Penyebab Layar Laptop Berkedip

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Jogja One Solution – Layar laptop berkedip adalah salah satu kerusakan yang terjadi pada laptop. Sebaiknya kalian memahami apa saja penyebabnya agar kalian bisa menghindari kerusakan tersebut. Pernakah kalian mengalami layar laptop yang berkedip? Apa aja sih yang menyebabkan layar laptop bisa berkedip? Nah, pad aartikel ini akan membahas tentang penyebab layar laptop berkedip.

1. Refresh Rate Terlalu Tinggi atau Terlalu Rendah

Refresh rate mengatur jumlah frame yang ditampilkan dalam satu detik. Refresh rate yang tidak tepat, baik itu terlalu rendah atau terlalu tinggi akan menyebabkan komputer tidak stabil, hingga terlihat berkedip-kedip. Refresh rate setiap layar monitor berbeda – beda bergantung spesifikasi monitor itu sendiri. Untuk itu anda harus mengatur refresh rate agar tampilan pada monitor nyaman dilihat.

Untuk mengatur refresh rate anda bisa mengaksesnya dengan membuka menu Control Panel > Appearance and Personalization > Display > Screen Resolution > Advanced Setting. Akan muncul kotak dialog display, klik tab Monitor lalu klik opsi Properties. Akan muncul pilihan refresh rate yang bisa kamu gunakan. Pada umumnya refresh rate yang digunakan monitor adalah 60 Hz.

2. Resolusi Layar Terlalu Tinggi

Jika anda mengganti monitor PC anda, atau mengganti sistem operasi komputer anda, biasanya resolusi monitor akan berubah/ harus dirubah. Resolusi yang tidak tepat akan membuat tampilan layar tidak sempurna, bisa terlalu besar, pecah – pecah, hingga berkedip-kedip. Untuk itu sesuaikan resolusi layar monitor anda, turunkan resolusi layar jika resolusi layar dirasakan terlalu tinggi hingga menyebabkan komputer berkedip-kedip.

Untuk mengatur refresh rate anda bisa mengaksesnya dengan membuka menu Control Panel > Appearance and Personalization > Display > Screen Resolution lalu pilih resolusi yang sesuai pada opsi Resolution.

3. Pasokan Daya Listrik Tidak Stabil

Pasokan daya listrik yang turun naik akan menyebabkan komputer tidak stabil, karena daya listrik yang diterima komponen tidak sesuai dengan yang diperlukan. Kadang terlallu rendah, kadang normal, atau bisa juga terlalu tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan tingkat kecerahan pada monitor menjadi turun naik sesuai daya yang diterima, sehingga komputer tampak berkedip – kedip.

Jika dibiarkan kondisi ini lambat laun bisa merusak komponen dalam cpu, bukan hanya monitor. Untuk itu sebaiknya usahakan agar daya yang diterima monitor tetap stabil, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan stabilizer atau UPS.

4. Fan Processor Bemasalah

Fan processor yang bermasalah, misalnya kecepatan putarnya berkurang bisa menyebabkan proses pendinginan processor tidak berjalan dengan baik. Sehingga processor menjadi lebih cepat panas, ini tentu akan mempangaruhi keseluruhan sistem yang berjalan pada komputer, termasuk pada tampilan pada layar monitor. Untuk itu pastikan kipas/ fan procerrson berputar dengan normal. bersihkan debu yang menempel pada fan dan heatsink, atau ganti kipas jika memang tidak bisa diperbaiki lagi.

5. Kabel VGA Bermasalah

Kabel VGA sangat krusial, jika kabel bermasalah, penyaluran data dari CPU menuju monitor akan bermasalah pula. Monitor bisa berkedip – kedip jika data yang diterimanya juga tidak stabil. Untuk mengetahui apakah benar kabel VGA anda bermasalah atau tidak, anda bisa meminjam kabel VGA lain untuk di ujicoba gunakan pada monitor anda.

6. VGA Driver Perlu Diupdate

Hardware serta sistem oprasi yang berganti, menjadi lebih canggih akan memerlukan driver yang lebih baru untuk bisa mensupport hardware/ sistem oprasi terbaru yang anda gunakan. Untuk itu, jika misalkan anda baru saja mengganti sistem operasi komputer anda yang tadinya Windows 8 menjadi Windows 10 misalnya. Update driver VGA biasanya diperlukan agar VGA bisa mensupportnya.

7. VGA Bermasalah

Ini permasalahan terakhir yang diharapkan terjadi. VGA yang bermasalah tentu akan menyebabkan tampilan monitor bermasalah pula. Pada PC biasanya tersedia VGA add-on, anda bisa menggunakannya untuk mnegecek apakan benar VGA anda bermasalah. Namun untuk laptop, hampir semua laptop memakai VGA built in, atau tepasang langsung pada mainboard. Untuk itu, cukup sulit untuk mengeceknya.

Demikian artikel mengenai penyebab monitor berkedip. Selain ketujuh hal yang telah disampaikan diatas, laptop yang pernah jatuh juga bisa menyebabkan adanya muatan statis pada inverter LCD. Untuk mngatasinya anda harus membongkar LCD dan menghilngkan muatan tersebut menggunakan magnet. Tapi ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat