan membahas perbedaan quad core dan dual core.

Perbedaan Dual Core vs Quad Core

Sesuai namanya, prosesor Dual Core memiliki dua core dalam satu chip, sedangkan prosesor Quad Core memiliki empat core.

  • Kemampuan multitasking

Jumlah core ternyata mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Semakin banyak core yang dimiliki, maka semakin cepat aplikasi atau program yang sedang dibuka atau dijalankan. Ini berarti laptop dengan empat core dapat melakukan tugas-tugas intensif dalam satu waktu secara lebih responsif melampaui kemampuan prosesor Dual Core.

Sebagai gambaran, kamu bisa membayangkan jalan raya dengan dua jalur dan empat jalur. Sementara mobil-mobil yang melewati jalan-jalan tersebut bisa diibaratkan sebagai perangkat lunak atau program yang kamu gunakan dalam laptop. Saat jam-jam sibuk, kondisi lalu lintas pada jalan yang jalurnya lebih banyak tentu cenderung lebih lancar dibanding jalan dengan dua jalur saja. Nah, dari contoh inilah terungkap bahwa mengapa proses multitasking akan bisa lebih maksimal pada prosesor Quad Core.

Intel Quad Core

Di sisi lain, beberapa perangkat lunak atau game terbaru sudah mendukung lebih dari dua core, sehingga prosesor Quad Core bisa jadi pilihan bagi para desainer, video editor, hingga gamer. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kinerja terbaik dan solusi paling awet di masa depan.

  • Konsumsi daya

Lalu, bagaimana dengan daya tahan baterai Dual Core vs Quad Core? Secara teori, semakin banyak jumlah core maka semakin tinggi konsumsi daya yang dibutuhkan.

Yap, prosesor Dual Core cenderung memiliki daya tahan baterai yang lebih baik ketimbang laptop dengan prosesor quad core. Soalnya, prosesor Dual Core menggunakan lebih sedikit tenaga untuk bekerja sehingga baterai laptop nggak mudah lowbat. Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu, prosesor Quad Core terbaru kini telah dirancang lebih hemat daya dibandingkan prosesor Dual Core lama, lho!

  • Panas laptop

Ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya overheat. Meskipun begitu, prosesor yang lebih banyak inti lebih mudah menyebabkan timbulnya panas. Soalnya, panas yang muncul umumnya disebabkan beratnya beban kerja dari prosesor. Karena itulah, laptop Quad Core selalu didukung sistem pendingin yang lebih baik.

Kesimpulannya, Dual Core vs Quad Core memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu, saat memilih laptop, pastikan memilih perangkat yang sesuai kebutuhan. Jika kamu rutin melakukan pekerjaan kompleks seperti editing video atau membuat desain grafis, laptop dengan Quad Core adalah pilihan terbaik. Sebaliknya, laptop dengan Dual Core bisa dipilih oleh day to day laptop user

Oke, perbedaan Intel Dual Core dengan Intel Quad Core sudah tahu donk sekarang? Tinggal pilih mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu, deh! Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat