Perbedaan dan persamaan blog dan website

Perbedaan dan persamaan blog dan website

Perbedaan dan persamaan blog dan website

Perbedaan Blog dan Website - Jetorbit Blog - Tutorial dan Informasi Web  Hosting Indonesia

Jogja One Solution – Sekitar 10 tahun yang lalu ketika dunia internet belum berkembang pesat seperti sekarang, kita belum mengenal istilah blog, yang ada hanya website dengan ciri utamanya ada simbol http://www… Nah, saat ini dengan semakin banyak fasilitas untuk membuat website untuk kegiatan melakukan pencatatan harian, maka muncul istilah blog. Apa saja perbedaan yang mendsar, mari kita ulas bersama. Bagi sebagian orang, banyak yang bertanya dan bingung mengenai perbedaan blog dan website, sedangkan sebagian yang lain belum mengerti apa itu website dan apa itu blog. Yuk simak Perbedaan dan persamaan blog dan website berikut ini

 

 

 

 

Banyak yang tanya apa persamaan juga perbedaan blog dengan website, mari kita bahas secara lengkap mengapa ada kedua istilah tersebut dan apa perbedaan dan persamaannya. Sebelum membahas semakin mendalam perlu diketahui bahwa blog dan website memiliki tujuan yang sama yaitu menyediakan konten secara online dan hanya tujuan yang membedakan sehingga mengakibatkan fitur yang berbeda. Kalau kita berkunjung ke Wikipedia dan mencari tahu tentang definisi website, coba cari informasi pada bagian tipe website, maka kita akan menemukan ternyata blog termasuk tipe dari website. Blog ternyata singkatan dari Web Log yang intinya merupakan website yang difungsikan sebagai buku harian online, postingan-nya sendiri biasanya tentang topik tertentu.

                                         Hasil gambar untuk persamaan blog dan website

Persamaan web dan blog

1. Sama-sama memiliki alamat url untuk dapat mengaksesnya.

2. Mempunyai pemilik baik itu perseorangan maupun kelompok ataupun perusahaan.

3. Alat atau sarana yang digunakan pemilik untuk menyampaikan atau mempromosikan sesuatu kepada pembacanya.

Perbedaan Web dan Blog
1. Artikel diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan.
Hal ini merupakan warisan dari aspek jurnal / diary online untuk blog. Sebelum menjadi bentuk yang sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat publisher memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.

2. Mudah dalam menambahkan konten baru
Pada umumnya blog memiliki “dashboard”/back-end untuk mengelola artikel yang mudah digunakan, oleh pengguna internet awam sekalipun. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.

3. Konten diupdate secara berkala
Dalam hal ini, untuk sebuah blog yang dirawat dengan baik. Hal ini membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan konten terbaru

4. Blog memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar
Hal ini memciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.

5. Yang membuat Blog lebih dipercaya dari website biasa : Blog merupakan “percakapan”.
Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Sudah ada gambaran tentang apa itu blog dan website? 🙂 Ternyata menurut Wikipedia blog adalah website dengan fungsi khusus. Jika anda pernah menjumpai web dengan tambahan halaman blog itu berarti website yang mempunyai fitur blog, beda dengan blog yang belum tentu memiliki fungsi seperti website. Seperti halnya forum, forum juga tipe website dengan fungsi khusus sama juga dengan blog, jika kita membandingkan blog dengan website maka kita akan menemukan perbedaan yang sedikit, karena website mempunyai arti secara luas dan blog memiliki arti secara sempit.
Mengenai pentingnya kenapa kita mengetahui perbedaan blog dan website, kita akan tahu tujuan kita dalam membuatnya, banyak cms gratis seperti wordpress yang bisa digunakan sebagai blog atau digunakan sebagai tipe website yang lain, sebagai contoh toko online.
Suda jelas bukan? 🙂 kalau mau membahas website, harus jelas tipe website yang mana yang mau dibahas? Meskipun web yang hanya mempunyai satu halaman dan isinya cuma kata ” halo dunia ” atau bahkan tidak ada kata atau konten sama sekali, itu juga bisa disebut web dengan tipe blank website hehehe. Intinya website adalah sebuah halaman yang bisa diakses dengan alamat tertentu (alamat IP atau Domain).
Yang banyak nyekrip temukan pada beberapa forum atau blog menyebutkan bahwa website bersifat statis, konten berisi pengenalan layanan atau organisasi, jarang diupdate dan biasanya digunakan untuk profil perusahaan. Jika kita merujuk kembali ke Wikipedia tentang website dengan konten yang hanya berisi informasi tentang pengenalan layanan atau organisasi dan sering digunakan oleh perusahaan termasuk tipe corporate website atau website perusahaan.

Tujuan dan Fitur Blog

  1. Blog digunakan sebagai media update informasi secara berkala, biasanya setiap pos aka nada informasi tanggal berapa informasi tersebut di publish. Informasi bisa berupa berita, tips dan trik.
  2. Memiliki halaman utama yang memuat daftar post yang telah dipublish, urutan bisa dari yang terbaru atau di bagi per kategori.
  3. Disetiap post memiliki bagian untuk berkomentar atau kolom komentar untuk memberikan umpan balik atau pertanyaan sesuai dengan isi post.
  4. Memiliki bagian kontak sebagai media untuk menghubungi penulis. Biasanya digunakan untuk alat komunikasi mengenai pertanyaan yang tidak bisa diajukan kedalam kolom komentar.
  5. Memiliki desain yang simpel dan ingin menonjolkan bagian posting.
  6. Biasanya dibuat murni sebagai media bertukar informasi dari penulis ke pembaca, penulis disini biasanya hanya sang pemilik situs atau beberapa orang saja, berbeda dengan forum.
  7. Biasanya biaya yang dikeluarkan tergolong kecil atau bahkan gratis.
  8. Pembaca akan mengenal sang penulis dan tipe blognya.

Tujuan dan Fitur Corporate Website

  1. Tidak ada informasi yang diupdate secara berkala, kalaupun jika ada tambahan informasi, biasanya tidak jauh tentang perusahaan atau organisasi itu sendiri dan itupun jarang.
  2. Website memiliki homepage yang elegan dan berisi tentang informasi jenis-jenis layanan yang ditawarkan. Homepage akan di optimasi semenarik mungkin untuk menarik calon konsumen dan membangun kesan yang bagus.
  3. Biasanya tidak terdapat kolom komentar untuk tiap informasi yang dipublish.
  4. Memiliki halaman kontak, sama seperti blog. Bahkan ada yang menambahkan peta atau lokasi perusahaan pada bagian halaman kontak.
  5. Desain dibuat elegan dan memukau. Hal ini demi membangun brand dan nama perusahaan atau organisasi itu sendiri.
  6. Dibuat murni sebagai media promosi perusahaan dan layanannya atau sebagai tempat pengaduan masalah layanan secara online.
  7. Biaya yang dikeluarkan tergolong besar, karena tingkat custom yang tinggi. Mulai domain dan beberapa fungsi tambahan.
  8. Pembaca akan lebih memahami perusahaan dan jenis layananya.
 Jika ada yang mempunyai kedua fitur tersebut, maka disebut web dengan kemampuan tambahan blog yang mana fungsi blog lebih ditujukan untuk menjaring calon konsumen dan memberikan pengaruh terhadap jasa atau produk yang ditawarkan. Diluar sana sudah banyak yang menggunakan blog sebagai alat untuk menjaring calon konsumen dan banyak yang berhasil, yang perlu diperhatikan adalah isi blog tersebut harus murni mendukung layanan dalam perusahaan atau organisasi tersebut dan buat tindakan akhir yang menuju produk atau layanan anda.
Atau Bisa juga begini blog dan website mempunyai fitur dan aplikasi rombakan yang di tujukan untuk membutat toko online memasarkan produk antara domain blog blogspot.com dengan domain berbayar .com maka konsumen secara umum menilai lebih terpercaya,lebih berusaha lebih niat yang domain .com untuk konsumen yang mengerti masalah domain website namun untuk konsumen yang gagap dunia internet atau tidak mengerti sama sekali hal-hal seperti itu di internet maka orang tersebut menilai pertama dari pelayanan dan kualitas serta kepercayaan jadi kesimpulan kedua-duanya dapat di gunakan untuk apa saja di internet namun apabila  blog anda bisa mengalahkan rank website berbayar .com maka anda akan dinilai oleh konsumen dan para pengamat rank internet website di anggap mempunyai nilai tambah dan keunikan serta leboh unik dan memikat orang tentunya oh kok bisa blog bisa mengalahkan website dan orang- orang awam umum pun akan bertanya-tanya bagaimana cara agar blog mengalahkan dan bisa  bersaing dengan website, seperti itulah gambarannya.

Semoga kalian dapat memahami Perbedaan dan persamaan blog dan website. Sampai jumpa!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat