Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet

Salam Sejahtera…

Jogja One Solution, Teknologi di era sekarang ada banyak sekali dan sudah menjadi kebiasaan setiap hari kita bahkan ada juga yang sudah menjadi kebutuhan setiap harinya. Teknologi ada berbagai macam jenis, Ingin tau..? Simak artikel di bawah…

Ada yang sudah tau tenteng perbedaan internet dengan intranet?, Kali ini kita akan bahas tentang perbedaan internet dengan intranet…

Pengertian Internet

Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Hal inilah yang membuat kita dapat saling berinterkasi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi dengan orang lain di seluruh dunia.

 Pengertian Intranet

Jika internet bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, Maka hal itu berbeda dengan Intranet. Pasalnya, Intranet adalah suatu jaringan (Private Network) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal yang sudah ditentukan. Misalnya, Hanya bisa digunakan di kantor/perusahaan saja. Bisa digunakan di kelas/sekolah saja, Universitas, dll. Intinya, Intranet merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa diakses di wilayah lokal/kecil tertentu saja. Hal itu juga menunjukkan kalau intranet tidak bisa diakses di mana pun berada.

Kesimpulannya internet dapat diakses siapa saja sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh beberapa user yang sudah lolos verifikasi. Berikut ini perbedaan-perbedaan utama antara internet dan intranet.

=> Intranet adalah bagian dari internet, Tapi tidak sebaliknya.

=> Siapapun bisa mengakses internet, Sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan saja. Biasanya untuk bisa masuk ke intranet, User harus login terlebih dahulu.

=> Jumlah user yang bisa mengakses internet tidak terbatas, Sedangkan jumlah user intranet dibatasi dalam satu perusahaan atau satu organisasi saja.

=> Konten-konten yang ada di internet terdiri dari berbagai jenis dan berasal dari berbagai sumber. Konten-konten tersedia bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya. Sedangkan konten-konten yang ada di jaringan intranet merupakan konten yang sudah spesifik dan hanya berguna bagi kepentingan organisasi atau perusahan. Konten intranet hanya tersedia bagi staf organisasi dan tidak ditujukan untuk publik.

=> Internet tidak dimiliki oleh golongan atau organisasi tertentu. Sedangkan jaringan intranet merupakan kepunyaan suatu organisasi atau perusahaan tertentu. Makanya jaringan internet disebut sebagai jaringan publik dan jaringan intranet disebut sebagai jaringan private.

Dari sini bisa mengetahui bersama tentang teknologi dan sebagainya, Dan untuk pembuatan Wab Site, Aplikasi Software, Maupun Khursusnya juga bisa..
Hub No di dalam halaman ini/dengan saya langsung bisa di 0822 3073 3138

Baca Juga : Pembuatan robot dari kardus

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat