Perbedaan CC dan BCC di Email Terjawab Tuntas Disini!

Perbedaan CC dan BCC di Email Terjawab Tuntas Disini!

Perbedaan CC dan BCC di Email Terjawab Tuntas Disini!

Jogja One Solution – Pembuatan email seharusnya sudah familiar di era yang modern ini. Pasalnya Electronic mail atau email adalah layanan surat elektronik yang memudahkan kamu untuk saling berkirim surat atau pesan secara daring. Tentunya kamu sendiri sering menggunakan email, baik dari Gmail maupun Yahoo Mail. Patinya jika kamu akan mengirimkan sebuah email akan menemukan kolom CC dan BCC. Artikel ini akan membahas perbedaan CC dan BCC di email dan akan terjawab tuntas disini, yuk simak artikelnya !

A. Pengertian CC (Carbon Copy)

Pernahkah anda menggunakan kertas karbon? Biasanya terdapat di buku nota dalam penjualan. Ketika anda menulisnya diatas kertas karbon, maka lembaran yang ada di bawahnya juga ikut tertulis. Ini sama saja seperti anda menggandakan/copy tulisan anda ke kertas lainnya. Dari sanalah istilah CC atau carbon copy muncul.

Disini, penulis akan menggunakan CC sebagai kata kerja. Misal anda diminta untuk mengirim email dan anda juga diminta CC ke teman kantor di bagian pemasaran. Maka yang perlu anda lakukan adalah menulis alamat email teman anda di bagian pemasaran di kolom CC.

Yang terjadi ketika anda melakukan CC ke teman anda adalah seluruh teman-teman anda akan saling tahu bahwa email tersebut juga dikirim ke yang lainnya. Sebagai contoh, anda mengirim email dengan CC ke Asep dan Bagus. Maka, Asep tahu bahwa email tersebut juga dikirim ke Bagus dan begitu juga sebaliknya.

Menggunakan Cc Email

 

B. Pengertian BCC (Blind Carbon Copy)

Ketika anda mengerti CC, maka sangat mudah bagi kita mengetahui perbedaan CC dan BCC. Kepanjangan BCC adalah blind carbon copy, yang artinya CC jenis ini adalah CC buta/blind. Mari kita gunakan contoh email ke Asep dan Bagus seperti sebelumnya.

Ketika anda BCC email ke Asep dan Bagus, maka Asep tidak akan mengetahui bahwa email tersebut juga terkirim ke Bagus dan begitu juga sebaliknya. Namun, jika anda mengirim email tersebut juga menggunakan kolom CC, maka daftar BCC tadi yaitu Asep dan Bagus bisa melihat ke siapa saja email tersebut terkirim. Kesimpulannya, orang yang ada di daftar BCC dapat melihat isi email beserta daftar penerima email dari daftar CC. Daftar penerima BCC tentu tidak dapat dilihat.Menggunakan Bcc Email

C.  Kepada vs. CC

Ketika anda ingin mengirim email ke banyak orang, tentu anda bisa melakukannya di kolom Kepada dengan menulis daftar penerima email seperti Asep dan Bagus dalam satu kolom. Mereka juga akan menerima email yang sama serta daftar orang yang menerima email tersebut layaknya ketika anda mengisi di kolom CC.Studi Kasus Menggunakan Kolom Kepada Cc Bcc Email

D.  Kapan kita menggunakan CC dan BCC?

1.  CC sangat berguna ketika:

  • Anda ingin email anda diterima juga ke orang lain. Namun, orang tersebut bukanlah penerima utama.
  • Anda ingin email tersebut juga menampilkan siapa saja yang menerimanya selain dirinya sendiri.

2.  BCC sangat berguna ketika:

  • Anda ingin mengirim email, namun anda tidak ingin penerima utama anda mengetahui bahwa email tersebut juga dikirim ke orang lain. Sebagai contoh, anda adalah seorang merekrut karyawan dan ingin mengirim hasil tes ke calon karyawan. Anda bisa tulis alamat email calon karyawan di kolom Kepada dan menulis email bos anda di kolom BCC sebagai informasi saja dan calon karyawan tidak dapat melihat email bos anda.
  • Mengirim email ke banyak orang tentu lebih baik menggunakan BCC. Tidak ada seorang pun yang tahu kalau email tersebut ternyata dikirim ke orang lain. Misalnya anda ingin mengirimkan informasi produk terbaru ke para pelanggan. Jika anda menulis alamat email pelanggan di kolom CC, tentu setiap pelanggan mengetahui alamat email pelanggan yang lain. Jika menggunakan BCC, maka pelanggan tidak tahu alamat email pelanggan yang lain.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat