Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi Daya

Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi Daya

Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi DayaPenyebab Charger Laptop Tidak Mengisi Daya

JOS – Kita sangat sering main laptop sampai kehabisan daya. Saat kita mencharger laptop biasanya ada kejadian daya tidak dapat terisi padahal kita sangat membutuhkan laptop saat itu. Berikut penyebab charger laptop tidak mengisi daya.

Penyebab Charger Tidak Mengisi Daya

Masalah pada steker charger

Masalah charger laptop tidak mengisi mungkin disebabkan oleh sambungan antara kabel power pada charger dengan stopkontak yang rusak atau longgar, beberapa steker charger laptop membutuhkan conektor khusus untuk dapat dihubungkan ke stopkontak (steker berkaki tiga).

Steker berkaki tiga membutuhkan konektor khusus untuk dapat dihubungkan dengan stop kontak standar (dua lubang), biasanya konektor untuk steker berkaki tiga memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator, dalam hal konektor tersebut rusak biasanya lampu indikator tidak menyala.

Masalah pada adapter charger

Beberapa adapter charger laptop dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi adanya masalah pada komponen catu daya, misalnya adanya ketidakstabilan arus listrik (naik-turun dengan cepat) sehingga membahayakan elemen catu daya didalamnya.

Oleh karena itu untuk menghindari masalah yang lebih serius, adapter charger laptop tersebut berhenti bekerja (dengan sendirinya) selama beberapa saat, adapter charger universal (non-original) biasanya tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Masalah pada konektor charger (pada ujung kabel)

Konektor charger (yang terhubung ke port pada laptop) yang bermasalah dapat meyebabkan aliran listrik dari adapter charger terganggu, akibatnya baterai tidak terisi walaupun laptop terhubung ke charger laptop.

Masalah pada port charger (pada laptop)

Atau jika setelah gonta-ganti charger laptop (dengan charger yang sama persis) masalah masih belum teratasi, maka ada kemungkinan port pada laptop yang bermasalah, biasanya ada debu atau kerikil yang menempel sehingga mengganggu koneksi konektor charger dengan port charger pada laptop.

Jangan sepelekan laptop yang panas karena dapat mengakibatkan banyak masalah baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak pada laptop,  termasuk dapat mengganggu proses pengisian daya.

Masalah pada baterai laptop

Baterai laptop yang sudah lama digunakan biasanya kemampuan menyimpan dayanya menurun, hal tersebut diindikasikan dengan kapasitas baterai yang cepat habis dan waktu pengisian yang lebih lama dari baterai normal.

Bahkan baterai laptop yang sudah usang (rusak) sama sekali tidak dapat menyimpan daya, sehingga berapa lamapun laptop di-charge baterai akan tetap kosong tidak terisi.

Oleh karena itu, charger laptop tidak mengisi bukan karena charger (kabel, adapter, port) laptop yang rusak, bukan juga baterainya yang rusak, melainkan (ada kemungkinan) sistem operasi yang terinstall tidak dapat mengintegrasikan charger laptop dengan baterai yang terpasang. Semoga Bermanfaat ya :))

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat