Penyebab Handphone Mati Total

Penyebab Handphone Mati Total

Penyebab Handphone Mati TotalPENYEBAB DAN CARA MENGATASI HANDPHONE MATI TOTAL

Jasa Pembuatan Website Jogja – Saat Handphone mati total, adalah momen yang menyedihkan bukan? Seperti yang kita ketahui juga bahwa semua orang pasti sangat kebingungan jika handphone kita rusak. Hayo, siapa yang bangun tidur sudah mencari HP? Nah bagi Anda yang mengalami hal ini, yuk ketahui terlebih dahulu penyebab handphone mati total dan cara mengatasinya

Faktor Handphone Mati Total dan Cara Mengatasinya

Padahal, sebenarnya handphone yang mati total itu bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Mungkin hanya ada sedikit kerusakan dan butuh diperbaiki supaya handphone bisa menyala kembali seperti sedia kala. Nah, perbaikan tersebut bisa kita lakukan sendiri lho sehingga tidak perlu menghabiskan uang ke tempat servis. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk lihat ulasan berikut ini.

Lepaskan semua komponen yang ada di android kalian

Kalau ponsel kalian tiba-tiba mati total, alangkah lebih baik langsung saja melepaskan semua komponen yang ada di handphone. Misalnya casing, baterai, sim card dan kartu memori. Itu dilakukan karena dikhawatirkan ada sedikit kerusakan pada bagian-bagian ponsel tersebut. Lalu, kalau sudah dilepaskan jangan buru-buru dipasang lagi ya. Harus diamkan selama 10 atau 15 menit supaya ponsel bisa beristirahat sejenak. Kemudian, pasang komponen-komponen yang sudah dilepaskan tadi ke tempatnya semula lalu nyalakan. Biasanya, cara ini cukup ampuh untuk beberapa ponsel yang tingkat kerusakannya masih minim.

Baca juga : Faktor Penyebab Hp Bootloop

Bisa dicoba diisi baterai

Cara selanjutnya jika handphone masih tetap mati adalah dengan mengecas ponsel. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah ponsel akan ada reaksi atau tidak ketika diisi baterai. Jika ponsel menyala, maka itu bisa dipastikan kalau smartphone hanya kehabisan baterai. Namun, kalau smartphone tidak merespon apa-apa atau layarnya tetap hitam, maka bisa kita coba dengan metode lain yakni mengisi baterai menggunakan charger desktop. Nah, jika baterai bisa diisi menggunakan model charger seperti itu dapat disimpulkan kalau bagian yang rusak adalah port usb. Lalu, kalau baterai sudah diisi dan setelah dipasang ke ponsel tidak bisa menyala juga, maka baterai lah yang mengalami kerusakan.

Baca juga :3 Macam Jenis Hp Bootloop

Dapat menggunakan baterai yang lain

Jika kalian tidak mempunyai charger desktop tidak masalah kok. Ada cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan baterai pengganti. Jika handphone bisa menyala dengan menggunakan baterai tersebut, berarti alat daya ponsel yang sedang mengalami kerusakan. Sedangkan, jika ponsel tetap saja tidak menunjukkan respon apapun, maka yang bobrok adalah handphone-nya. Jadi, cara ini bisa sekali dilakukan untuk memeriksa apakah handphone atau baterainya yang rusak.

Baca juga : Apa Kelebihan Baterai Tanam Pada HP?

Melakukan factory reset ketika ponsel terjebak dalam booting

Keadaan mati total bukan hanya sekedar tidak bisa menyala. Namun bisa saja ketika dinyalakan, ponsel hanya terhenti di dalam booting lalu mati kembali. Jika sudah seperti itu masalahnya adalah dari perangkat lunak yang alami kerusakan. Rata-rata ini bisa terjadi lantaran menggunakan custom ROM atau melakukan update android ke versi yang baru. Nah, untuk mengatasi masalah ini bisa dicoba dengan melakukan factory reset melalui recovery mode. Dengan begitu, biasanya ponsel bisa sembuh seperti sedia kala sehingga dapat digunakan kembali.

Baca juga : Penyebab HP Tidak Ada Sinyal

Ketika dinyalakan masih ada getar, maka harus dibawa ke tempat servis

Biasanya, handphone tiba-tiba mati saat kita bangun tidur ataupun setelah dikantongi. Nah, itu bisa terjadi lantaran ponsel tidak sengaja tertekan oleh tubuh ataupun celana kita yang terlalu ketat. Kalau ponsel ketika ditekan power masih bisa hidup, namun mati kembali berarti kerusakan ada pada layar. Sehingga kalian mau tidak mau harus membawanya ke tempat servis supaya normal kembali. Jadi, supaya hal ini tidak terjadi, pastikan ketika tidur letakkan ponsel pada tempat yang aman. Lalu, untuk penyimpanan ponsel saat bepergian lebih baik ditaruh di tas saja agar lebih aman.

Baca juga : Bisnis Online Rumahan

Trik-trik di atas sangat ampuh untuk mengatasi yang namanya ponsel mati total. Namun, jika semua cara di atas tetap tidak bisa membuat ponselmu sembuh kembali, maka bisa dipastikan handphone kalian sudah almarhum. Sehingga ada dua pilihan ketika mengalami seperti itu antara memperbaiki ke tempat servis atau membeli ponsel yang baru.

JOGJA ONE SOLUTION – KURSUS BISNIS ONLINE JOGJA | JASA PROMOSI JOGJA | JASA PEMBUATAN WEBSITE JOGJA | INTERNET MARKETING JOGJA | JASA SEO JOGJA | AHLI WEBSITE | PELATIHAN INTERNET MARKETING | SOFTWARE APLIKASI JOGJA | JASA SOFTWARE JOGJA Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat