Perbedaan Mobile Aplikasi Dan Mobile Web

Perbedaan Mobile Aplikasi Dan Mobile Web

Perbedaan Mobile Aplikasi Dan Mobile WebPERBEDAAN MOBILE APLIKASI DAN MOBILE WEB

Mobile – Bagi yang masih awam pada dunia pemrograman mobile, banyak yang belum tahu apa perbedaan antara mobile aplikasi dan mobile web. Untuk mengembangkan aplikasi sebelumnya kalian harus mengetahui tentang perbedaan ini, karena pengembangan aplikasi harus sesuai dengan kubutuhan pasar dan konsumen. Berikut beberapa perbedaan antara mobile aplikasi dan mobile web.

Pengertian Mobile Aplikasi (Mobile Apps)

Sedangkan mobile apps adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk perangkat mobile yang penggunanya harus melakukan pengunduhan atau download serta menginstall dari toko aplikasi seperti Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat iOS dan masih banyak lagi toko aplikasi yang sesuai dengan platform smartphone.

Pengertian Mobile Web

Mobile web adalah halaman HTML berbasis browser yang diakses menggunakan perangkat portable (smartphone atau tablet) melalui jaringan seluler seperti 3G, 4G maupun Wifi. Mobile Web dirancang untuk menampilkan data seperti teks, gambar, dan video dari sebuah website kedalam sebuah tampilan yang lebih kecil yakni perangkat mobile.

Perbandingan Mobile Web dan Mobile Apps

Secara garis besar perbedaan keduanya terletak di cara pengaksesan informasi atau data. Mobile web memerlukan aplikasi browser untuk mengakses informasi dari sebuah domain yang telah ditentukan. Mobile web juga sangat bergantung dengan saluran internet Anda. Secara jelas, mobile web tidak akan dapat digunakan jika tidak ada koneksi internet. Sedangkan mobile apps bisa saja keduanya. Konten – konten yang tersedia di mobile apps bisa di akses tanpa internet atau berbasis offline. Tetapi ada juga perangkat mobile apps yang harus terkoneksi dengan internet atau online.

Perbedaan Mobile Web dan Mobile Apps

  1. Aplikasi Mobile merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi di dunia yang merupakan suatu aplikasi yang dapat langsung di unggah di dalam ponsel atau gadget. Sedangkan Mobile Web adalah situs web untuk mengakses internet pada ponsel Anda yang sebetulnya dapat diakses juga melalui komputer atau laptop. Mobile Web biasanya dapat dibuka pada browser ponsel.
  2. Dilihat dari Notifikasi, Aplikasi Mobile dapat memberikan notifikasi maupun pemberitahuan dengan sangat mudah kepada para pengguna aplikasi mobile Sedangkan Mobile Web sulit untuk memberikan pemberitahuan atau notifikasi, karena para pengguna cenderung hanya sebentar mengakses pada web mobile.
  3. Aplikasi Mobile merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mempertahankan pelanggan. Karena para pelanggan yang pernah menggunakanya akan cenderung menggunakan lagi. Sedangkan Mobile Web merupakan pilihan yang bagus untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena kemudahan untuk mencari sesuatu dalam link yang tersebar dibandingkan mengunggah sebuah aplikasi baru.
  4. Aplikasi Mobile dijadikan sebagai “Loyalty Machine” yang merupakan alat loyalitas pelanggan dengan diharapkan dapat melakukan hal yang lebih dan lengkap (cth: transaksi langsung, contact langsung, pemesanan langsung, Gallery dll). Sedangkan Mobile Web dijadikan dan dimanfaatkan dengan baik sebagai “Catalog” suatu produk tertentu.
  5. Lokasi dan Informasi Pribadi adalah suatu hal yang penting agar diketahui dimana lokasi si pengguna. Lokasi dan Informasi Pribadi pada Aplikasi Mobile lebih lengkap dan details. Jika dibandingkan dengan Mobile Web yang biasanya hanya memberikan kode lokasi.

Sudah jelas bukan perbedaan antara Mobile Apps dan Mobile Web? Manakah yang akan Anda gunakan? Mobile Apps (Aplikasi Mobile) atau kah Mobile Web?

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat