Penyebab Laptop Lemot Dan Sering Not Responding

Penyebab Laptop Lemot Dan Sering Not Responding

PENYEBAB LAPTOP LEMOT DAN SERING NOT RESPONDING

Laptop yang lemot dan sering not responding pasti menjadi masalah pati menjadi masalah yang sangat menyebalkan bagi kita semua apalagi jika sedang melakukan pekerjaan penting dan terburu buru, Beberapa penyebab laptop menjadi lemot dan sering not responding diantaranya adalah:

  1. Terlalu banyak startup programs alias software yang berjalan di background secara otomatis saat kamu menyalakan laptop. Semakin banyak software, maka makin lambat laptop saat booting.
  2. Usia harddisk sudah terlalu tua. Semakin tua tipe HDD tentu juga akan memengaruhi performa laptop secara keseluruhan.
  3. Harddisk penuh oleh data pengguna. Bahkan seorang pakar mengatakan harddisk yang penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.
  4. Kapasitas RAM yang terlalu kecil, dikarenakan pada laptop-laptop dengan harga terjangkau paling besar RAM yang digunakan berkisar antara 2-4GB saja.
  5. Menjalankan terlalu banyak software dalam satu waktu yang membebani kinerja RAM. Apalagi kalau multitasking software berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.
  6. Browser yang ter-install banyak add-ons, misal Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Secara nggak sadar, browser menjadi terbebani dan memperlambat laptop saat internetan.
  7. Terlalu banyak tab yang dibuka pada browser. Karena hal ini ternyata juga cukup menguras RAM laptop, apalagi jika situs yang dibuka memiliki fitur auto-refresh.
  8. Laptop diserang virus yang bisa saja memperlambat bahkan merusak laptop. Makanya kamu harus waspada terhadap berbagai file mencurigakan, baik online maupun offline.
  9. Antivirus terlalu aktif. Walau software ini ampuh menghilangkan virus, namun antivirus yang berjalan di background tentu akan memperlambat kinerja harddisk sekaligus laptop.
  10. Jarang melakukan update sistem operasi,
  11. baik pengguna Windows maupun MacOS. Karena tidak jarang update OS akan memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop menjadi lemot.
  12. Masalah Overheat Panas yang berlebih pada CPU atau Processor dan VGA tentu akan membuat kinerja laptop atau komputer melambat. Hal inilah yang akan membuat software atau sistem sering terjadi Error, Hang, Macet, dan Not Responding. Solusinya bisa dengan membersihkan debu pada Heatsink/Kipas. Selain itu, cek juga kondisi Processor, pastikan dalam keadaan baik. Segeraganti dan oleskan thermal paste yang baru pada heatsink dan processor.

Itulah beberapa penyebab Laptop lemot dan sering not responding, semoga bermanfaat.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat