Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Penyebab Internet 4G ‘Lemot’ dan Bagaimana Solusinya

Mahasiswa Universitas di Sulawesi Meninggal Dunia Setelah Terjatuh Dari Lantai Dua Mesjid Saat Mencari Sinyal Internet | RIAU1.COMJogja One Solution – Pada era digital saat ini, internet semakin menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Smartphone tidak hanya menjadi media untuk berkomunikasi, namun juga menjadi salah satu media untuk menikmati fasilitas internet. Beberapa hal yang dialami kami untuk masalah sinyal internet, ini sangat mengganggu sekali saat beraktifitas internetan. Lalu apa saja penyebab internet 4G ‘lemot’ dan bagaimana solusinya ? yuk smak srtikel berikut ini:

1. Sinyal lemah

Tidak semua operator sudah menjangkau semua sudut kota di Indonesia. Terlebih daerah tersebut banyak terdapat bangunan tinggi ataupun pohon besar. Tentu itu akan menghambat distribusi frekuensi sinyal ke area tersebut.

Karena semakin banyak hambatan yang dilalui oleh gelombang elektromagnetik maka akan semakin lemah sinyal yang diterima. Solusinya adalah mencari area atau sudut ruangan yang lebih mudah dijangkau oleh sinyal.

2. Limit bandwidth paket internet tertentu

Beberapa operator seluler menawarkan paket internet Unlimited kepada penggunanya. Awalnya mendapat respon positif karena pelanggan bisa internetan sepuasnya tanpa harus khawatir kehabisan kuota. Operator seluler berani menawarkan paket unlimited kepada pelanggan karena kecepatan internet dibatasi.

Berbeda dengan paket internet reguler yang menyediakan kecepatan semaksimal mungkin tapi berbatas kuota. Karena itu jangan heran ketika sedang berlangganan paket unlimited, kecepatan internet rasanya tidak memuaskan.

3. Sistem operasi dan aplikasi lainnya yang melakukan update

Penyebab internet 4G lemot juga akibat hal ini. Secara default, auto-update sistem dan aplikasi ini sudah aktif. Fitur ini akan langsung bekerja seketika saat smartphone menerima notifikasi pembaruan versi terbaru. Itulah sebabnya kita merasa internet begitu lambat padahal semua berjalan normal. Saat di cek sinyal 4G terlihat penuh dan paket data pun masih tersisa banyak.

Pada saat update sistem dan aplikasi berjalan, bandwidth internet sedang dimaksimalkan untuk memperbarui segala sesuai yang perlu di-update. Sehingga hanya tersisa sedikit (atau bahkan nol) bandwidth untuk keperluan lain yang hendak kamu lakukan.

4. Terlalu banyak pengguna di satu area

Sebagian operator masih membatasi kecepatan internet di setiap BTS pada suatu area. Hal tersebut mungkin suatu strategi yang diterapkan oleh operator seluler dalam mengatur prioritas pendistribusian bandwidth internet di suatu tempat. Jadi saat semakin banyak pengguna yang terhubung, semakin lambat pula kecepatan internetnya.

5. Area yang belum tercakup dengan baik oleh operator seluler

Kalau hal ini rasanya sudah semakin membaik dari waktu ke waktu. Karena setiap operator pasti punya rencana untuk meng-ekspansi jaringan dan meng-cover area yang masih belum dijangkaunya. Tentu dengan menyesuaikan beberapa pertimbangan terlebih dahulu.

Keputusan pembangunan tower BTS sebenarnya tergantung pada kondisi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Apakah sudah aktif menggunakan smartphone? Berapa persen penduduk yang menggunakan smartphone pada suatu daerah? Barulah ditetapkan setelah kiranya area tersebut memang potensial menurut prospek operator seluler.

6. Pengaturan tipe jaringan

Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pengguna itu sendiri. Kita bisa lihat status jaringan pada notification bar, apakah yang aktif itu 3G atau 4G. Kalau 3G biasanya ikon yang akan muncul adalah huruf ‘H’ atau ‘H+’. Kalau jaringan 4G ikon yang muncul ya 4G.

Ada beberapa kasus ketika jaringan internet 4G berubah menjadi 3G. Yaitu biasanya pada saat pemadaman listrik, dan genset yang digunakan pada saat itu sudah kehabisan bahan bakar. Tapi kondisi seperti ini tidak begitu terlalu sering terjadi, tergantung stabilitas listrik di daerah tempat tinggal kamu.

7. Pengaturan APN salah atau kurang maksimal

APN adalah singkatan dari “Access Point Name” yang berfungsi untuk menjadi gateway/gerbang penghubung antara jaringan operator seluler dengan perangkat seluler pengguna. Singkatnya, kalau pengaturan APN kita ada yang salah maka koneksi internet akan terganggu atau bahkan tidak bisa terhubung sama sekali.

Solusi: Periksa kembali pengaturan access point name di menu setting. Berikut Cara setting APN Telkomsel 4G sebagai salah satu contohnya.

8. Kekuatan perangkat modem di dalam smartphone

Setiap smartphone memiliki spesifikasi tersendiri sesuai tipe dan merk. Spesifikasi tersebut meliputi perangkat keras seperti prosessor, RAM dan termasuk didalamnya modem. Adapter jaringan berfungsi untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh pemancar kepada smartphone. Maka semakin bagus modemnya, akan semakin kuat pula sinyal yang didapat. SoC Qualcomm Snapdragon biasanya selalu mengikut sertakan produk modemnya di smartphone.

Solusi: Sebelum membeli smartphone, periksa lah terlebih dulu frekuensi jaringan seluler. Frekuensi biasanya tertera dengan label  LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) seperti gambar dibawah.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat